Sri Mulyani Diincar Sebagai Menkeu atau Menko Perekonomian di Kabinet Prabowo

Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kanan) berbincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat megikuti rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (28/11/2022).
14/10/2024, 15.20 WIB

Nama Sri Mulyani Indrawati makin santer masuk dalam daftar menteri yang masuk dalam jajaran kabinet presiden terpilih Prabowo Subianto. Kabar tersebut makin hangat menjelang pelantikan Prabowo pada 20 Oktober 2024.

Berdasarkan dua sumber Reuters yang namanya tidak ingin disebutkan, Prabowo tengah mempertimbangkan untuk menawarkan posisi menteri kepada Sri Mulyani.

Peluang Sri Mulyani bahkan disebut-disebut besar untuk dua posisi menteri pada pemerintahan Prabowo. Salah satu sumber Reuters menyebutkan kedua posisi tersebut yaitu Menteri Keuangan atau Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

"Pasti ada nama yang memiliki reputasi internasional di kabinet (Prabowo)," kata sumber tersebut dikutip dari Reuters, Senin (14/11).

Sumber Reuters kedua juga menyebutkan Sri Mulyani masuk di antara beberapa nama yang masih dipertimbangkan Prabowo sebagai Menteri Keuangan. Hanya saja, hingga saat ini Kementerian Keuangan masih menolak mengomentari kabar tersebut.

Peluang Menteri Jokowi di Kabinet Prabowo

Prabowo juga secara gamblang sudah mengungkapkan peluang jajaran menteri pada pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) untuk kembali mengisi posisi menteri di pemerintahannya nanti. Hal itu berdasarkan pertimbangan kinerja selama masa pemerintahan Jokowi.

“Dalam menyusun kabinet, kok saya melihat banyak juga menteri yang akan datang dari kabinet sekarang,” kata Prabowo di BNI Investor Summit 2024 di Jakarta, Rabu (9/10).

Prabowo juga menegaskan bahwa dirinya tidak akan memimpin Indonesia secara otoriter. Dia berdalih, negara otoriter pada umumnya hanya memiliki satu partai namun berbeda dengan Indonesia.

Prabowo mengakui dalam menerima mandat dari rakyat untuk menjadi presiden, harus memikul tugas dan tanggung jawab yang tidak ringan. Untuk itu, dia akan mencari kandidat menteri terbaik sejalan dengan apa yang dilakukan Jokowi.

Reporter: Rahayu Subekti