Surat paklaring adalah surat keterangan yang menyatakan bahwa seseorang pernah bekerja di sebuah perusahaan dengan jabatan tertentu. Berkenaan dengan itu, menarik memahami cara membuat paklaring kerja.
Surat paklaring kerap dibutuhkan oleh karyawan dalam kondisi tertentu. Contohnya sebagai surat rekomendasi yang menerangkan pengalaman dan lain sebagainya. Pembuatan surat paklaring kerja harus sesuai standar dan format agar lebih mudah dipahami setiap pembaca. Simak cara membuat paklaring kerja dalam uraian berikut ini.
Cara Membuat Paklaring Kerja
Langkah-langkah di bawah ini perlu diperhatikan agar format surat paklaring kerja lebih rinci dan jelas. Berikut langkah-langkah dalam cara membuat paklaring kerja selengkapnya.
1. Mengajukan Ke Bidang Personalia
Cara membuat paklaring kerja yang pertama adalah mengajukan ke divisi yang menangani urusan di bidang personalia. Pengajuan ini dapat dilakukan secara lisan maupun tertulis sesuai dengan kebijakan perusahaan.
Nantinya perusahaan akan membuat surat paklaring kerja yang memuat identitas perusahaan, identitas karyawan, masa kerja, jabatan yang dipegang, dan lain sebagainya. Karyawan cukup memastikan kebenaran data yang tercantum dalam surat tersebut jika surat paklaring sudah selesai dibuat.
2. Pastikan Surat Paklaring Mengikuti Format Surat Paklaring Kerja
Surat paklaring kerja wajib sesuai dengan format yang standar. Berikut ini rincian format beserta penjelasan lengkapnya.
Kop Surat
Kop surat merupakan identitas pihak yang mengeluarkan surat paklaring. Kop surat berisi nama perusahaan, alamat email, lokasi, logo, dan lembaga atau instansi yang menaungi jika ada.
Nomor Surat
Adapun format dalam surat paklaring berikutnya adalah nomor surat. Nomor surat merupakan identitas surat sehingga dapat diketahui surat ke berapa yang keluar dan dari divisi mana yang mengeluarkannya. Hal ini mempermudah perusahaan dalam mencari arsipnya tanpa harus membuat lagi.
Isi Surat
Isi surat merupakan muatan surat paklaring yang paling utama. Di dalamnya terdapat identitas karyawan yang bersangkutan, jabatan yang dipegang, masa bekerja, informasi terkait pengalaman kerja tersebut dan lain sebagainya.
Pengesahan Perusahaan
Surat paklaring wajib memuat pengesahan dari perusahaan. Hal ini sebagai tanda informasi dalam surat keterangan paklaring tersebut adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan.
Pengesahan ini berupa tanda tangan dari perwakilan perusahaan, stempel dari orang yang berwenang dan memuat identitas perusahaan. Tak lupa juga identitas dari orang yang memberikan tanda tangan tersebut.
Beda Paklaring dengan Surat Keterangan Pengalaman Kerja
Setelah memahami cara membuat paklaring kerja, perlu juga membedakan memahami perbedaan antara surat paklaring dan surat keterangan pengalaman kerja. Hal ini perlu dipahami lantaran masih banyak yang menganggapnya sama karena beberapa isi di dalamnya.
Surat keterangan pengalaman kerja adalah surat pernyataan bahwa karyawan pernah bekerja di sebuah perusahaan dengan jangka waktu tertentu. Surat keterangan pengalaman kerja diberikan ketika karyawan masih bekerja di perusahaan tersebut. Selain itu, surat ini pada umumnya mensyaratkan kolom perihal yang menerangkan tujuan pembuatan surat tersebut.
Sementara itu, surat paklaring kerja adalah surat yang menyatakan karyawan bekerja dalam perusahaan tersebut. Di dalamnya terdapat keterangan berupa identitas karyawan, jangka waktu kerja dan jabatan yang dipegangnya. Surat paklaring kerja dibuat ketika karyawan sudah tidak bekerja lagi di perusahaan tersebut.
Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui perbedaan surat paklaring kerja dan surat keterangan pengalaman kerja adalah waktu penerbitan surat tersebut. Hal ini berkaitan dengan apakah karyawan masih bekerja atau sudah tidak bekerja lagi dalam perusahaan tersebut.
Contoh Surat Paklaring Kerja
[Kop perusahaan yang memuat identitas perusahaan berupa nama, alamat, alamat email, nomor hp, nomor telepon kantor, dan logo]
Nomor Surat:
Surat Paklaring
Yang bertandatangan di bawah ini:
Nama :
Jabatan :
Alamat :
Menerangkan dengan sebenar-benarnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini:
Nama :
Jabatan :
Alamat :
Nomor Telepon:
Merupakan karyawan di [tulis nama perusahaan] sejak [tanggal mulai bekerja] hingga [tanggal berakhir kerja] dengan jabatan sebagai [tulis nama jabatan].
Dalam bekerja, saudara [tulis nama karyawan] telah bekerja dengan baik, berprestasi, loyal, berdedikasi tinggi, bertanggung jawab kepada perusahaan. Karyawan tersebut juga tidak pernah melakukan hal yang merugikan perusahaan maupun tindak pidana lainnya.
Adapun prestasi yang pernah diberikannya kepada perusahaan yakni sebagai berikut:
1. [tulis nama prestasi, baik yang diberikan suatu lembaga atau instansi maupun bentuk progresivitas dan dukungannya terhadap perusahaan]
2. [tulis nama prestasi, baik yang diberikan suatu lembaga atau instansi maupun bentuk progresivitas dan dukungannya terhadap perusahaan]
Dengan surat ini kami selaku perusahaan menjelaskan bahwa karyawan tersebut telah [mengundurkan diri atau diberhentikan dengan hormat]. Kami berterima kasih atas kinerja dan dedikasi yang diberikan selama ini. Semoga yang bersangkutan menjadi lebih baik di kesempatan lainnya.
[lokasi, hari, tanggal, bulan, tahun]
[jabatan pihak yang berwenang]
[tandatangan dan stempel perusahaan]
[nama pihak yang berwenang]
[nomor identitas pihak yang berwenang]
Demikian penjelasan mengenai cara membuat paklaring kerja beserta format dan hal-hal yang perlu diperhatikan. Selanjutnya dapat diketahui pula surat paklaring kerja berbeda dengan surat keterangan kerja dari perusahaan.