Leasing Grup Astra Salurkan Kredit Motor Rp18,3 Triliun Sepanjang 2024

ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/YU
Pemudik bersepeda motor keluar dari kapal di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Senin (15/4/2024). Pada H+4 Lebaran 2024, arus kendaraan pemudik sepeda motor dari wilayah Pulau Sumatera yang kembali ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Merak tersebut terpantau ramai lancar.
Penulis: Lenny Septiani
21/6/2024, 20.42 WIB

Lini bisnis Astra Financial, PT Federal International Finance (FIF) atau FIFASTRA membukukan total nilai penyaluran pembiayaan kendaraan roda dua atau sepeda motor sebesar Rp 18,3 triliun per Januari-Mei 2024. Nilai ini tumbuh 2,6% year on year.

Selain itu, total booking unit tumbuh 0,9% yoy menjadi 1,31 juta unit. Direktur FIF Daniel Hartono mengatakan perusahaan terus berkomitmen dalam memberikan layanan pembiayaan terbaik bagi pelanggan.

"Pertumbuhan ini mencerminkan dedikasi kami dalam mendukung sektor otomotif, khususnya roda dua," ujar Daniel dalam acara Astra Financial Media Workshop 2024 yang diselenggarakan di Green Forest Horison, Bandung, Jumat (21/6).

Selama Januari-Mei 2024, FIFASTRA mencatatkan kinerja positif dalam penyaluran pembiayaan sepeda motor Honda, dengan total nilai penyaluran pembiayaan mencapai Rp 12 triliun. Angka ini naik sebesar 4,1% dari Rp 11,5 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Menurut Daniel pencapaian tersebut merupakan rekor baru FIF melalui FIFASTRA dalam penyaluran pembiayaan untuk sepeda motor Honda. Peningkatan ini juga terlihat pada jumlah unit sepeda motor Honda yang dibiayai.

Pada periode Januari-Mei 2024, FIFASTRA mencatatkan pembiayaan terhadap 703 ribu unit. Nilai ini naik sebesar 3% dibandingkan dengan 683 ribu unit pada periode yang sama tahun sebelumnya. 

Daniel mengatakan, pencapaian  menunjukkan komitmen perusahaan untuk terus memberikan kontribusi terhadap dunia pembiayaan sepeda motor di Tanah Air. Ia menyebut FIF turut mendukung peningkatan penggunaan kendaraan listrik dengan menyediakan layanan pembiayaan sepeda motor listrik Honda. 

“FIF juga turut berkomitmen dalam mendukung pembiayaan hijau atau yang dikenal dengan green financing dalam mewujudkan komitmen Net Zero Emission yang dicanangkan dapat tercapai pada tahun 2050,” katanya.

Komitmen mendukung net zero emission dilakukan melalui penyediaan layanan pembiayaan untuk sepeda motor listrik Honda EM1 e: dan EM1 e: Plus.

Capaian Layanan Pembiayaan Astra 

Selain FIFASTRA, FIF juga memiliki 4 layanan pembiayaan lainnya yang turut mendukung pertumbuhan kinerja perusahaan, yakni Danaastra, Spektar, Finatra dan Amitra. DanaAstra yang menyediakan pembiayaan multiguna, mengalami pertumbuhan penyaluran pembiayaan sebesar 2,0% menjadi Rp 5,5 triliun per akhir Mei 2024. 

Pada periode yang sama 2023 pembiayaan DanaAstra di angka p 5,4 triliun. Namun, DanaAstra mencatatkan penurunan dari sisi jumlah booking unit selama lima bulan pertama 2024, yakni mencapai 564 ribu unit. Jumlah ini turun 8,3% dibanding periode yang sama 2023 dengan jumlah booking unit sebanyak 588 ribu booking unit.

Selanjutnya layanan Amitra yang menyediakan layanan pembiayaan syariah Haji, Umrah, dan Beli Emas mencatatkan pertumbuhan nilai penyaluran pembiayaan pada periode Januari-Mei 2024 senilai Rp 185 miliar, naik 14% dari Rp 162,3 miliar pada periode yang sama tahun 2023. Kenaikan juga dapat dilihat dari jumlah booking unit yang tumbuh 2,0% menjadi 7.388 booking unit dibanding 2023 sebanyak 7.243 booking unit.

Sementara itu, layanan Spektra yang menyediakan pembiayaan multiproduk, seperti elektronika, gadget, hingga perabot rumah tangga mencatatkan penurunan nilai penyaluran pembiayaan sebesar 18,1% yoy. Layanan pembiayaan produktif Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Finatra juga mencatatkan penurunan nilai penyaluran pembiayaan 17,5% secara yoy.

Reporter: Lenny Septiani