PT Global Digital Niaga Tbk atau Blibli optimistis atas pertumbuhan kinerja bisnis sepanjang 2024.
Perusahaan, hingga kuartal ketiga 2024, mampu membukukan sejumlah pencapaian kinerja positif. Contohnya, Blibli mendulang kenaikan take rate sebesar 7,0 persen.
Selain itu, selama kuartal ketiga 2024 Blibli juga mencatat kenaikan total processing value (TPV) sebesar 12 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, menjadi Rp19,94 triliun. Sementara itu, laba bruto konsolidasi perusahaan juga meningkat 46 persen.
Emiten berkode saham BELI ini menggelar sejumlah aksi ekspansi sepanjang tahun lalu. Misalnya, pembangunan gudang baru di Marunda. Fasilitas baru ini mulai beroperasi sejak Oktober 2024 untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
“Kami menggapai tonggak sejarah lain dengan berhasil menyelesaikan pembangunan gudang baru kami di Marunda,” kata CEO dan Co-Founder Blibli Kusumo Martanto melalui keterangan tertulis di Jakarta, beberapa waktu lalu.
Menurutnya, melalui penggunaan berbagai teknologi terkini seperti smart logistic, Warehouse Management System, automation hingga conveyor system, maka gudang Marunda mampu mengoptimalkan operasi perusahaan dalam memenuhi pesanan pelanggan, terutama untuk layanan Fulfillment at Speed dan Fulfilled by Blibli.
Di sisi lain, Blibli juga melakukan Penggabungan Akun atau Unified Membership untuk mengakses aplikasi di ekosistem Blibli Tiket. Inovasi ini memudahkan pelanggan karena hanya perlu satu akun untuk log-in di aplikasi Blibli, tiket.com, dan Ranch Market.
Dengan kata lain, tak perlu mengingat banyak kata sandi dan username email. Pengguna hanya perlu log-in di salah satu aplikasi maka otomatis akan masuk juga di aplikasi lainnya.
Program keanggotaan Blibli Tiket Rewards yang kini juga sudah terintegrasi, membuat pengumpulan poin loyalitas Blibli Tiket Rewards bisa dilakukan di toko-toko fisik termasuk gerai supermarket premium Ranch Market dan Farmers Market, serta toko elektronik konsumen, seperti Hello Store (toko ritel Apple resmi/Apple Authorised Reseller), Samsung Store, dan Blibli Store (toko multibrand elektronik konsumen).
Setiap poin yang terkumpul dapat digunakan untuk pembelian selanjutnya di dalam ekosistem Blibli Tiket, baik secara luring maupun daring.
Tahun lalu, Blibli juga merilis inovasi anyar berupa program Blibli Affiliate, yang mampu menarik atensi positif selama beberapa bulan terakhir.
Berbekal tren AI yang belakangan masif, Blibli turut memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan visibilitas produk di pasar. Alhasil, mesin rekomendasi perusahaan mampu meningkatkan rasio click-through-rate (CTR) lebih dari dua kali lipat.
Tak lupa, sepanjang kuartal ketiga 2024, Blibli membuka tujuh toko elektronik konsumen baru. Artinya, perusahan saat ini mengoperasikan 192 toko elektronik konsumen, ditambah 62 gerai supermarket premium, dan 31 home and living experience centers. (*)