Contoh Proposal Kegiatan Lomba yang Cocok Jadi Referensi Penulisan

Pexels
ilustrasi, proposal kegiatan lomba.
Penulis: Ghina Aulia
Editor: Safrezi
19/6/2024, 15.59 WIB

Proposal bisa digunakan untuk kegiatan lomba. Tujuannya yaitu untuk mencari sponsor sebagai salah satu bentuk pendanaan perlombaan. Hal ini lumrah dilakukan oleh mahasiswa.

Biasanya proposal kegiatan lomba diajukan kepada kampus, perusahaan, dan lembaga yang berkaitan dengan bidang kompetisi. Kegiatan harus dijelaskan secara rinci agar pihak penerima mudah memahami dan tahu betul apa tujuan dari lomba yang akan diikuti.

Kali ini, kami ingin membahas contoh proposal kegiatan lomba yang bisa dijadikan acuan penulisan. Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Membuat Proposal Kegiatan Pentas Seni

1. Membuat Kerangka Proposal

Cara membuat proposal kegiatan pentas seni yang pertama, yaitu menyusun kerangka. Sebagaimana contoh di atas, kerangka proposal terdiri dari:

A. Latar Belakang
B. Tujuan Kegiatan
C. Tema Kegiatan
D. Tujuan Kegiatan
E. Peserta
F. Waktu dan Tempat
G. Anggaran Dana
H. Penutup

Jabarkan poin-poin tersebut ke dalam bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan. Di samping proposal yang harus ditulis oleh sekretaris, sudah sepatutnya penyusunan dilakukan berdasarkan arahan dan pengawasan ketua dan pembina.

2. Menentukan Panitia

Panitia berperan sebagai penggerak acara, selain peserta. Panitia bertugas pada pra dan pasca-acara. Maka dari itu, pilihlah anggota yang memadai, bersedia bertugas, dan (disarankan) berpengalaman.

Sebelum memilih keseluruhan anggota, Ketua dan Sekretaris (atau Wakil Ketua) bisa terlebih dahulu menunjuk ketua divisi. Tujuannya untuk memudahkan koordinasi selama persiapan dan pelaksanaan acara.

3. Menentukan Rangkaian Acara

Meski pentas seni merupakan acara yang familiar secara umum, perlu untuk panitia menjabarkan rangkaian acara. Buatlah rundown sedemikian rupa agar mudah dipahami.

Tujuan pembuatan rundown yaitu untuk menunjang efisiensi waktu. Panitia juga bisa mencantumkan keperluan dan detail rangkaian acara.

4. Meminta Persetujuan

Apabila proposal sudah selesai dibuat, tahap terakhir yaitu mendapatkan tanda tangan pada lembar pengesahan. Di tingkat sekolah, pihak yang terlibat yaitu Ketua Pelaksana (pihak yang mengetahui) dan Kepala Sekolah (pihak yang menyetujui).

5. Membuat Alokasi Dana

Alokasi dana pada proposal dibuat serinci mungkin untuk menghindari kesalahan ketika acara berakhir. Pasalnya, dokumen ini akan dipertanggungjawabkan dalam bentuk laporan, khususnya bagi panitia kepada sekolah.

Selain itu, alokasi dana yang jelas dan benar juga dapat berguna untuk pengajuan dana atau sponsor. Pastikan kebutuhan acara sudah tercantum semua.

Contoh Proposal Kegiatan Lomba

Latar Belakang

Robot Line Follower merupakan salah satu bentuk robot yang paling banyak digunakan baik untuk kompetisi robot ataupun penelitian bagi sebagian orang. Seperti namanya, robot ini memiliki tugas untuk mengikuti garis atau jalur lintasan yang sudah ditentukan atau dibuat.

Di dalam perkembangannya robot line follower mengalami perkembangan. Bukan hanya sekadar menggunakan sensor garis untuk mengikuti garis atau lintasan, melainkan juga sensor lain seperti sensor api yang digunakan untuk mendeteksi api dan kemudian tugas robot tersebut yakni mematikan api. Ada juga sensor penghalang (ultrasonik) yang digunakan untuk mengetahui besar atau kecilnya jarak halangan terhadap robot, sehingga robot tersebut dapat melewati rintangan yang ada disekitarnya dan juga sensor suara untuk mendeteksi keberadaan suara.

