Pameran Properti Mudahkan Konsumen Beli Rumah

Adhouse Clarion Events
Executive Director PT Summarecon Agung Tbk, Albert Luhur
Penulis: Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
9/12/2022, 17.28 WIB

Pagelaran Indonesia Properti Expo (IPEX) yang berlangsung pada 19-27 November 2022 telah mempertemukan para pengembang dengan investor dan calon pembeli rumah. Pameran properti terbesar di Indonesia itu menghadirkan lebih dari 300 ribu pengunjung.

Mengusung tema Ceritamu Dimulai dari Sini, IPEX 2022 diharapkan turut membantu mengikis backlog perumahan di Indonesia yang telah mencapai 12,7 juta. Angka itu akan terus bertambah, seiring kebutuhan rumah per tahunnya yang mencapai 1 juta unit. Padahal, pembangunan rumah yang dapat dipenuhi pengembang hanya sekitar 200 ribu hingga 300 ribu unit per tahun.

Head of Marketing PT Adhouse Clarion Events, Abdi Fajrin, mengungkapkan bahwa penyelenggaraan IPEX 2022 tak lepas dari adanya Program IPEX Loyalty Member (ILM). Program tersebut telah diikuti oleh 6.340 anggota. Sebanyak 91,56 persen anggota ILM berencana membeli properti untuk tempat tinggal sendiri, sementara sisanya memanfaatkan properti sebagai investasi.

Para anggota ILM juga memberi opini mengenai wilayah yang diincarnya untuk membeli properti. Di antaranya, Kota Tangerang yang menempati posisi pertama dengan minat 29,7 persen. Lalu, diikuti oleh DKI Jakarta sebanyak 19,4 persen, Kota Bekasi 16,8 persen, Kota Depok 16,4 persen, Kota Bogor 15,0 persen, dan lainnya 2,8 persen.

“Jumlah ini akan terus berubah dan berkembang, sejalan dengan bertambahnya jumlah loyalty member kami,” jelas Abdi.

Halaman: