Awal Tahun, Market Share Daihatsu Naik Jadi 21,2%

Astra Daihatsu Motor
Unit mobil produksi PT Astra Daihatsu Motor di fasilitas logistik milik perseoran.
Penulis: Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
5/5/2023, 17.27 WIB

Menutup kuartal I 2023, Daihatsu kembali meraih angka penjualan yang positif, sejalan dengan kenaikan pasar otomotif. Secara nasional, penjualan ritel otomotif di Indonesia per Maret 2023 mencapai 271 ribu unit, atau naik 13,7 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Pada saat yang sama, penjualan ritel Daihatsu mencapai lebih dari 57 ribu unit, atau naik 22,6 persen secara year-on-year (YoY). Dari capaian tersebut, kontribusi penjualan ritel Daihatsu terhadap market share ritel otomotif nasional yakni sebesar 21,2 persen, atau naik 1,5 persen (YoY).

Penjualan mobil Daihatsu per kuartal I 2023. (Astra Daihatsu Motor)

“Semoga capaian baik ini dapat terus berlangsung, dan pasar otomotif tahun ini dapat lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” ujar Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso dalam siaran pers, dikutip Jumat (5/5).

Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu hingga Maret 2023 didominasi oleh Sigra, yakni sebanyak 16.753 unit. Penjualan Sigra berkontribusi 29,1 persen terhadap total penjualan unit mobil Daihatsu. Disusul penjualan Gran Max Pick Up sebanyak 13.100 unit dengan kontribusi 22,8 persen, dan Terios sebanyak 7.773 unit dengan kontribusi 13,5 persen.