Dalam melamar pekerjaan, terdapat beberapa dokumen penting selain CV yang sebaiknya dicantumkan. Salah satunya yaitu surat keterangan kerja
Surat keterangan kerja sendiri dapat diartikan sebagai salah satu surat rekomendasi yang diberikan di tempat kerja sebelumnya yang biasanya berisi keterangan posisi yang ditempati dalam perusahaan tersebut.
Surat keterangan kerja ini hanya bisa dikeluarkan oleh bagian HRD atau personalia sebagai bagian yang berwenang untuk mengeluarkannya.
Dengan surat ini, pelamar bisa memanfaatkannya untuk meyakinkan recruiter ketika mendaftar pekerjaan. Selain itu, surat ini dapat menjadi referensi bagi recruiter untuk mengetahui riwayat pekerjaan kamu di posisi sebelumnya.
Untuk informasi lebih lengkapnya, simak ulasan mengenai surat keterangan kerja lainnya berikut ini.
Fungsi Surat Keterangan Kerja
Surat keterangan kerja memiliki beberapa fungsi yang tak kalah penting dengan dokumen administratif lainnya, yaitu:
1. Sebagai Berkas Pelengkap saat Melamar Pekerjaan
Surat keterangan kerja dapat digunakan sebagai berkas pelengkap untuk melamar di perusahaan lain. Surat ini akan menjadi bukti tertulis mengenai posisi dan jabatan Anda dalam perusahaan sebelumnya.
Umumnya, surat ini akan dikeluarkan apabila Anda sudah menempati posisi tingkat menengah atau supervisor dalam sebuah perusahaan.
2. Sebagai Syarat Menarik Dana BPJS Kesehatan
Surat keterangan kerja juga dapat menjadi salah satu syarat menarik dana BPJS Ketenagakerjaan. Syaratnya adalah dengan melampirkan surat keterangan bekerja dari perusahaan yang asli beserta foto copy-nya.
3. Syarat Pengajuan Beasiswa
Beberapa beasiswa menjadikan surat keterangan kerja sebagai salah satu syarat pengajuannya. Hal ini dikarenakan beberapa beasiswa mengharuskan calon penerimanya untuk memiliki pengalaman kerja terlebih dahulu.
4. Syarat Mengajukan Pinjaman Bank
Terakhir, surat keterangan kerja juga bisa dijadikan sebagai syarat dalam pengajuan pinjaman bank. Umumnya, hal ini digunakan untuk pinjaman jangka panjang sehingga pihak bank membutuhkan surat tersebut sebagai bukti tertulis bahwa Anda benar-benar bekerja pada perusahaan tersebut dan diproyeksikan mampu membayar pinjaman.
Struktur Surat Keterangan Kerja
Surat keterangan kerja merupakan salah satu jenis surat keterangan yang bersifat resmi sehingga memiliki struktur tertentu. Mengutip situs HR Note Asia, berikut ini struktur dan isi surat keterangan kerja, antara lain:
1. Kepala atau Kop Surat
Kepala surat biasanya terdiri dari nama perusahaan, logo, alamat, dan nomor telepon. Konfirmasikan jika kop surat yang ada di surat keterangan kerja adalah resmi dari perusahaan Anda bekerja.
2. Perihal Surat
Perihal surat biasanya berisi keterangan surat, nomor surat, dan juga tanggal dibuatnya surat. Bagian ini biasanya terletak di bawah sebelah kiri dan berisikan tentang surat keterangan kerja.
3. Isi Surat
Isi surat adalah penjelasan lengkap mengenai karyawan yang bersangkutan. Pada bagian ini biasanya memuat nama karyawan, jabatan terakhir, rentang waktu kerja karyawan, alasan karyawan mengundurkan diri atau di-PHK, dan penilaian kerja dari perusahaan.
3. Penutup Surat
Terakhir yaitu penutup surat yang mengandung keterangan pembuatan surat seperti kota dan tanggal, nama dan tanda tangan pimpinan berwenang, serta cap perusahaan. Stempel perusahaan menandakan bahwa surat keterangan kerja tersebut diterbitkan secara resmi dan bisa digunakan.
