PT Taspen (Persero) TASPEN berhasil meraih dua penghargaan di ajang Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2024, yaitu gold medal dan silver medal.
Penghargaan medali emas diperoleh untuk kategori Pelayanan Informasi Publik Terinovatif: Ruang Pelayanan Informasi Publik Sarana dan Prasarana Pelayanan Informasi. Sementara itu, medali silver untuk kategori Media Internal: Video Profile Employer Branding.
Penghargaan ini diterima pada 11 Oktober 2024 di The Rich Hotel Yogyakarta oleh Corporate Communications & Media Relations TASPEN Rizky Bachrudin. Dua penghargaan ini merupakan apresiasi atas inovasi TASPEN dalam menciptakan Ruang Pelayanan Informasi Publik yang inovatif, inklusif, dan mudah diakses.
Corporate Secretary TASPEN Henra mengatakan, sebagai pengelola Asuransi dan Dana Pensiun ASN, TASPEN tidak hanya berfokus pada aspek finansial. Melalui inovasi dalam bidang kehumasan, TASPEN berkomitmen untuk memberikan pelayanan informasi publik yang lebih baik dengan menyediakan informasi yang transparan dan mudah diakses bagi semua kalangan.
“Dan kampanye Employer Branding berhasil membangun citra positif TASPEN sebagai tempat ideal untuk bekerja. Ini menunjukkan, TASPEN tak hanya fokus kepada pelayanan peserta, tetapi juga pengembangan SDM,” tutur Henra melalui keterangan tertulis, Kamis (24/10).
Anugerah Humas Indonesia 2024 yang diselenggarakan Humas Indonesia PR Indonesia Group mengusung tema Profesionalisme Humas untuk Indonesia Emas. Ini bertujuan menilai kinerja komunikasi serta keterbukaan informasi dari berbagai lembaga publik seperti korporasi, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.
Proses penilaian oleh AHI berlangsung dengan ketat, dewan juri yang terdiri dari pakar humas, komunikasi publik, jurnalis senior, dan akademisi, secara cermat mengevaluasi ratusan karya berdasarkan kreativitas, efektivitas pesan, hingga dampaknya terhadap publik.
Tak heran, AHI dapat menjadi tolok ukur komprehensif atas keberhasilan TASPEN dalam mengelola komunikasi publik. Beberapa dewan juri yang terlibat, antara lain Abdul Rahman Ma’mun, Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) periode 2011-2013, Dian Agustine Nuriman, Founder & Principal Consultant NAGARU Communication, dan Fardila Astari, Strategic Communications Expert Reputasia.
Pada periode Januari hingga September 2024, laman Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) TASPEN melayani lebih dari 2,2 juta pengunjung yang mencari informasi terkait perusahaan. Mulai dari informasi umum mengenai TASPEN, produk dan jasa, laporan perusahaan, hingga kontak resmi kantor cabang TASPEN.
Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 17,71 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, yang mencatat 1,9 juta pengunjung. Sebagian besar pengunjung tertarik pada data terkait SDM, kepesertaan (ASN dan Pensiunan), serta informasi layanan dan proses pengajuan klaim yang digunakan untuk keperluan akademik, seperti penelitian skripsi, tesis, atau disertasi dari pemohon informasi publik.
TASPEN berkomitmen untuk terus memberikan layanan keterbukaan informasi yang inklusif bagi semua kalangan, sesuai dengan Undang-undang No. 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Komisi Informasi RI No.1/2021 tentang Standar Layanan Informasi Publik.
Hal itu sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang mengungkapkan penghargaan di bidang Keterbukaan Informasi Publik ini menjadi perwujudan bahwa BUMN akan selalu memberikan pelayanan yang informatif, profesional, dan transparan kepada masyarakat.
BUMN sebagai benteng perekonomian Indonesia juga terus berupaya memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat untuk mewujudkan Indonesia Maju.
Masyarakat dan peserta TASPEN dapat memperoleh informasi publik dari TASPEN secara online melalui website PPID TASPEN eppid.taspen.co.id, email ppid@taspen.co.id, atau mendatangi Kantor Pusat maupun Kantor Cabang TASPEN yang tersebar di seluruh Indonesia.