Selain pengembangan robot line follower dari segi sensor, pengembangan lainnya yang banyak dikembangkan saat ini yaitu remote control, yang digunakan untuk mengontrol pergerakan robot line follower dari jarak jauh mulai dari menggunakan remote buatan sendiri dan juga remote kontrol berbasis android yakni membuat sebuah aplikasi remote control yang kemudian diaplikasikan ke dalam smartphone ataupun PC tablet berbasis android.

Aplikasi yang dibuat ini nantinya dibuat agar bisa mengontrol robot line follower dalam dua mode yakni mode otomatis dimana robot line follower bergerak menggunakan sensor garis dan juga mode manual yakni robot line follower bergerak sesuai perintah yang diberikan oleh aplikasi android.

Berdasarkan latar belakang yang telah dibahas diatas, maka penulis tertarik mengambil judul Laporan Akhir tentang “Remote Control Line Follower Berbasis Android” yaitu suatu robot pendeteksi garis dengan menggunakan sensor proximity yang terdiri dari photodioda, LED dan resistor dan 2 selanjutnya data akan diproses oleh mikrokontroler ATMEGA 1284p yang telah disuntikan program.

Nama dan Tema Kegiatan

Nama kegiatan yang akan kami ikuti ini adalah:

“Kanayakan Internasional Robot Festival 2019”yaitu kontes robotika internasional yang diikuti oleh berbagai negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Mexico.

Tema Kegiatan

– Culture Diversity In Technology
– Slogan “your Robot Represent Your Culture”

Maksud dan Tujuan Kegiatan

1. Maksud

a. Memberikan wadah penyaluran minat dan bakat mahasiswa/i di bidang Robotik.
b. Membantu mengembangkan bakat mahasiswa/i dalam Robotika.
c. Mengetahui bagaimana cara membuat Robot Line Follower yang bisa dikendalikan menggunakan android.
d. Mengetahui bagaimana cara membuat komunikasi antara robot line follower dengan android menggunakan media komunikasi bluetooth.

2. Tujuan

a. Menciptakan generasi muda yang keterampilan yang berkualitas.
b. Memperkenalkan Robotik pada masyarakat umum.
c. Mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa/i di tingkat Perguruan Tinggi.

Bentuk Kegiatan

Dalam kegiatan ini terdapat beberapa kategori lomba yang akan diselenggarakan dalam lomba ”Kanayakan Internasional Robot Festival 2019”

Meliputi :

- The 4th FSI All Indonesia & World Robot Sumo Tournament 2019 (Kategori Autonomous)
- The 4th FSI All Indonesia & World Robot Sumo Tournament 2019 (Kategori RC)
- Non-Magnetic Sumo Robot
- Robot Line Follower Mikrokontroller

Delegasi Kegiatan

Delegasi yang akan mewakili STMIK “AMIKBANDUNG” adalah :
1. Azril Achmad Razif (1942529)
2. Adi Syaputra (1842408)
3. Muhamad Syahlan (1842421)

Waktu dan Tempat Kegiatan

Hari : Sabtu s.d. Minggu
Tanggal : 19 s.d. 20 Oktober 2019
Waktu : 07.00 WIB - selesai
Tempat : Kampus Polman Bandung
Jl. Kanayakan No. 21 Dago, Bandung, Jawa Barat

Anggaran Dana

Terlampir

Penutup

Melalui proposal ini besar harapan kami dapatlah kiranya Bapak/ibu memahami dan merealisasikannya agar kami bisa berpartisipasi dalam mengikuti kompetisi Robotika Nasional se-Indonesia “KANAYAKAN INTERNASIONAL FESTIVAL 2019”. Sehingga apa yang diharapkan oleh kami dapat terwujud. Demikian agar menjadi maklum dan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Sumber: Academia (Adi Syaputra)

Demikian contoh proposal kegiatan lomba yang berhasil dirangkum dari Academia. Sebagai bentuk sanggahan, proposal tersebut memang digunakan untuk kegiatan nyata oleh mahasiswa AMIK Bandung pada tahun 2019.