KoinWorks, neobank untuk UMKM pertama di Indonesia mengumumkan kemitraan strategis dengan IDH.ID (PT Indonesia Distribution Hub), platform B2B e-commerce untuk distribusi produk fast moving consumer goods (FMCG) di Indonesia.
IDH.ID sudah bekerja sama dengan salah satu principal, PT. Amerta Indah Otsuka, perusahaan multinasional yang bergerak dalam pengembangan dan produksi produk-produk FMCG. Kerja sama ini bertujuan untuk memberikan kemudahan pembayaran melalui layanan IDH Paylater bagi pemilik toko dan reseller di seluruh Indonesia yang memungkinkan berbelanja kebutuhan bisnis secara daring dengan sistem pembayaran tempo.
CEO dan Co-Founder KoinWorks Benedicto Haryanto mengungkapkan, langkah ini merupakan bagian dari fokus perusahaan pada pertumbuhan ekosistem bisnis Indonesia. Salah satunya pada sektor FMGC yang terintegrasi secara menyeluruh dalam ekosistem penjualan dan distribusi.
“Dengan demikian, kami memiliki kesempatan untuk memberikan dampak yang lebih luas, baik kepada distributor maupun UMKM pemilik toko," ungkap dia dalam keterangan tertulis, Rabu (27/3).
Sejak 2022, Koin Works melalui KoinPayLater telah berperan penting dalam memberikan dukungan pembiayaan kepada pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Pada kemitraan ini, KoinPayLater dan IDH.ID akan memfasilitasi pinjaman kepada setidaknya 380 ribu pelaku bisnis FMCG.
Sementara, pelaksanaanya akan dilakukan secara bertahap, dengan persetujuan cepat, dan limit hingga Rp2 miliar. Dengan adanya layanan ini, diharapkan pengelolaan arus kas dan daya beli para pemilik toko dapat meningkat secara signifikan.
CEO IDH.ID Jack Ng menegaskan, perusahaannya berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan. Termasuk dengan opsi pembayaran yang lebih fleksibel guna memenuhi kebutuhan pasar yang semakin berkembang.
KoinWorks merupakan mitra pertama IDH.ID dalam perluasan layanan paylater. Terkini, perluasan sedang dilakukan kepada UMKM di tingkat lokal.
“Kami yakin KoinWorks bersama dengan IDH.ID akan menjadi bagian penting dari revolusi bisnis di industri FMCG yang akan membuka banyak kesempatan untuk suksesnya pasar FMCG di Indonesia,” ujar Jack.