AHY Sebut Peran Kementerian ATR di Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar

Kementerian ATR/BPN
Kementerian ATR/BPN
1/6/2024, 11.44 WIB

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendampingi Presiden Joko Widodo dalam peresmian jalan tol Pekanbaru-Padang, ruas Bangkinang-XIII Koto Kampar, Jumat (31/5) kemarin.

AHY mengatakan selesainya ruas Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar tidak terlepas dari peran serta Kementerian ATR/BPN dalam proses pengadaan tanahnya.

"Untuk tol sepanjang 24,7 km ini pengadaan tanahnya dikerjakan oleh Kantor Wilayah BPN Provinsi Riau dengan jumlah pengadaan mencakup 1.209 bidang tanah seluas 309,93 hektare," terangnya, dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/6).

Dengan diresmikannya ruas tol ini, Presiden Jokowi juga berharap infrastruktur bisa digunakan dan bisa meningkatkan perekonomian daerah. Sebelumnya, jalan tol telah diuji coba pengoperasiannya secara fungsional selama mudik lebaran 2024 lalu.

Setelah mendampingi Jokowi, AHY meninjau langsung Pertanahan di Kantah Kota Pekanbaru dan menyerahkan 12 Sertipikat Tanah Elektronik. Sertipikat tersebut terdiri dari 5 Sertipikat Barang Milik Daerah, 5 Sertipikat Barang Milik Negara, dan 2 Sertipikat Hak Milik Perorangan.

Selain itu, AHY juga menyerahkan sertipikat tanah hasil Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada 42 Kepala Keluarga yang tinggal di Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Timur, Kota Pekanbaru. Adapun, penyerahan sertipikat akan dilakukan secara door to door ke rumah warga di kawasan tersebut.