Lima Trik Pelaku Usaha Jastip Menangkan War Tiket Coldplay

Stevie Rae/Instagram Coldplay
Konser Coldplay di Inggris.
16/5/2023, 18.17 WIB

Presale tiket konser musik Coldplay di Jakarta akan berlangsung mulai besok Rabu (16/5). Penjualan tiket Coldplay tersebut diprediksi akan diserbu oleh calon penonton hingga terjadi war tiket.

War tiket atau perang tiket adalah sebuah istilah untuk berburu tiket konser musik, terutama yang memiliki basis penggemar besar. Disebut perang karena tak jarang tiket konser tersebut habis dalam sekejap, sehingga banyak yang gagal mendapatkannya.

Tak jarang calon penonton memilih menggunakan jasa titip atau jastip untuk mendapatkan tiket konser tertentu. Pasalnya, pelaku usaha jastip biasanya memiliki sejumlah trik dan pengalaman memenangkan perang tiket. Namun demikian, calon penonton harus membayar sejumlah biaya untuk menggunakan jasa mereka.

Salah satu pelaku usaha jastip war tiket, Linda Shafura, membagikan rahasianya untuk bisa memenangkan war tiket Coldplay. Berikut lima trik mendapatkan tiket Coldplay:

1. Persiapkan Data Identitas

Linda mengatakan, hal pertama yang perlu disiapkan dalam war tiket adalah data identitas dengan lengkap. Persiapan tersebut di antaranya Kartu Identitas Penduduk atau KTP, KK atau Kartu Keluarga,  nomor telepon, alamat lengkap, dan sebagainya.

Dia menyarankan agar data identitas tersebut telah siap sebelum waktu penjualan tiket dibuka.

"Jadi data yang dibutuhkan itu harus sudah disiapkan dan ada, karena setiap platform itu berbeda-beda kebutuhannya datanya. Seperti di tiket.com itu yang butuh seperti KK, KTP, bahkan terkadang membutuhkan akte lahir dan sebagainya," kata Linda saat dihubungi Katadata.co.id, Selasa (16/5).

Dia mengatakan, persiapan data sebelum memesan tiket sangat penting karena waktu pengisian identitas di platform pemesanan tiket hanya selama 15 menit. Jika waktu habis, calon penonton akan gagal untuk mendapatkan tiket konser tersebut.

"Jangan sampai nanti di saat waktu untuk war tiket, kita baru cari-cari datanya. Karena itu akan memakan waktu," kata dia.

2. Pastikan Kecepatan Internet

Linda mengatakan, kunci penting dalam memenangkan war tiket adalah memastikan jaringan internet dalam kondisi baik dan cepat. Jika internet lambat, calon penonton akan berpotensi kehilangan kesempatan mendapatkan tiket Coldplay yang hanya bisa dipesan di situs www.coldplayinjakarta.com.

3. Memiliki Skill Kecepatan Tangan

Dia mengungkapkan, rahasia selanjutnya untuk dapat memenangkan war tiket adalah dengan memiliki skill kecepatan tangan. Untuk bertarung dalam membeli tiket yang banyak peminatnya harus gesit dan tidak boleh bingung.

Menurut Linda, diperlukan banyak latihan agar terbiasa handal dalam memesan tiket. 

"Karena kalau kamu tidak terbiasa, nanti akan bingung saat proses pemesanan tiket. Tapi kalau misalnya kita sudah terbiasa, jadi tidak memakan waktu. Biasanya pada proses war tiket itu, 1 detik saja sangat sangat penting," ujarnya.

4. Pastikan Kategori Tiket yang Diinginkan

Tips yang keempat adalah, jangan sampai bingung untuk memilih kategori tiket. Pastikan Anda sudah mengetahui kategori tiket yang diinginkan beserta dengan harganya. Dengan demikian, Anda bisa langsung 'klik' dengan cepat tiket yang ingin dibeli saat war tiket.

5. Memantau Aplikasi Jam Dunia

Linda mengatakan, rahasia terpenting untuk bisa memenangkan war tiket khususnya Coldplay yang sangat banyak peminatnya yaitu dengan memantau aplikasi jam dunia. Pasalnya melalui aplikasi tersebut, Anda bisa melihat perubahan waktu per detiknya secara global atau dunia. Sehingga saat war tiket Anda tidak terlewatkan.

"Seringkali, orang yang ingin membeli tiket konser salah tangkap saat diminta untuk login ke platform pembelian tiket, misalnya war tiket di jam 10.00 WIB, mereka hanya fokus di jam 10.00 nya saja, tanpa memperhatikan pergerakan detiknya, sehingga membuat antrean mereka berada di nomor urut terakhir," kata dia. 

Waktu dan Harga Tiket

Coldplay akan melangsungkan konser di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, pada 15 November 2023.  Adanya kabar tersebut membuat masyarakat Indonesia antusias untuk menonton pertunjukan konser dari Chris Martin dan kawan-kawannya.

Bahkan  situs resmi Coldplay sempat down sesaat setelah pengumuman konser Tur Asia karena banyaknya penggemar yang langsung berburu informasi.

Penjualan tiket konser Coldplay di Jakarta akan dibagi menjadi dua jenis, yakni presale pada 17-18 Mei yang dikhususkan untuk pengguna BCA. Sedangkan untuk penjualan umum akan berlangsung pada 19 Mei 2023.

Harga pada setiap kategori pun sudah diumumkan oleh promotor yakni PK Entertainment yaitu berkisar antara Rp 800.000 hingga Rp 11 juta per tiket. Adapun rincian harga pada konser Coldplay seperti tertera dalam grafik.

Reporter: Nadya Zahira