Pada 17 Agustus 2024 besok, seluruh masyarakat akan merayakan HUT RI ke-79. Tepat pada hari bersejarah tersebut, seluruh sekolah di Indonesia sebagai bentuk penghormatan terhadap para pahlawan yang telah gugur.

Dalam pelaksanaannya sendiri terdapat sesi penyampaian amanat oleh pembina upacara yang biasanya berisi pesan-pesan kebangsaan, nilai-nilai kejujuran, nasionalisme, dan patriotisme. 

Bila ditunjuk sebagai pembina upacara, berikut di bawah ini beberapa contoh teks amanat pembina upacara 17 agustus di sekolah yang bisa dijadikan referensi.

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara 17 Agustus di Sekolah

Berikut ini empat contoh teks amanat sebagai referensi bila ditunjuk menjadi pembina upacara pada peringatan HUT RI 17 Agustus di sekolah.

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara 17 Agustus di Sekolah (Pexels.com)
 



Contoh Teks Amanat Pembina Upacara 1

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat pagi anak-anakku tercinta,

Hari ini adalah 17 Agustus, 79 tahun silam, para pahlawan kita berjuang dengan gagah dan berani merebut Indonesia dari penjajah. Mereka berani mengorbankan nyawa dan hidupnya demi masa depan bangsa kita

Sebagai generasi penerus, kita tidak boleh menghilangkan semangat juang para pahlawan tersebut, Semangat kemerdekaan harus terus kita bawa dalam kehidupan sehari-hari, yaitu dengan memiliki semangat belajar yang tinggi.

Dengan semangat belajar, nantinya kita bisa membuat bangsa ini lebih maju dan sejahtera. Marilah kita jadikan momen kemerdekaan ini segai pengingat bahwa kehidupan kita yang saat ini cukup nyaman adalah karena perjuangan para pahlawan Indonesia.

Mari estafet lanjutkan semangat itu dengan lebih bersemangat dalam menuntut ilmu. Demi membawa Indonesia menuju kesejahteraan dan kejayaan di masa depan. Sekian yang bisa saya sampaikan.

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara 2

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua,

Pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-79 ini, marilah kita merenungkan pentingnya persatuan dan kesatuan. Sejarah telah mengajarkan kita bahwa bangsa ini merdeka bukan karena kekuatan senjata semata, tetapi juga karena persatuan yang kokoh di antara seluruh rakyat Indonesia, dari berbagai suku, agama, dan budaya.

Di tengah kemajuan zaman yang semakin pesat, kita dihadapkan pada berbagai tantangan yang dapat mengancam persatuan bangsa. Media sosial dan teknologi, meskipun membawa banyak manfaat, juga memiliki potensi untuk memecah belah jika tidak digunakan dengan bijak. Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda harus bijak dalam bersikap dan bertindak, selalu mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Marilah kita jaga persatuan dan kesatuan ini dengan memperkuat tali persaudaraan dan kebersamaan. Dengan persatuan yang kokoh, kita akan mampu menghadapi segala tantangan dan membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih gemilang. Merdeka!

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara 3

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang saya hormati Bapak/Ibu Kepala Sekolah

Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru

Dan anak-anakku sekalian, peserta upacara yang berbahagia.

Selamat pagi, puji syukur ke hadirat Allah SWT karena telah memberikan kesehatan kita semua di hari upacara bendera peringatan HUT RI ke-79.

Saat yang sangat bersejarah bagi kita semua. Karena pada hari ini, 79 tahun yang lalu, bangsa Indonesia berhasil meraih kemerdekaannya yang dicapai dengan perjuangannya yang gemilang.

Kita semua harus mengambil pelajaran dan memahami bahwa kemerdekaan adalah sesuatu hal yang berharga dan tak bisa diraih dengan mudah.

Sejarah telah membuktikan bahwa para pejuang kemerdekaan yang berjuang serta berkorban dengan nyawanya mampu meraih kemerdekaan bagi negeri ini. Namun, setelah 79 tahun kemerdekaan, tantangan dan cobaan yang kita hadapi tak kalah beratnya.

