Mencermati 10 Bahan untuk Membuat Obat Flu Alami

Katadata
Ilustrasi, madu.
Penulis: Tifani
Editor: Agung
30/12/2022, 18.29 WIB

Flu atau influenza bisa membuat Anda susah bernapas lega. Bahkan anda mungkin mengalami tenggorokan gatal, hidung meler atau tersumbat, bersin-bersin, hingga mata yang terus berair.

Dikutip dari laman hellosehat.com, meski memang bukan penyakit berbahaya, gejala flu yang tidak diobati bisa mengganggu aktivitas bahkan menimbukan komplikasi.

Kabar baiknya, ada banyak pilihan obat flu alami serta cara pengobatan sederhana yang bisa Anda coba di rumah. Berikut obat flu alami serta cara pengobatan sederhana yang dapat dilakukan dirumah.

1. Madu

Madu merupakan salah satu obat flu alami yang sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Sifat antimikroba alami dari madu dapat membantu tubuh melawan kuman penyakit, termasuk bakteri dan virus penyebab flu.

Madu juga membantu meredakan gejala penyerta flu, seperti pilek dan batuk. Untuk meredakan flu dengan madu, larutkan 2 sendok madu dalam segelas air hangat untuk diminum setiap pagi dan malam hari.

Ada satu hal penting yang harus ketahui, madu tidak boleh diberikan pada bayi yang usianya kurang dari 1 tahun. Memberikan madu pada bayi justru meningkatkan risiko mereka terkena infeksi botulisme. Jadi, hindari menggunakan madu sebagai obat flu alami untuk anak-anak.

2. Bawang Putih

Bawang putih (Unsplash/Sahand Babali)

Makan bawang putih mentah-mentah adalah salah satu cara mengobati flu secara alami. Banyak penelitian menunjukkan bahwa bawang putih memiliki efek antivirus yang dapat mencegah flu atau pilek, serta mempercepat penyembuhan penyakit.

Kandungan minyak allicin (senyawa yang memberikan harum khas bawang putih) juga dipercaya ampuh untuk menjadi obat flu alami.

Namun, jika risih atau tidak suka dengan baunya, Anda bisa mencampur rajangan bawang putih ke dalam berbagai masakan rumahan, misalnya tumis buncis bawang putih. Anda juga bisa menambahkan beberapa irisan bawang putih, atau tumbuk halus satu siung, ke dalam semangkuk air panas untuk menguapi wajah Anda selama 10 menit.

3. Jahe

Manfaat jahe untuk kesehatan memang sudah tak diragukan lagi. Sebagai obat flu alami, jahe membantu melemaskan otot saluran pernapasan untuk melegakan hidung serta menguatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, jahe juga mengurangi rasa mual dan menghangatkan tubuh yang sedang tidak enak badan akibat kena flu. Anda juga bisa menggabungkan jahe dengan kunyit.

Kombinasi kunyit dan jahe ternyata dapat memperkuat sistem imun tubuh dari berbagai penyakit, termasuk flu. Hal ini didasarkan pada sebuah penelitian yang diterbitkan pada Emerging Infectious Diseases bahwa kunyit dapat menurunkan 90 persen kemampuan virus influenza berduplikasi pada sel yang terinfeksi.

4. Teh herbal

Ilustrasi, teh chamomile. (Freepik)

Beberapa jenis teh herbal dipercaya mengandung zat antivirus dan antibakteri yang berguna sebagai obat flu alami. Dengan mengonsumsi teh herbal, tubuh memiliki sistem kekebalan yang lebih baik untuk melawan infeksi virus, termasuk virus influenza.

Anda bisa membuat teh herbal yang terbuat dari bahan-bahan berikut sebagai obat alami untuk flu:

  • teh hijau
  • teh jahe
  • teh adas manis (star anise)

Selain itu, Anda tentunya juga dapat mencampur seduhan teh herbal dengan madu. Manfaat dari madu yang dikombinasikan dengan teh herbal akan memberi manfaat yang maksimal sebagai obat alami flu Anda.

5. Minyak Esensial

Bahan herbal lainnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat alami flu adalah essential oil atau minyak esensial. Sebuah artikel yang terdapat di Antiviral Research menemukan bahwa tea tree oil mampu melawan infeksi virus flu dengan cara memperlambat perkembangbiakan virus.

Jenis minyak esensial lain yang juga mengandung zat antivirus dan antibakteri adalah:

  • minyak cinnamon
  • minyak peppermint
  • minyak eukaliptus
  • minyak lemon
  • minyak oregano

6. Air Garam

Apabila Anda mengalami gejala batuk selama terkena flu, berkumur dengan air garam dapat membantu mengurangi rasa gatal dan kering di tenggorokan. Cara ini sekaligus memberikan efek lega di tenggorokan untuk sementara waktu.

Untuk membuat larutan obat kumur dari garam, Anda hanya perlu melarutkan 1/2 sendok garam ke dalam air hangat. Berkumurlah dalam waktu beberapa menit, tetapi berhati-hatilah jangan sampai larutan air garam tertelan.

Berkumur dengan air garam sebaiknya dilakukan 3-4 kali dalam sehari sehingga bisa lebih efektif mengurangi refleks batuk. Selain dengan air garam, Anda juga bisa melegakan tenggorokan yang kering dengan berkumur menggunakan campuran perasan lemon dan air hangat.

Apabila tenggorokan terasa sangat perih karena asam dari lemon, alternatifnya Anda dapat menghisap Lozenges yakni permen pelega tenggorokan. Permen ini mengandung menthol untuk memberi rasa hangat dan lembap di tenggorokan.

7. Kemangi

Manfaat Daun Kemangi (pixabay.com)

Menurut sebuah penelitian, kemangi atau basil sangat ideal untuk mengobati berbagai macam penyakit termasuk batuk, pilek, demam asma, radang sendi, dan penyakit mata. Anda dapat mengonsumsinya dengan menambahkan teh atau minuman panas atau disantap dalam bentuk lalapan.

8. Oregano

Tanaman herbal yang harum ini tidak hanya digunakan untuk memasak pasta atau pizza, tetapi juga memiliki sifat antiseptik. Oregano dapat menjadi obat flu alami, demam ringan, batuk, dan pilek. Oregano juga mampu meredakan otot kaku dan dada sesak.

9. Sup atau Kuah Kaldu

Jika Anda mencari obat flu alami yang rasanya lezat dan bisa menambah nafsu makan yang menurun ketika sakit, coba konsumsi sup atau masakan berbasis kuah kaldu. Dilansir dari Healthline, kuah kaldu bisa membantu melonggarkan atau mengatasi hidung tersumbat.

Asupan tinggi protein dan kalium ini juga bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh.

10. Makanan Tinggi Zinc

Studi menunjukkan, zinc dapat membantu mengatasi flu dan meringankan gejala flu. Mineral ini penting untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh. Saat flu kambuh, Anda bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung banyak zinc seperti daging sapi, kerang, kacang-kacangan, buncis, susu, atau telur.