Dalam agama Islam, sholat merupakan rukun Islam ke dua yang sifatnya wajib dilaksanakan oleh umat Muslim. Dalam sehari, ada lima sholat wajib yang dimulai dengan Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib dan Isya dimana ibadah ini bisa dikerjakan sendiri maupun berjamaah.

Bila melaksanakan sholat sendiri, umat Muslim dianjurkan untuk berdoa setiap selesai melaksanakan sholat. Pada waktu ini, umat Muslim dapat menyampaikan segala hajat, keinginan, dan permohonan kepada Allah dengan penuh khusyuk dan keyakinan.

Selain itu, umat Muslim juga bisa memohon ampunan dari setiap perbuatan yang dilakukan. Dalam hal ini, terdapat beberapa bacaan doa setelah sholat sendiri yang bisa dipraktikkan.

Lantas, apa saja itu? Untuk lebih jelasnya, simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Doa Setelah Sholat Sendiri (Pexels)

Doa Setelah Sholat Sendiri 

Dilansir dari buku Tuntunan Lengkap Sholat Wajib, Sunah, Doa, dan Dzikir oleh Zakaria R. Rachman (2020:135), berikut ini bacaan doa setelah sholat sendiri yang bisa diamalkan umat Muslim.

  1. Astaghfirullahal 'adziim alladzii laaailaaha illaa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaih (3x)
  2. Aallaahumma antas salaam waminkas salaam wa ilaila ya'uudud salaam fahayyinaa robbanaa bis salaam wa adkhilnal jannata daaros salaam tabarokta robbanaa wa ta'aalaita yaa dzal jalaali wal ikroom.(1x)
  3. Allahumma a'inni 'ala dzikrika wasyukrika wa husni 'ibadatika (1x)
  4. Laaailaaha illallaah wahdahu laa syariikalah lahul mulku walahul hamdu yuhyii wayumiitu wahuwa 'alaa syain qodiir.
  5. Alloohumma ajrinii minannaar
  6. Allahu la ilaha illa huw, al-hayyul-qayyum, la ta 'khuzuhu sinatuw wa la na 'um, lahu ma fis-samawati wa ma fil-ard, man zallazi yasyfa'u 'indahu illa bi 'iznih, ya'lamu ma baina aidihim wa ma khalfahum, wa la yuhituna bisyai'im min 'ilmihi illa bima sya, wasi'a kursiyyuhus-samawati wal-ard, wa la ya'uduhu hifzuhuma, wa huwal-aliyyul-azim
  7. Membaca Surah Al-Ikhlas, Surah Al Falaq, Surah An-Nas, dan Surah Al-Fatihah
  8. Membaca bacaan tasbih, hamdalah, dan takbir sebanyak 33 kali.
  9. Dilanjutkan membaca kalimat tauhid. Setelah subuh dibaca sebanyak 300 kali, setelah isya 100 kali, setelah zuhur 50 kali, setelah asar 50 kali, dan setelah magrib 100 kali.
  10. Terakhir, ditutup dengan bacaan doa sebagai berikut:

Bismillaahirohmaanirrohiim. Alhamdulillaahirobbil'aalamin.

Allaahumma sholli'alaa sayyidina Muhammadin wa'alaa aali sayyidina Muhammad.

Allahumma sholli'alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii'il aafat. Wa taqdhii lanaa bihaa min jamii'il haajaat. Wa tuthohhirunaa bihaa min jamii'is sayyi_at. Wa tarfa'unaa bihaa'indaka a'alad_darojaat. Wa tubagllighunaa bihaa aqshol ghooyaat. Min jamii'il khoirooti fil hayaati wa ba'dal mamaat.

Allaahumma innaa nas_aluka salaamatan fid_diin. Wa 'aafiyatan fil jasadi. Wa ziyaadatan fil'ilmi. Wa barakatan fir_rizqi. Wa taubatan qoblal maut. Wa rahmatan 'indal maut. Wa maghfirotan ba'dal maut.

Allaahumma hawwin 'alaina fii sakaraatil maut. Wan_najaata minan_naari wal 'afwa 'indal hisaab.

Robbanaa laa tuzigh qulubanaa ba'da idz_hadaitanaa wahab lanaa min ladunka rahmah. Innaka antal wahhaab.

Allaahummaghfirlii dzunuubi waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii soghiiroo

Robbanaa aatinaa fid_dun_yaa hasanah wafil aakhiroti hasanah waqinaa adzaaban_naar.

Washollallaahu 'alaa wayyidinaa Muhammadin Wa'alaa aali sayyidinaa Muhammad. Walhamdulillaahi robbil 'aalamiin.

Keutamaan Berdoa Setelah Sholat

Umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat sendiri karena memiliki banyak keutamaan dalam Islam. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Doa Setelah Sholat Sendiri (Pexels)

1. Mengikuti Teladan Nabi

Muhammad SAW sendiri seringkali berdoa setelah menunaikan sholat. Ini merupakan tindakan yang dianjurkan kepada umat Islam untuk mengikuti teladan beliau.

2. Menguatkan Koneksi dengan Allah

Berdoa setelah sholat adalah cara untuk memperkuat hubungan spiritual dengan Allah. Pasalnya, ini adalah waktu yang baik untuk memperdalam ikatan batin dengan Sang Pencipta setelah menjalankan kewajiban ibadah.

3. Menyucikan Jiwa

Doa setelah sholat juga dapat membantu membersihkan hati dan jiwa dari dosa serta kesalahan yang mungkin terjadi selama ibadah.

4. Mendatangkan Ketenangan

Doa setelah sholat dapat memberikan ketenangan pikiran dan hati, serta meningkatkan rasa kedamaian dan kebahagiaan dalam diri.

5. Membawa Barokah

Berdoa setelah sholat diyakini dapat membawa barokah dan berkah dari Allah SWT, serta membuka pintu-pintu rezeki dan keberkahan dalam hidup.

6. Menjadi Amal yang Diterima

Doa setelah sholat merupakan salah satu amal yang paling mudah diterima oleh Allah SWT. Hal ini dikarenakan doa ini dibaca dalam keadaan hati yang khusyuk dan penuh kesadaran setelah menunaikan sholat.

7. Menyampaikan Hajat dan Keinginan

Setelah menunaikan sholat, umat Islam dianjurkan untuk menyampaikan segala hajat, keinginan, dan permohonan kepada Allah melalui doa, karena Allah Maha Mendengar dan Maha Mengabulkan doa hamba-Nya yang tulus.

 
Demikian ulasan lengkap mengenai doa setelah sholat sendiri yang bisa diamalkan umat Muslim lengkap dengan keutamaannya yang penting diketahui.