Saat ini kita dihadapkan dengan berbagai masalah, seperti krisis ekonomi global, isu-isu lingkungan. Dan berbagai konflik lain yang mengancam keamanan dan kesejahteraan kita semua.

Untuk itu, sebagai warga negara Indonesia. Tugas kita adalah untuk mempertahankan kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan dengan pengabdian dan dedikasi dalam segala aspek kehidupan kita.

Seperti yang kita ketahui bahwa kita memiliki beragam kebudayaan dan adat istiadat. Seperti kebiasaan kita sekarang, ada penampilan kesenian Daerah kita, kita merayakan berbagai adat dan tradisi.

Selain itu juga, kita memiliki kebebasan berpendapat dan berekspresi, namun dengan sehat dan dalam koridor hukum yang telah ditetapkan. Dengan perlindungan hak asasi manusia yang diterapkan dalam negara Indonesia, kita akan lebih dihargai oleh negara-negara lain.

Hanya dengan bersatu dan berkumpul kita dapat meraih semua ini untuk awal yang lebih baik dari bangsa Indonesia. Untuk itu, marilah kita tunjukkan rasa syukur kita atas kemerdekaan Indonesia dengan tindakan.

Mari kita bersatu hati dan tekad untuk menjaga kesatuan dan persatuan. Dan saling menghargai sesama bangsa, dan membangun Indonesia yang lebih baik, adil, sejahtera, dan makmur.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara 4

Assalamu'alaikum warahmatullahwabarakatuh.

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala Sekolah
Yang terhormat Bapak/Ibu Guru beserta Staf
Serta anak-anakku sekalian, peserta upacara yang saya sayangi.

Salam sejahtera bagi kita semua. Selamat datang di upacara bendera peringatan HUT RI ke-79 di hari yang cerah ini.

Hari yang sangat berarti bagi kita selaku anak bangsa karena hari ini kita memperingati kemerdekaan negara kita yang di peroleh pada tanggal 17 Agustus 1945. Hari ini, tepat 79 tahun yang lalu, para pejuang bangsa ini telah berjuang dan mengorbankan nyawa demi merebut kemerdekaan.

Sejak saat itu, Indonesia menjadi negara yang merdeka dan merdeka terus hingga saat ini. Kemerdekaan tidak diraih dengan mudah, tetapi dengan perjuangan yang gigih dan tulus dari para pejuang bangsa.

Mereka melawan penjajah, menghadapi rintangan serta bahaya, namun mereka tidak pernah menyerah dan selalu berjuang hingga meraih kemerdekaan. 

Namun, kemerdekaan yang kita peroleh ini juga telah membawa beban dan tanggung jawab yang besar kepada kita.

Kita harus mempertahankan kemerdekaan ini, menjaga keutuhan dan kedaulatan negara, serta menyatukan seluruh rakyat Indonesia dalam semangat persatuan. 

Kita juga harus menyadari bahwa kemerdekaan tidak hanya sekedar formalitas dalam bentuk lambang negara dan proklamasi kemerdekaan.

Tetapi harus tercermin dalam tata nilai dan sikap kita sebagai warga negara. Sebagai masyarakat Indonesia, kita harus berjuang untuk membangun Indonesia yang lebih baik, adil, sejahtera, dan makmur. 

Kita harus berkontribusi untuk memajukan bangsa dan negara, menumbuhkan jiwa kewirausahaan, kreativitas, inovasi, dan kegiatan yang positif.

Kita harus memiliki semangat pantang menyerah, tekad kuat, serta sikap optimis dalam menghadapi tantangan yang ada. Kepada seluruh rekan-rekan guru dan murid, mari kita rayakan kemerdekaan kita dengan penuh semangat, kebanggaan, dan penghargaan terhadap jasa para pejuang kemerdekaan.

Marilah kita menjunjung tinggi nilai-nilai kemerdekaan, menumbuhkan rasa cinta tanah air. Dan menjaga persatuan dan kesatuan, serta melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita sebagai anak bangsa.

Terima kasih, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Demikian empat contoh teks amanat pembina upacara 17 Agustus di sekolah yang bisa dijadikan sebagai referensi.