Contoh Surat Keterangan Kerja
Berikut ini empat contoh surat keterangan kerja untuk berbagai keperluan yang bisa dipelajari sebagai referensi
1. Contoh Surat Keterangan Kerja Perusahaan
SURAT KETERANGAN KERJA NO: .../.../.../...
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama:
Jabatan:
Alamat:
Dengan ini menerangkan bahwa yang bersangkutan di bawah ini:
Nama:
Jabatan:
Alamat:
Bahwasanya yang bersangkutan memang benar-benar menjadi karyawan dari ... terhitung sejak tanggal ... sampai ... . Yang mana saat ini masih menjabat bagian ... di perusahaan kami.
Dengan surat ini diharapkan dapat menerangkan dengan benar-benar yang bersangkutan masih bekerja atau menjadi karyawan dari ... .
Demikian surat keterangan kerja ini dibuat, semoga dapat digunakan sebagaimana mestinya.
(Kota, dan tanggal)
(Tanda tangan, nama)
2. Contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan untuk KPR
PT. RUMAH INDAH KARAWANG
Jalan Perumnas Raya Kav 5 No.8 Karawang
Telp 0267 7089876 Fax. 0267 234323
No: 01/SKK/PT. RIK/12/2019
Perihal: Surat Keterangan Kerja
Saya yang bertanda tangan dibawah ini
Nama : Salimin Alexander
Jabatan : Direktur PT Rumah Indah Karawang
Dengan ini menerangkan bahwa:
Nama : Ridwan Malik
Alamat : Jl. Sahid Raya 20 Karawang
NIP : 77304555667
Jabatan : Staff Administrasi PT Rumah Indah Karawang
Dengan ini menyampaikan bahwa saudara yang bernama Ridwan Malik memang menjadi karyawan tetap di PT. Rumah Indah Karawang. Saudara Ridwan tersebut sudah bekerja sejak 20 Juli 2019 sampai sekarang.
Surat keterangan kerja ini diterbitkan sebagai persyaratan pengurusan KPR. Semua hal yang berkaitan dengan pembayaran atas tagihan KPR menjadi tanggung jawab karyawan tersebut di atas.
Demikian surat keterangan kerja ini kami buat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Hormat Kami
Direktur
PT Rumah Indah Karawang
Salimin Alexander
3. Contoh Surat Keterangan Kerja Instansi Pemerintah
KOP SURAT
SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Nomor: ...
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: ...
NIP: ...
Jabatan: ...
Unit Kerja/Instansi: ...
Dengan ini menerangkan bahwa:
Nama Lengkap: ...
Tempat/Tanggal Lahir: ...
Pendidikan: ...
Unit Kerja/Instansi: ...
Telah melakukan tugas sebagai ... yang relevan dengan jabatan yang dilamar yaitu ... selama ... tahun ... bulan, terhitung mulai tanggal ... sampai dengan tanggal ... dan berkinerja dengan baik.
Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sesungguhnya dan sebenar-benarnya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya
(Kota, tanggal)
(Tanda tangan)
(Nama)
4. Contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan untuk NPWP
PT. Amanah Nasional Indonesia
Ruko Sinar Jaya Kav. 8, Jalan Sinar Mas 50
Semarang, Jawa Tengah
Perihal: Surat Keterangan Kerja
Nomor: RM/01/12/2021
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Indah Malika
NIP/NIK : 123489765
Jabatan : Supervisor
Perusahaan : PT Amanah Nasional Indonesia
Alamat : Ruko Sinar Jaya Kav. 8, Jalan Sinar Mas 50
Menerangkan bahwa :
Nama : Suryania
NIP/NIK : 012346789
Tempat/Tanggal Lahir: Yogyakarta, 7 Juli 1993
Alamat : Jl. Sinar Mas No. 13 RT 01/05 Semarang Tengah, Semarang.
Telah bekerja sebagai Asisten Supervisor di PT. Amanah Nasional Indonesia terhitung sejak Desember 2011 sampai dengan sekarang. Surat keterangan kerja ini kami buat untuk digunakan sebagai syarat pengajuan pembuatan NPWP oleh saudari Suryania.
Demikian surat keterangan kerja ini dibuat sebenar-benarnya untuk digunakan sebagaimana mestinya.
Semarang, 15 Maret 2021
Supervisor,
Indah Malika