Hari Satwa Liar Sedunia, Sejarah dan Signifikansi Perayaannya

Sankar S
Ilustrasi, Harimau.
Penulis: Agung Jatmiko
1/3/2024, 13.14 WIB

Hari Satwa Liar Sedunia atau World Wildlife Day, yang diperingati setiap 3 Maret, merupakan perayaan internasional untuk mengingatkan setiap individu tentang tantangan yang dihadapi oleh keanekaragaman hewan di dunia.

Hari yang diakui secara internasional ini, berfungsi sebagai seruan bagi konservasi satwa liar dan habitatnya, serta mendesak individu dan negara untuk mengambil tindakan.

Sejak dimulai oleh Majelis Umum PBB pada 2013 lalu, Hari Satwa Liar Sedunia telah menjadi platform global untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga warisan alam. Perayaan ini juga sekaligus pengingat perlunya praktik berkelanjutan untuk menjamin kelangsungan hidup spesies yang tak terhitung jumlahnya.

Pentingnya hari internasional untuk satwa liar ini, lebih dari sekadar peringatan. Melainkan, juga berfungsi sebagai seruan untuk bertindak, baik bagi individu, komunitas, pemerintah, dan organisasi, untuk bersatu dalam membela satwa liar.

Hari Satwa Liar Sedunia (ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga/nym)

Sejarah Hari Satwa Liar Sedunia

World Wildlife Day ditetapkan oleh Majelis Umum PBB melalui sidang sesi ke-68 pada 20 Desember 2013. Hari internasional ini, ditetapkan untuk meningkatkan kesadaran tentang satwa dan tumbuhan liar di dunia.

Selain itu Hari Satwa Liar Sedunia juga ditetapkan, untuk menyoroti pentingnya upaya konservasi untuk melindungi mereka untuk generasi mendatang.

Alasan mengapa tanggal 3 Maret dipilih sebagai tanggal perayaannya, adalah untuk memperingati diadopsinya Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Fauna dan Flora Liar yang Terancam Punah atau Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES) pada 1973.

Ini adalah perjanjian internasional yang bertujuan untuk mengatur, dan memantau perdagangan spesies yang terancam punah. dan memastikan kelangsungan hidup mereka.

Sejak awal penetapannya, Hari Satwa Liar Sedunia telah dirayakan setiap tahun dengan berbagai acara, kampanye, dan inisiatif yang diselenggarakan di seluruh dunia.

Seluruhnya untuk mempromosikan konservasi satwa liar, serta  untuk mengatasi masalah mendesak yang dihadapi spesies yang terancam punah dan habitatnya.

Signifikansi Perayaan Hari Satwa Liar Sedunia

World Wildlife Day menyoroti isu-isu mendesak seputar satwa liar, serta mendorong upaya untuk melindungi dan melestarikan keanekaragaman hayati yang berharga di planet kita. Adapun, beberapa signifikansi dari perayaan hari internasional ini, antara lain:

1. Mendorong Kesadaran dan Mengedukasi

Perayaan Hari Satwa Liar Sedunia berfungsi sebagai platform untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya konservasi satwa liar dan ancaman yang dihadapi berbagai spesies dan habitatnya.

Dengan mendidik masyarakat tentang nilai satwa liar, hal ini mendorong individu dan komunitas untuk mengambil tindakan untuk melindungi dan melestarikannya

2. Mendorong Kerjasama Internasional

Hari Satwa Liar Sedunia mempromosikan kolaborasi dan kerja sama antar pemerintah, organisasi, dan individu di seluruh dunia untuk mengatasi tantangan konservasi satwa liar.

Ini memberikan kesempatan bagi para pemangku kepentingan untuk berkumpul, berbagi pengetahuan, dan bekerja menuju tujuan bersama.

3. Advokasi Kebijakan

Hari perayaan internasional ini membantu mengadvokasi kebijakan dan inisiatif yang mendukung konservasi satwa liar dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan.

Perayaan Hari Satwa Liar Sedunia diharapkan mendorong para pembuat kebijakan untuk memprioritaskan upaya konservasi, serta memberlakukan undang-undang untuk melindungi spesies yang terancam punah dan habitatnya.

Hari Satwa Liar Sedunia (Save The Saola)

4. Mendorong Upaya Konservasi Keanekaragaman Hayati

Satwa liar memainkan peran penting dalam menjaga keanekaragaman hayati dan kesehatan ekosistem. Berkenaan dengan hal tersebut, Hari Satwa Liar Sedunia menekankan pentingnya melestarikan keanekaragaman hayati demi kesejahteraan satwa liar dan manusia.

Melestarikan satwa liar membantu menjaga keseimbangan ekologi, mendukung jasa ekosistem, dan menjamin kelangsungan hidup generasi mendatang

5. Pengingat Keterkaitan Satwa Liar dan Budaya

Satwa liar memiliki makna budaya dan spiritual bagi banyak komunitas di seluruh dunia. Hari internasional ini merayakan keanekaragaman budaya satwa liar, serta menyoroti pentingnya menghormati dan melestarikan pengetahuan dan praktik tradisional yang berkaitan dengan konservasi alam.

Secara keseluruhan, Hari Satwa Liar Sedunia berfungsi sebagai platform global untuk merayakan keindahan dan keanekaragaman satwa liar sekaligus meningkatkan kesadaran akan kebutuhan mendesak untuk melindungi dan melestarikannya demi kepentingan generasi sekarang dan masa depan.