Daftar Pertanyaan Wawancara OSIS dan Jawaban Lengkapnya
Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan wadah bagi siswa agar berkembang dan berkontribusi untuk sekolah. OSIS dibawahi langsung oleh pembina yang merupakan guru di sekolah terkait.
Anggota OSIS terdiri dari siswa yang terbagi ke dalam divisi-divisi. Selain itu juga ada pengurus inti yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, dan Bendahara. Sementara tiap divisi dipimpin oleh Koordinator.
Tahap rekrutmen OSIS salah satunya adalah wawancara. Calon anggota akan diwawancarai oleh guru atau pengurus inti. Jawaban akan mempengaruhi keberhasilan.
Terkait dengan itu, kali ini kami ingin memberikan kisi-kisi daftar pertanyaan wawancara OSIS yang mungkin akan dipertanyakan, lengkap dengan jawabannya.
Daftar Pertanyaan Wawancara OSIS
1. Apa alasan kamu ingin menjadi anggota OSIS?
“Saya ingin menjadi anggota OSIS karena ingin menambah pengalaman. Dengan begitu, saya akan bertemu, bercengkrama, berbagi pikiran, dan berdiskusi dengan siswa lain, guru, mau pun pihak luar yang akan terlibat ke dalam program-program yang mungkin diselenggarakan. Selain sebagai pengalaman, hal itu juga bisa menjadi pembelajaran untuk saya pribadi.
Selain itu, alasan lainnya yaitu keinginan besar untuk belajar. Bagaimana cara bersosialisasi, membangun kerjasama, bernegosiasi, dan menyelenggarakan kegiatan. Hal-hal itu bisa jadi berguna untuk saya di dunia kerja kelak.
Alasan terakhir yaitu membangun koneksi dengan pihak internal dan eksternal. Hal itu bisa saya jadikan motivasi apabila melihat yang hal lebih baik dan hebat di sekitar mau pun di luar sana.”
2. Apa yang kamu ketahui tentang OSIS?
“OSIS merupakan singkatan dari Organisasi Intra Sekolah. Artinya, OSIS berperan besar dalam penyelenggaraan kegiatan diluar pembelajaran, di tingkat kesiswaan. OSIS juga berguna untuk melatih kemampuan organisasi di sekolah.
Di samping itu, OSIS juga bisa menjadi jembatan antara siswa dan guru. Hal ini menyangkut penampungan dan penyampaian aspirasi yang kemudian bisa ditanggapi dan ditindaklanjuti oleh pihak sekolah.
Hal lain yang saya ketahui tentang OSIS yaitu keterlibatan guru sebagai pembina dan pembimbing. Selain ada Ketua dan Wakil yang memimpin, guru tetap terlibat dalam mengawasi jalannya program OSIS.”
3. Apa yang membuat kamu pantas menjadi anggota OSIS?
“Saya merasa pantas menjadi anggota OSIS karena integritas dan ketekunan yang saya bawa ke dalam organisasi ini. Meski tidak menutup kemungkinan saya memiliki kekurangan dalam berorganisasi, menjadi bagian dari OSIS bisa menjadi momen dan kesempatan untuk banyak belajar dan meningkatkan kompetensi sebagai siswa.
Saya juga merasa pantas masuk ke dalam OSIS karena loyalitas yang tertanam di dalam diri saya pribadi. Hal ini ditunjukkan dengan komitmen mengikuti rangkaian pendaftaran dan keikutsertaan ekstrakurikuler dan organisasi eksternal sebelumnya.”
4. Apa kelebihan dan kekurangan kamu?
“Kelebihan saya adalah loyal terhadap organisasi yang akan diikuti. Hal ini menyangkut tentang komitmen yang akan saya jalani ketika sudah bergabung. Contohnya hadir di rapat rutin, disiplin sebagai teladan siswa-siswa lain, mengawasi kegiatan, dan memastikan program tetap berjalan semestinya.
Sementara kekurangan saya terletak pada kelalaian—mungkin terjadi akibat pembelajaran yang lebih padat dan penting dibanding kegiatan OSIS. Pasalnya, tugas dan status sebagai siswa harus tetap dijunjung tinggi dan diprioritaskan.”
5. Bagaimana cara kamu mengatasi apabila terjadi konflik antara anggota OSIS?
“Pertama, saya akan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi antara kedua belah pihak. Tujuannya yaitu untuk mencari duduk perkara agar tidak terjadi lagi kekeliruan dalam berkomunikasi.
Kemudian, mempertemukan kedua belah pihak dan bernegosiasi untuk menemukan solusi. Apabila berikut terselesaikan, saya menyarankan untuk melibatkan pihak sekolah untuk mengatasinya.”
6. Kontribusi apa yang akan kamu berikan untuk OSIS?
“Menumbuhkan keterampilan kepemimpinan di antara anggota dan OSIS melalui sesi pelatihan dan workshop. Tentu hal ini juga akan dipengaruhi oleh bentuk dan pelaksanaan program kerja.
Mewakili kepentingan dan kekhawatiran siswa kepada administrasi sekolah, memastikan suara mereka didengar dalam proses pengambilan keputusan. Rencanakan dan laksanakan acara sekolah untuk meningkatkan semangat sekolah dan OSIS.”
7. Bagaimana cara kamu membagi waktu antara OSIS dan kegiatan pembelajaran?
“Merinci semua kelas, tugas, rapat, dan aktivitas organisasi. Gunakan kalender digital atau aplikasi seperti untuk melacak tugas beserta tenggat waktunya. Kemudian menentukan tugas mana yang paling mendesak dan penting. Fokus pada prioritas tinggi terlebih dahulu.
Memulainya dengan mengerjakan tugas dan proyek segera setelah ditugaskan untuk menghindari stres di menit-menit terakhir. Kemudian memahami batasan dan menghindari komitmen berlebihan. Tetapkan tujuan yang dapat dicapai untuk tanggung jawab akademik dan organisasi.”
8. Apa yang akan kamu lakukan apabila terpilih menjadi anggota OSIS?
“Saya akan berkomitmen untuk disiplin terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan program kerja. Selain itu, juga disiplin dalam berperilaku sebagai siswa.
Saya juga ingin menyadarkan siswa lain tentang pentingnya menyampaikan aspirasi dan terlibat pada program sekolah. Dengan begitu, rasa apatis terhadap OSIS juga bisa menurun.”
Itulah pembahasan tentang contoh daftar pertanyaan wawancara OSIS yang lengkap dengan jawabannya. Selain mempelajarinya, Anda juga bisa menyesuaikan dengan keadaan dan referensi masing-masing.