PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) terus memberdayakan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk menjadi lebih modern, akrab dengan dunia daring dan digital, serta menjangkau pasar global. Hal ini dibuktikan dalam Expo ANTAD & Alimentaria di Guadalajara, Meksiko.
Expo ANTAD & Alimentaria merupakan acara internasional untuk sektor ritel, hotel dan restoran. Acara ini diadakan untuk memperkuat hubungan komersial dan peluang bisnis, terutama pada sektor usaha makanan dan minuman di Meksiko. BRI pun memberi akses bagi pelaku UMKM untuk meraih potensi ekspor ke sana.
Dalam ekspo ini, BRI bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Mexico City, serta Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Mexico City. Terdapat 23 UMKM yang terkurasi untuk mengenalkan produk-produknya di pasar Meksiko, mulai 17-19 Mei 2022.
Pelaku UMKM yang berpartisipasi juga mengikuti pertemuan bisnis untuk memperluas wawasan dan mendapatkan pembeli potensial. Perwakilan UMKM binaan BRI yang hadir di antaranya Havilla Gourmet Tea, Rendang Uni Tuti, Cokelatin, Tauto Kedung Rasa, dan lain-lain.
Para UMKM tersebut berasal dari berbagai daerah, mulai Jabodetabek, Serang, Bandung, Semarang, Yogyakarta hingga Malang. Secara umum, produk makanan dan minuman dari ke-23 UMKM binaan BRI berhasil menarik minat pengunjung ekspo.
Hasil lainnya dari pameran ini adalah adanya kesepakatan komitmen antara pelaku UMKM dengan La Pasiega, sebuah perusahaan importir makanan dan minuman terbesar di Meksiko. Komitmen itu berupa kesepakatan untuk melakukan ekspor produk dari 23 UMKM yang berpartisipasi di Expo ANTAD & Alimentaria. Ekspor itu ditargetkan dapat terlaksana pada Desember 2022.
Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengatakan, BRI melakukan pendampingan kepada UMKM sehingga mempunyai produk yang berkualitas tinggi dan bisa meningkatkan nilai jualnya secara global.
“BRI sebagai agent of development (agen pembangunan) akan terus mendorong UMKM naik kelas untuk go global (menjadi global) serta mendapatkan buyer (pembeli) potensial yang dapat menunjang bisnisnya,” ujar Amam.
BRI juga memfasilitasi salah satu UMKM, Havilla Gourmet Tea, yang merupakan pemenang kedua dalam Kompetisi Pengusaha Muda Brilian 2020. Ajeng Respati, perwakilan dari Havilla Gourmet Tea, berinteraksi langsung dengan warga dan para pelaku bisnis di Meksiko.
“Berpartisipasi di ekspo tingkat internasional merupakan pengalaman pertama kami sehingga banyak manfaat yang kami terima. Kami mengucapkan terima kasih kepada BRI karena telah memfasilitasi kami untuk menembus pasar di Meksiko,” ungkap Ajeng.