Daftar 17 Kepala Negara yang Akan ke Bali Hadiri KTT G20 Pekan Depan

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) mengatakan, para kepala negara akan tiba mulai besok (13/11).
Penulis: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
12/11/2022, 20.31 WIB

Sebanyak 17 negara akan datang ke Bali untuk menghadiri Konforensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada pekan depan. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, para kepala negara akan tiba mulai besok (13/11). 

"Ada tiga yang tidak bisa hadir langung. Presiden Putin salah satunya, tidak datang karena ada masalah isu domestik," ujar Luhut dalam Konferensi Pers, Sabtu (12/11). 

Selain Presiden Rusia Vladimir Putin, menurut dia, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador dan Presiden Brasil Jair Bolsanor. Menurut Luhut, Presiden Brasil tak hadir karena tengah memasuki masa pemilihan presiden, sedangkan Presiden Meksiko memang  sangat jarang keluar dari negaranya. 

"Meski tidak datang langsung, Putin kemungkinan akan hadir virtual," kata Luhut.

Luhut menjelaskan, pertemuan G20 juga akan melibatkan lebih dari 3.443 delegasi. Total akan terdapat 12.725 orang yang akan terlibat dalam perhelatan akbar ini, termasuk tim pendukung delegasi, lembaga internasional, aktivitas LSM, utusan lembaga internasional, jurnalis, hingga peneliti.

Ia juga memastikan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Cina Xi Jjinping hadir. Keduanya kemungkinan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo.  

Berikut daftar kepala negara yang akan hadir langsung di Bali untuk menghadiri KTT G20: 

  1. Presiden Joko Widodo
  2. Presiden Amerika Serikat Joe Biden
  3. Presiden Cina Xi Jinping
  4. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan
  5. Presiden Korsel Yook Seok-yeol
  6. Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz
  7. Presiden Afsel Cyril Ramaphosa
  8. PM Australia Anthony Albanese
  9. PM India Narendra Modi
  10. Presiden Argentina Alberto Fernandez
  11. PM Inggris Rishi Sunak
  12. Kanselir Jerman Olaf Scholz
  13. Presiden Prancis Emmanuel Macron
  14. PM Italia Giorgia Meloni
  15. PM Jepang Fumio Kishida
  16. PM Kanada Justin Trudeau
  17. Presiden Komisi UE Ursula Gertrud von der Leyen

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 November 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.