Daftar pustaka merupakan rangkaian daftar tulisan yang mencantumkan berbagai referensi atau sumber baik itu buku, skripsi, jurnal, makalah, internet, dan lain sebagainya. Daftar pustaka menjadi bagian wajib dalam setiap karya ilmiah.
Penulisan daftar pustaka ini bermanfaat agar terhindar dari plagiat. Selain itu, juga sebagai wujud apresiasi penulis akan karya orang lain, membangun kredibilitas, dan membantu para pembaca untuk lebih tahu topik terkait.
Cara Menulis Daftar Pustaka dari Skripsi
Ada beberapa unsur yang perlu diketahui saat akan membuat daftar pustaka, beberapa di antaranya yaitu: nama penulis, tahun penerbitan, judul karya atau buku, tempat penerbitan, dan nama penerbit. Dikutip dari laman Ruangguru.com, berikut cara menulis daftar pustaka dari skripsi yang benar.
1. Menulis Nama Pengarang
Langkah pertama dalam cara menulis daftar pustaka dari skripsi adalah dengan menuliskan nama penulis atau pengarang di awal. Dalam menulis daftar pustaka dari skripsi juga mesti diawali dari nama pengarang terlebih dahulu.
Aturan dalam cara menulis daftar pustaka dari skripsi, nama pengarang tidak ditulis secara terbalik dari nama belakang lalu ke nama depan. Namun, ditulis dengan menuliskan nama depan terlebih dahulu, lalu kemudian nama belakangnya ditulis huruf depannya saja.
Contohnya: Muhammad Arifin yang kemudian ditulis menjadi Muhammad A.
2. Menuliskan Tahun Skripsi Diterbitkan
Langkah kedua cara menulis daftar pustaka dari skripsi adalah dengan menuliskan tahun penerbitan skripsi. Setelah nama pengarang atau penulis dituliskan langkah selanjutnya adalah menulis tahun skripsi dipublikasikan.
Tahun skripsi ditulis setelah nama pengarang, yang kemudian ditutup dengan tanda titik. Kemudian tuliskan tahun penerbitan dan ditutup dengan titik.
Sebagai contoh adalah karya Muhammad A yang dirilis pada tahun 2019 akan ditulis sebagai: Muhammad A. 2019.
3. Menuliskan Judul dan Subjudul
Cara menulis daftar pustaka dari skripsi selanjutnya adalah menuliskan judul karya yang digunakan sebagai sumber materi penulisan karya ilmiah. Perlu dicatat, penulisan judul dan subjudul ditulis setelah tahun.
Penulisan judul dan subjudul mesti ditulis secara miring. Sebagai contoh adalah sebagai berikut ini.
Contohnya: Muhammad A. 2019. Adaptasi Komunikasi 5G dalam Lingkup Perkembangan Industri Pertanian.
4. Menuliskan Jenis Karangan dan Pernyataan “Tidak Diterbitkan”
Cara menulis daftar pustaka dari skripsi selanjutnya adalah memberi tulisan keterangan. Keterangan berupa jenis karangan dan pernyataan bahwa skripsi yang kita jadi sumber merupakan karya yang tidak diterbitkan secara luas.
Sebab, karangan yang dikutip adalah skripsi, maka jenis karangan yang mesti kita tulis di daftar pustaka adalah skripsi. Penulisan “skripsi” sendiri ditulis setelah judul dan subjudul dan penulisannya tidak perlu dimiringkan.
Setelah “skripsi” ditulis, maka langkah selanjutnya adalah menulis pernyataan “tidak diterbitkan.” Pernyataan tersebut mesti ditulis karena skripsi yang ditulis ke dalam daftar pustaka tersebut tidak diterbitkan secara komersial oleh penerbit buku mana pun.
Contohnya: Muhammad A. 2019. Adaptasi Komunikasi 5G dalam Lingkup Perkembangan Industri Pertanian. Skripsi. Tidak Diterbitkan.
5. Nama Fakultas, Perguruan Tinggi, dan Kota Perguruan Tinggi
Langkah terakhir cara menulis daftar pustaka dari skripsi adalah menuliskan nama fakultas dari si penulis, nama perguruan tinggi yang menerbitkan dan lokasi kota perguruan tinggi tersebut berada.
Semua elemen yang ditulis tersebut merupakan nama fakultas dan perguruan tinggi tempat si pengarang menyelesaikan skripsi tersebut. Format penulisannya antara lain: tulislah nama fakultas tempat si pengarang berkuliah, lalu setelah itu diberi titik (.).
Setelah itu, barulah tulis nama perguruan tinggi, tanda titik dua (:) dan kota perguruan tinggi itu berasal. Contohnya: Muhammad A. 2019. Adaptasi Komunikasi 5G dalam Lingkup Perkembangan Industri Pertanian. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Sebelas Maret: Surakarta.
Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word
Anda juga bisa mencoba cara membuat daftar pustaka dengan menggunakan Microsoft Word. Berikut caranya:
- Buka dokumen Microsoft Word yang akan diberi daftar pustaka.
- Pada menu bar, klik menu “References”.
- Kemudian pada bagian Citations & Bibliography pilih “Insert Citation” lalu klik “Add New Source”. Namun pastikan dulu bagian “Style” Anda pilih opsi “APA”.
- Lalu akan muncul tampilan daftar pustaka. Isi pada semua kolom yang tersedia, dan klik OK.
- Pada bagian “Type Of Source” ada beberapa opsi yang bisa Anda pilih, yaitu: Book, Book Section, Journal Article, Article in a Periodical, Conference Proceeding, dan Report.
- Silakan sesuaikan dengan sumber yang Anda gunakan.