Menilik Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 2 Halaman 160 - 163

Freepik
Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 2 Halaman 160
Penulis: Anggi Mardiana
Editor: Agung
14/11/2023, 08.40 WIB

Kunci jawaban IPA kelas 8 semester 2 halaman 160- 163 bisa Anda gunakan sebagai materi belajar di rumah. Tentunya ada banyak materi pelajaran IPA dan siswa SMP harus rajin belajar agar bisa menguasai seluruh materi dengan baik.

Cara belajar yang cukup efektif ialah dengan mengerjakan soal. Dari sana akan terlihat materi apa saja yang sudah dikuasai dan belum. Dalam pelajaran IPA kelas 8 semester 2 pada halaman 160-163, siswa akan diberikan soal mengenai Getaran dan Gelombang.

Telinga merupakan fonoreseptor yaitu reseptor yang dapat memberikan tanggapan mengenai gelombang suara. Untuk kunci jawaban IPA kelas 8 semester 2 halaman 160- 163 bis Anda ketahui dalam ulasan berikut ini.

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 2 Halaman 160 - 163 Uji Kompetensi 10

Kunci Jawaban Ipa Kelas 8 Semester 2 Halaman 160 - 163 (Freepik)

Pada dasarnya kunci jawaban dibuat untuk membantu mengerjakan soal IPA kelas 8 semester 2 halaman 160 -163. Dengan begitu, Anda bisa menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru mengenai Getaran dan Gelombang. Berikut kunci jawabannya:

  • Bagian A

1. Perhatikan gambar irisan telinga berikut ini! Gendang telinga, saluran eustachius, dan saluran setengah lingkaran ditunjukkan secara berturut-turut dengan huruf ....

  1. P, S, dan R
  2. P, R, dan T
  3. R, S, dan T
  4. P, S, dan T

Jawaban: C) R, S, dan T

2. Pada saat mendengar suara yang sangat keras, sebaiknya kita membuka mulut. Tujuan dari tindakan tersebut adalah ....

  1. Dapat bernapas lega
  2. Tekanan udara telinga tengah sama dengan telinga luar
  3. Suara dapat masuk ke rongga mulut
  4. Gelombang suara keras terpecah masuk ke dalam tubuh

Jawaban: B) Tekanan udara telinga tengah sama dengan telinga luar

3. Berikut ini adalah struktur yang terdapat dalam telinga manusia:

(1) daun telinga
(2) saluran telinga
(3) gendang telinga  
(4) tulang sanggurdi
(5) tulang landasan
(6) tulang martil
(7) koklea
(8) saraf pendengaran

Setelah gelombang bunyi sampai di telinga, agar bunyi dapat didengar, getaran berturut-turut melalui struktur bernomor ....

  1. (1)-(2)-(3)-(6)-(5)-(4)-(7)-(8)
  2. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)-(7)-(8)
  3. (1)-(2)-(3)-(6)-(4)-(5)-(7)-(8)
  4. (1)-(2)-(3)-(5)-(4)-(6)-(7)-(8)

Jawaban: A) (1)-(2)-(3)-(6)-(5)-(4)-(7)-(8)

Gelombang suara akan masuk melalui daun telinga, melawatu saluran telinga, dan menggetarkan gendang telinga. Getaran dari gendang telinga akan ditransmisi ke telinga tengah.

Lalu melewati tulang martil, landasan, dan sanggurdi. Getaran akan ditransmisi ke koklea lewat membran jendela oval. Di dalam klokea terdapat cairan limfa yang digunakan untuk perambatan getaran yang kemudian diterima oleh organ korti, lalu diteruskan ke otak.

4. Sebuah bandul digetarkan selama 1 menit sehingga menghasilkan 40 getaran. Periode bandul tersebut adalah ... sekon.

  1. 1,5
  2. 0,33
  3. 0,25
  4. 0,15

t = 1 menit = 60 sekon
n = 40

T = t / n = 60 / 40 = 1½ atau 1,5

Jawaban: A) 1,5

5. Perbedaan yang mendasar antara gelombang transversal dan gelombang longitudinal adalah ....

  1. frekuensinya
  2. amplitudonya
  3. arah rambatnya
  4. panjang gelombang

Jawaban: C) Arah rambatnya

Gelombang transversal (tegak lurus) dan gelombang longitudinal (sejajar) memiliki ciri yang mencolok, yakni arah rambatnya.

6. Sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 m/s. Jika frekuensi gelombang adalah 50 Hz, panjang gelombang dari gelombang tersebut adalah ... m.

  1. 6,8
  2. 6,7
  3. 6,6
  4. 6,5

Jawaban: A) 6,8

7. Perbedaan antara gema dan gaung terletak pada ...

  1. Jarak sumber bunyi dengan pendengar
  2.  Jarak sumber bunyi dengan dinding pemantul
  3. Amplitudo dan frekuensinya
  4. Kelengkapan kata yang terdengar

Gema dan gaung terjadi di ruang yang memiliki besar berbeda sehingga akan mempengaruhi waktu yang dibutuhkan agar bunyi pantul terdengar.

Jawaban: B) Jarak sumber bunyi dengan dinding pemantul

8. Dari permukaan air laut, sinyal bunyi dikirim ke dasar laut. Sinyal tersebut diterima kembali setelah 12 sekon. Jika cepat rambat bunyi dalam air adalah 1.800 m/s, maka kedalaman laut di tempat itu adalah ... m.

  1. 5.400
  2. 8.100
  3. 10.800
  4. 21.600

Jawaban: C) 10.800

9. Telinga manusia normal mampu mendengar bunyi yang memiliki frekuensi ... Hz.

A. Kurang dari 20
B. Lebih dari 20.000
C. Antara 20-20.000
D. Lebih dari 200.000

Jawaban: C) Antara 20-20.000

10. Sebuah kolom udara memiliki panjang 40 cm. Jika garpu tala mempunyai frekuensi 320 Hz, maka besarnya cepat rambat gelombang bunyi di udara pada saat terjadi resonansi pertama adalah ... m/s.

A. 511
B. 512
C. 513
D. 515

Diketahui:

l = 40 cm = 0,4 m
f = 320 Hz

λ = l / 4
λ = 0,4 / 4 = 1,6 m

v = λ x f = 1,6 x 230 = 512 m/s

Jawaban: B) 512 m/s

  • Bagian B

1. Gambar

a. Berapa jumlah gelombang?
Perlu diketahui bahwa satu gelombang terdiri dari satu bukit dan satu lembah. Pada gambar ada dua bukit dan 1 lembah, maka terdapat 1½ gelombang pada soal.

b. Tentukan amplitudo gelombang
Amplitudo dari gelombang tersebut adalah 2 cm.

c. Tentukan periode gelombang
T = t : n = 2¼ detik : 1½ = 1½ detik

d. Tentukan panjang gelombang
λ = s : n = 30 cm : 1½ = 20 cm = 0,2 m

e. Tentukan cepat rambat gelombang (v)
v = λ : T = 0,2 m : 1½ detik = 0,133 m/detik

f. Tentukan jumlah gelombang selama dua menit (n)
n = t : T = 2 menit : 1½ detik = 120 detik : 1½ detik = 80 gelombang.

2. Saat cuaca mendung seorang anak mendengar bunyi guntur 1,5 detik setelah terlihat kilat. Jika cepat rambat bunyi di udara adalah 320 m/s, tentukan jarak sumber petir dari anak tersebut!

Diketahui:
t = 1½ s
v = 320 m/s

Jawaban:

s = v x t = 320 m/s x 1½ s = 480 m

Sehingga, jarak anak ke sumber petir adalah 480 m.

3. Sekarang ini banyak teknologi baru yang memanfaatkan sistem sonar. Menurut kamu adakah dampak negatif penggunaan sistem sonar ini dalam perkembangan teknologi?

Jawaban: Dampak negatif sonar dapat merusak pendengaran hewan dan otak

4. Pernahkah kamu berdiri di trotoar jalan kemudian mendengar suara sirene mobil ambulans? Saat mobil berada di kejauhan bunyi sirene mobil terdengar pelan.

