9 Inspirasi Hadiah untuk Guru Saat Perpisahan

Pexels
Ilustrasi, guru sedang mengajar.
Editor: Agung
21/6/2023, 11.46 WIB

Hadiah untuk guru menjadi salah satu cara untuk memberikan kenangan indah. Hadiah tersebut dapat berupa puisi, kado, peralatan tulis menulis, atau apapun itu. Berkenaan dengan hal tersebut, menarik menilik inspirasi hadiah untuk guru saat perpisahan.

Saat perpisahan sekolah, para siswa tak hanya berpisah dengan sahabat dan teman lainnya, tetapi juga guru. Kado perpisahan untuk guru hendaknya merupakan hal-hal yang manis dan terkenang.

Memperoleh ide kado perpisahan untuk guru tidaklah sulit. Simak contoh-contoh hadiah untuk guru saat perpisahan sebagai tanda kasih dan sayang berikut ini.

Hadiah untuk Guru Saat Perpisahan (Pexels)

Ide Hadiah untuk Guru Saat Perpisahan

Hadiah untuk para guru tidak harus berupa barang-barang yang mahal. Pada dasarnya, guru akan tetap senang menerima pemberian para siswanya. Berikut ini inspirasi hadiahnya sebagai tanda terima kasih.

1. Peralatan Tulis Menulis

Alat tulis menjadi hadiah untuk guru saat perpisahan yang pasti dibutuhkan. Pasalnya, alat tulis berupa pensil dan pulpen menunjang profesi guru tersebut.

Tak hanya itu, alat tulis lainnya juga dapat berupa spidol papan tulis, papan tulis, penghapus papan tulis, dan lain sebagainya. Justru kado berupa alat-alat seperti inilah yang akan bernilai guna.

2. Dompet

Inspirasi hadiah untuk guru saat perpisahan yang berikutnya adalah dompet. Dompet yang cocok dengan karakter guru akan membuat guru senang mengenakannya. Para siswa dapat mengumpulkan uang bersama dan membelikan guru sebuah dompet. Dompet ini akan digunakan dalam jangka panjang dan guru pun akan teringat dengan murid-muridnya.

3. Hiasan Dinding Kelas

Inspirasi hadiah untuk guru saat perpisahan yang selanjutnya adalah hiasan dinding kelas. Hiasan tersebut dapat berupa vas dinding, bunga pajangan, bingkai foto bersama murid, dan juga jam dinding.

Hiasan dinding tersebut akan selalu membuat guru teringat dengan para muridnya. Oleh karena itulah, hiasan dinding juga menjadi hadiah yang tepat dan berkesan.

4. Surat dan Puisi untuk Guru

Adapun hadiah untuk guru saat perpisahan yang tak kalah menarik adalah surat dan puisi yang ditujukan untuk guru. Surat dan puisi yang penuh kasih sayang akan membuat siapapun senang membacanya.

Guru akan menyimpan surat dan puisi tersebut di kelas atau di buku pribadinya. Ketika melihat surat tersebut, guru akan teringat dengan kata-kata tulus dan penuh kasih sayang dari para siswanya.

Hadiah untuk Guru Saat Perpisahan (Pexels)

5. Kue

Kue juga menjadi salah satu jenis hadiah untuk guru saat perpisahan yang menarik. Kue buatan para murid akan membuat guru tersebut bangga.

Kue merupakan wujud dari rasa cinta dan kasih sayang. Apalagi jika kue itu dihias dengan sangat menarik. Guru pun pasti senang menerima hadiah tersebut.

6. Perlengkapan Ibadah

Guru akan senang jika menerima hadiah berupa perlengkapan ibadah. Inspirasi hadiah untuk guru saat perpisahan ini membuat guru semakin tenang dan bahagia ketika mengenakannya.

Berikan sebuah sajadah, mukena, atau sarung bagi guru yang beragama muslim. Bahkan siswa juga dapat memberikan Al Quran sebagai tanda kasih sayangnya.

7. Buku

Buku adalah jendela dunia dan membuat siapapun terbuka pikirannya. Oleh sebab itulah, salah satu inspirasi hadiah untuk guru saat perpisahan kali ini adalah buku.

Buku yang diberikan kepada guru dapat berupa buku tentang pengembangan diri, tips mengajar, hal-hal unik untuk mengajar, dan lain sebagainya. Guru akan terkenang dengan para muridnya saat membaca dan mempraktikkan isi buku tersebut.

8. Tas Kerja

Selain itu, para siswa juga dapat memberikan hadiah untuk guru saat perpisahan berupa tas kerja. Tas ini akan digunakan oleh guru ketika mengajar, sehingga membuat guru selalu teringat dengan para muridnya.

Pastikan tas tersebut memiliki kapasitas yang cukup berisi buku dan peralatan lainnya seperti laptop. Kado ini tidak hanya membuat guru terkenang dengan murid tetapi juga terbantu aktivitasnya.

9. Rekaman Ucapan

Adapula hadiah untuk guru saat perpisahan yang lainnya dan tak kalah berkesan yakni sebuah rekaman. Rekaman dari para murid yang berisi kata-kata indah dapat disampaikan ke guru dalam bentuk apapun.

Rekaman tersebut dapat disampaikan dalam bentuk CD, kaset, flash disk, voice note di aplikasi WhatsApp, atau yang lainnya. Namun agar lebih berkesan, simpan rekaman tersebut pada sebuah flash disk atau CD. Kemudian hias dengan kartu-kartu ucapan yang manis.

Rekaman tersebut dapat berupa doa dan harapan dari murid-murid kepada gurunya. Selain itu, rekaman itu juga dapat berupa ucapan terima kasih untuk guru dari para murid.

Hadiah untuk Guru Saat Perpisahan (Pexels)

Tips agar Perpisahan dengan Guru Meninggalkan Kesan yang Indah

Perpisahan dengan guru menjadi momen yang menyedihkan tetapi sekaligus membahagiakan. Pasalnya, perpisahan adalah tanda bahwa semua jasa guru telah berhasil membuat para siswa lulus dan tidak ada lagi kesempatan sang guru mengajar seperti jenjang pendidikan tersebut di lain waktu.

Meski demikian, ada cara agar perpisahan meninggalkan kesan yang indah. Simak tipsnya poin-poin berikut:

  1. Memberikan barang kenang-kenangan.
  2. Selalu menghubungi guru di waktu senggang.
  3. Bersilaturahmi ke rumah guru ketika hari raya Idul Fitri.
  4. Mengirimkan hadiah kecil ke rumah guru.
  5. Turut membantu keluarga guru tersebut di masa depan. Contohnya yakni ketika siswa sudah menjadi dosen, kemudian anak guru tersebut diajari dengan baik.

Itulah sederet inspirasi hadiah untuk guru saat perpisahan dan tips agar perpisahan berkesan.