PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau Surge fokus mengembangkan layanan asuransi mikro melalui Asuransi Kita. Pengembangan layanan menjadi bagian komitmen WIFI dalam mendorong penetrasi asuransi yang rendah.
Layanan difokuskan pada kalangan masyarakat menengah, berpenghasilan rendah. Begitu juga dengan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang dipandang sebagai pasar potensial untuk dijajaki lebih lanjut.
Sejak April 2020 Asuransi Kita memiliki pengguna aktif lebih dari 80 ribu. Di mana, sebagian besar penggunanya merupakan pegawai swasta, komunitas hobi, profesional. Asuransi Kita menghadirkan tujuh manfaat perlindungan mulai dari perlindungan kecelakaan, kesehatan, jiwa, perjalanan, kendaraan, olahraga dan rumah.
Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per 31 Agustus 2020, penetrasi asuransi di Indonesia masih rendah di kisaran 2,92%. Asuransi Kita menilai, penetrasi tersebut belum menyentuh seluruh lapisan masyarakat baik berpenghasilan rendah dan juga pelaku UMKM.
Kurangnya edukasi terkait manfaat perlindungan asuransi dan platform asuransi digital yang mudah dan terjangkau masih menjadi hambatan utama. Menurut CEO Surge Hermansjah Haryono, Asuransi Kita dapat menjadi solusi perlindungan yang disesuaikan kebutuhan masyarakat.
Dia mengklaim, platform Asuransi Kita mudah digunakan karena telah terintegrasi dengan semua layanan aplikasi dan periklanan dalam ekosistem Surge. Selain itu, platform memiliki potensi untuk menjangkau populasi audience lebih dari 100 juta orang per hari.
Asuransi Kita juga menawarkan biaya premi terjangkau mulai dari Rp 5.000 dengan berbagai pilihan perlindungan. Selain itu, platform juga menawarkan fleksibilitas pemilihan rentang waktu mulai dari harian.
"Dengan begitu, harapannya akan semakin banyak lapisan masyarakat yang bisa dijangkau dan terlindungi,” jelas Hermansjah dalam keterangan resminya kepada Katadata.co.id, Rabu (23/6).
Layanan asuransi bisa diakses melalui website Asuransi Kita. Selain itu, bisa ditemukan juga jaringan ekosistem Surge lainnya yang termasuk pada penggunaan wifi gratis yang disediakan oleh perusahaan. Di antaranya aplikasi Linipoin, serta seluruh aplikasi yang dikembangkan oleh WIFI melalui fitur PPOB (Payment Point Online Bank) dalam waktu dekat. Fitur sekaligus mempermudah para pengguna di daerah yang belum mengenal transaksi pembayaran digital untuk membayar premi.
Emiten WIFI merupakan perusahaan ekosistem digital yang menghadirkan model bisnis terintegrasi. Adapun segmen bisnis terdiri dari tiga pilar yakni periklanan media (MacroAd), pengembangan produk dan layanan digital mobile apps (Codify), dan infrastruktur jaringan (Weave).
Potensi Asuransi Mikro di Masa Adaptasi baru
Menurut Hermansjah, edukasi asuransi melalui layanan asuransi mikro dan kemudahan akses digitalisasi platform akan menyentuh target pasar secara langsung dan lebih tepat sasaran. Apalagi, di tengah masa adaptasi baru, geliat bisnis mulai kembali bangkit.
Asuransi mikro dipandang memiliki potensi besar untuk berkembang. Selain itu, akses asuransi penting untuk perlindungan diri maupun orang terdekat selama pandemi. Hal tersebut sejalan dengan misi WIFI untuk menghadirkan solusi digital bagi kebutuhan harian (daily needs) masyarakat.
Di awal 2021, Asuransi Kita telah mengeluarkan 100 ribu lebih polis yang menyasar lebih dari 80 ribu orang. Berbagai produk yang ditawarkan telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Asuransi Kita memiliki beberapa mitra asuransi di antaranya Sompo Insurance, Cigna, Sequis Life, AXA, Sinarmas Insurtech dan beberapa mitra lainnya.
“Selain jiwa dan kesehatan, bidang perlindungan perjalanan di masa ini memiliki potensi besar untuk mendukung protokol clean, health, safety and environment (CHSE)," ujarnya.
Menurut dia, perlindungan perjalanan akan melindungi masyarakat dari risiko tidak terduga seperti sakit dan kecelakaan.
Dengan integrasi platform yang dapat diakses di banyak aplikasi jaringan ekosistem, Surge menyasar pengguna harian transportasi kereta api yang mencapai 400 ribu lebih penumpang per hari. Begitu juga pelaku usaha UMKM seperti pedagang di Pasar Jaya dan Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkoppas), serta para mitra warung rekanan ribuan gudang koperasi unit desa (KUD) di sepanjang Jawa.
Proses pengajuan klaim juga lebih sederhana dan singkat atau kurang dari 10 hari kerja. Proses pengajuan bisa dilakukan secara online dengan menggunakan WhatsApp, email, dan website sehingga semakin memudahkan pengguna.
Ditambah lagi, salah satu mitra Asuransi Kita yakni Sompo Insurance menghadirkan layanan perlindungan untuk perjalanan penumpang kereta jarak jauh. Layanan berupa perlindungan dari risiko kehilangan dan/atau kerusakan barang pribadi, keterlambatan dan pembatalan perjalanan, kecelakaan, perawatan serta evakuasi medis ketika dibutuhkan, dan banyak lagi lainnya.
Chief Sales Officer PT Sompo Insurance Indonesia Yolanda Widjaja mengatakan, pihaknya terus berinovasi dalam hal kesehatan, keamanan dan kesejahteraan nasabah. "Bersama Asuransi Kita dari Surge, diharapkan mampu memperluas jangkauan perlindungan sesuai kebutuhan dan gaya hidup masyarakat," ujarnya
Ke depan, Asuransi Kita juga bakal menghadirkan layanan perlindungan untuk Covid-19 dan vaksinasi. Layanan tersebut akan memberikan perlindungan untuk nasabah terhadap kondisi yang disebabkan virus Covid 19. Adapun masa perlindungan yang ditawarkan mulai dari bulanan hingga tahunan.