PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI terus berinovasi sebagai bagian dari transformasi yang dijalankan oleh perusahaan. Kali ini, BRI melakukan terobosan untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi kebutuhan traveling.
Hal itu diwujudkan melalui kerja sama BRI bersama lifestyle Super Apps Traveloka menghadirkan fitur Travel pada layanan digital banking BRI, yakni BRImo.
Peluncuran fitur Travel dalam aplikasi BRImo ini memungkinkan nasabah BRI untuk membeli tiket pesawat, hotel, bus & shuttle dari beragam mitra yang dimiliki Traveloka.
Acara tersebut dihadiri oleh Chief Operating Officer (COO) Traveloka Alfan Hendro dan Excecutive Vice President Retail Payment BRI Dhoni Ramadi.
Kerja sama BRI dan Traveloka ini sekaligus mengakselerasi komitmen kedua perusahaan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan konsumen dalam memenuhi kebutuhan traveling.
Selain itu, hadirnya fitur Travel ini juga sekaligus mengantisipasi meningkatnya kebutuhan tiket dan akomodasi seiring kasus COVID-19 yang semakin terkendali dan pembatasan mobilitas yang semakin dilonggarkan pemerintah.
Pemerintah juga telah mengizinkan mudik Lebaran yang akan berimplikasi positif terhadap percepatan pemulihan ekonomi di sektor pariwisata dan perjalanan.
Sebelumnya, BRImo baru saja meluncurkan fitur Pusat Bantuan BRImo yang memudahkan adanya pengaduan terkait layanan mobile banking.
Hadirnya fitur Travel semakin mengukuhkan BRImo sebagai Financial Super Apps yang bisa melayani berbagai kebutuhan nasabah dalam satu aplikasi saja.
Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengungkapkan kerja sama strategis bersama Traveloka diharapkan bisa menjadi solusi bagi nasabah yang ingin merayakan hari raya Idul Fitri di kampung halaman.
Dengan adanya kerjasama strategis dengan Traveloka, BRI berharap dapat memberikan added value kepada nasabah. “Ini juga wujud layanan kepada masyarakat dalam memberikan solusi digital perbankan, khususnya menghadapi momen mudik Idul Fitri,” kata Handayani.
Nasabah dapat memesan berbagai tiket akomodasi perjalanan mulai dari pesawat, hotel, bus & shuttle dengan cepat, aman, dan nyaman melalui BRImo.
Fitur ini juga membantu para nasabah BRI dengan proses pemesanan yang praktis, mulai dari memilih dan memesan tiket transportasi dan akomodasi, mengisi tujuan perjalanan dan identitas diri sesuai kebutuhan pemesanan, melakukan pembayaran, hingga mendapat konfirmasi e-tiket.
Sementara itu, Chief Operating Officer (COO) Traveloka Alfan Hendro mengatakan hadirnya fitur baru ini semakin meriah karena dilengkapi dengan berbagai promo menarik untuk nasabah.
Tersedia tiket gratis untuk 500 nasabah pertama yang bertransaksi pembelian tiket bus & shuttle serta cashback hingga Rp50 ribu setiap Rabu dengan menggunakan fitur Travel di aplikasi BRImo.
Tidak hanya itu, lima nasabah dengan nilai pemesanan terbesar (top spender) akan mendapat kesempatan memenangkan paket wisata domestik, dengan masing-masing pemenang memperoleh dua paket hingga Juni 2022.
Di samping itu, Alfan menyebut Traveloka bangga bisa menjadi mitra strategis BRI, bank terbesar dengan jangkauan yang luas di seluruh wilayah Indonesia.
Traveloka percaya peran penting teknologi dalam meningkatkan akses masyarakat terhadap berbagai macam kemudahan, kenyamanan, dan keamanan layanan yang mendukung pemenuhan kebutuhan mereka sehari-hari, termasuk melalui layanan digital banking.
“Kerja sama ini diharapkan dapat semakin memperluas jangkauan layanan kami,” kata dia,”sehingga semakin banyak konsumen yang dapat merasakan kemudahan akses membeli tiket pesawat, hotel, serta bus & shuttle dalam memenuhi kebutuhan perjalanan mereka.”
Di situasi pandemi yang semakin mereda, Alfan berharap adanya kerja sama ini bisa menjadi katalis untuk mengungkit perekonomian.
Menurut dia, animo masyarakat dalam pemesanan tiket perjalanan sudah mengalami peningkatan yang signifikan. Peluncuran fitur ini juga sejalan dengan kondisi perjalanan dan wisata Indonesia yang berangsur-angsur mulai bangkit kembali.
“Pemerintah telah membolehkan mudik tahun ini di mana kami mencatat peningkatan yang sangat tajam untuk pemesanan tiket pesawat dan hotel menjelang mudik Lebaran kali ini,” ujarnya.
Untuk pemesanan tiket bus & shuttle, kata dia, Traveloka mencatat peningkatan hingga hampir dua kali lipat dibanding periode yang sama sebelum pandemi.
“Harapan kami, melalui peluncuran fitur Travel di aplikasi BRImo dapat mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional lewat sektor perjalanan dan pariwisata,” kata Alfan.
Transformasi digital yang dilakukan BRI menuai hasil positif. Hal ini digambarkan dari kinerja sektor digital BRI yang tumbuh pesat, salah satunya didorong oleh BRImo.
Sampai dengan Maret 2022 terdapat 16,10 juta pengguna BRImo dengan laju transaksi finansial BRImo mencapai 313,88 juta yang tumbuh 238 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year/YoY).