Kartu Peserta Jamsostek atau KPJ merupakan kartu identitas bagi peserta lama Jamsostek. Pada kartu tersebut, tertera nomor BPJS Ketenagakerjaan yang digunakan untuk mengecek tagihan dan membayar iuran BPJS setiap bulan.
Ketika lupa dengan nomor tersebut peserta bisa melihat bagian depan kartu BPJS pribadi. Lantas, bagaimana jika kartu hilang atau rusak?
Cara Cek Nomor KPJ Online
Dikutip dari akun Twitter resmi @BPJSTK, berikut cara cek nomor KPJ online:
1. Cara Cek Nomor KPJ Online Lewat Web Resmi
Cara pertama untuk cek nomor KPJ online ialah melalui situs web resmi BPJS Ketenagakerjaan. Berikut langkah-langkah agar Anda dapat mengetahui nomor kepesertaan BPJS:
- Buka peramban lewat ponsel, laptop, ataupun komputer
- Lalu kunjungi laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
- Masukkan email dan password yang terdaftar di situs BPJS Ketenagakerjaan. Jika belum memiliki
- akun, klik ‘Buat Akun Baru’ dan ikuti instruksi di sana sampai proses registrasi berhasil
- Kemudian beri centang pada kolom ‘Saya bukan robot’, lalu klik ‘Login’
- Setelah berhasil login, pilih menu ‘Kartu Digital’
- Muncul kartu digital BPJS Ketenagakerjaan milikmu, silakan catat nomor KPJ yang tertera di kartu digital tersebut
- Selesai, setelah mengetahui nomor KPJ, kamu bisa langsung membayar iuran BPJS Ketenagkerjaan sesuai metode pembayaran yang dipilih.
2. Cara Cek Nomor KPJ Online di Aplikasi Mobile JKN
Cara cek nomor KPJ online juga bisa melalui Mobile JKN. Pastikan sebelumnya Anda sudah mengunduh aplikasi ini dan membuat akun.
Jika belum terdaftar di Mobile JKN, Anda tidak bisa melihat nomor BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi. Hal itu karena, saat mendaftar Mobile JKN dibutuhkan nomor KPJ yang ada di bagian depan kartu BPJS.
Bagi yang sudah mendaftar akun di Mobile JKN, ikuti langkah di bawah ini:
- Buka Mobile JKN, lalu lakukan login dengan memasukkan email dan password
- Setelah berhasil login, klik menu ‘Profil Saya’ di halaman utama aplikasi
- Klik menu ‘Kartu Digital Anda’
- Muncul Kartu BPJS Ketenagakerjaan digital milik Anda, di sana tertera nomor KPJ yang terdiri dari 11 digit angka.
- Catat atau screenshot nomor tersebut. Anda juga bisa mencetak kartu digital tersebut secara mandiri.
3. Cara Cek Nomor KPJ Online Melalui Call Center BPJS Ketenagakerjaan
Nomor KPJ yang hilang bisa Anda ketahui dengan menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 175. Bagi peserta yang bekerja di luar negeri, Anda dapat menghubunginya melalui aplikasi WhatsApp dengan nomor 0811-9115910 dan 0855-1500910.
Ketika terhubung, Anda bisa menyebutkan data diri seperti nama, nomor KTP dan keperluan. Selanjutnya, petugas akan memproses permintaan Anda. Kemudian, silakan menunggu sampai Anda mendapatkan nomor kepesertaan BPJS tersebut. Jangan lupa siapkan kertas untuk mencatat nomor KPJ yang disebutkan oleh petugas.
4. Cara Cek Nomor KPJ Online Melalui Call Center Whatapps
Selain via aplikasi, BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA) dengan membuka aplikasi WhatsApp. Namun, setiap kantor cabang BPJS Kesehatan memiliki layanan PANDAWA dengan nomor yang berbeda.
Oleh karenanya, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu nomor PANDAWA kantor cabang BPJS terdekat. Apabila Anda telah mengetahui nomor PANDAWA-nya, Anda mengikuti panduan yang diminta nomor PANDAWA tersebut.
Jam layanan nomor PANDAWA buka pada hari Senin – Jum'at pukul 08.00 – 15.00 WIB. Ketika Anda mengirimkan di luar layanan tersebut, maka pesan tidak akan dibaca oleh petugas.
Cara Mengurus BPJS Ketenagakerjaan yang Hilang
Walaupun cek nomor KPJ online tetap bisa dilakukan tanpa kartu, sebaiknya Anda tetap harus memiliki kartu fisik tersebut. Dikutip dari bpjsketenagakerjaan.go.id, kartu BPJS Ketenagakerjaan diperlukan saat pencairan dana JHT.
Berikut dokumen untuk mengurus kartu BPJS Ketenagakerjaan yang hilang:
- KTP asli dan fotokopi
- Kartu Keluarga asli dan fotokopi.
- Surat pengantar dari tempat bekerja yang menerangkan bahwa kamu masih bekerja di perusahaan
- tersebut.
- Surat keterangan dari perusahaan mengenai nomor kepesertaan.
- Surat keterangan kehilangan dari kepolisian yang berisi nama perusahaan, nama kepesertaan, nomor kepesertaan, dan keterangan waktu hilangnya kartu BPJS.
Setelah memenuhi semua syarat di atas, kunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Sampai di sana sampaikan ke petugas bahwa kamu ingin mengurus penggantian kartu BPJS karena hilang. Silakan tunggu proses membuat kartu baru sampai selesai.