Ketika mobil bergerak mendekati kamu, bunyi akan terdengar semakin keras kemudian bunyi sirene mobil akan terdengar melemah lagi setelah mobil menjauh. Dapatkah kamu menjelaskan mengapa bunyi sirene mobil berubahubah ketika mobil bergerak mendekati/menjauhi kamu?

Jawaban: Peristiwa yang terjadi saat ada pendengar yang diam dan mendengar suara sirine yang bergerak merupakan contoh peristiwa efek Doppler, dimana pendengar akan mendengar frekuensi suara yang berubah-ubah sesuai perubahan posisi pendengar terhadap sumber suara.

5. Apabila kita menjatuhkan benda keras (misalnya batu atau besi) ke lantai, akan terdengar bunyi.

a. Menurut pendapatmu, apakah bunyi dapat dipantulkan?

Ya, bunyi termasuk golongan gelombang longitudinal yang dapat diserap atau dipantulkan.

b. Bedakan antara pemantulan bunyi di dalam ruangan kosong dengan pemantulan suara ketika berteriak pada dinding tebing!

Pemantulan bunyi pada ruang kosong akan mengakibatkan peristiwa gaung, yang mana suara pantul akan terdengar tidak jelas karena terdengar hampir bersamaan dengan bunyi asli.

Sementara pemantulan bunyi pada dinding tebing akan mengakibatkan peristiwa gaung. Suara pantul akan terdengar jelas karena untuk sampai ke pendengar suara pantul membutuhkan waktu cukup lama untuk merambat.

c. Apakah proses pemantulan bunyi dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari? Berikan contohnya!

Ya, beberapa alat diciptakan dengan memanfaatkan proses pemantulan bunyi, contohnya alat USG dan sonar pada kapal.

d. Bagaimana cara kerja sonar?

Sonar memiliki bagian yang bernama transduser untuk memancarkan gelombang ultrasonik dan detektor untuk menangkap gelombang pantul.

Transduser akan memencarkan gelombang ke dalam lautan, lalu gelombang akan memantul jika mengenai suatu benda. Gelombang pantulan tersebut kemudian akan ditangkap oleh detektor.

Waktu yang dibutuhkan mulai dari pemancaran gelombang sampai gelombang diterima oleh detektor dapat digunakan untuk menghitung kedalaman laut.

Sekilas tentang Getaran dan Gelombang

Setelah mengetahui kunci jawaban IPA kelas 8 semester 2 halaman 160 - 163, pahami juga perbedaan antara getaran dan gelombang. Berikut penjelasannya:

1. Getaran

Getaran merupakan gerak bolak-balik yang terjadi di sekitar titik keseimbangan. Suatu benda bisa dikatakan bergetar jika dalam satu kali getaran penuh benda-benda bergerak dari titik awal dan kembali ke titik awal tersebut.

Contohnya ada sebuah bandul, awalnya bandul itu diam di titik keseimbangannya. Bisa dibilang titik keseimbangannya ialah titik di mana benda berada dalam posisi diam jika tidak diberi gaya atau gangguan.

Dinamakan satu kali getaran penuh saat benda bergerak dari titik A-B-C-B-A atau dari titik C-B-A-B-C (bolak-balik). Pada bandul terdapat simpangan terjauh yaitu titik A dan C yang dinamakan sebagai amplitude (jarak BC). Sementara titik B merupakan titik setimbang dan jarak dari titik B pada selang waktu tertentu disebut simpangan.

2. Gelombang

Ilustrasi Rumus Panjang Gelombang (zenius.com)



Gelombang merupakan gangguan yang merambatkan energi dari satu titik ke titik lainnya. Bisa diartikan juga sebagai perambatan energi getaran dari satu titik ke titik lainnya. Untuk lebih memahami materi gelombang, coba bayangkan sebuah kolam.

Tadinya air di kolam tersebut tampak tenang namun setelah melemparkan batu ke dalamnya akan muncul riak-riak atau gelombang yang bergerak ke pinggir kolam. Riak-riak itu dalam Fisika dikenal sebagai gerak gelombang.

Demikian kunci jawaban IPA kelas 8 semester 2 halaman 160 - 163. Jika Anda ragu, sebaiknya periksa kembali dan coba pahami mengenai materi Getaran dan Gelombang sebelum mengisi latihan soalnya.