Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu momen istimewa yang selalu dinantikan umat Muslim setiap tahunnya. Pasalnya, pada peringatan ini, umat Muslim bisa merayakan kelahiran Rasulullah SAW sekaligus mengingat kembali perjuangan Rasulullah SAW dalam menyebarkan ajaran Islam.

Maulid Nabi sendiri selalu diperingati tangga1 12 Rabiul Awal menurut kalender Hijriah. Namun berdasarkan kalender Masehi, tahun ini peringatan Maulid Nabi jatuh pada Senin, 16 September 2024.

Di Indonesia, peringatan Maulid Nabi umumnya identik dengan kegiatan tausiyah dimana biasanya terdapat sesi ceramah yang disampaikan oleh ustadz. Adapun isi ceramah yang disampaikan biasanya berkaitan dengan Maulid Nabi.

Bagi yang ditunjuk membawakan ceramah pada peringatan tersebut, berikut ini sejumlah contoh ceramah Maulid Nabi 2024 singkat yang bisa jadi referensi.

Contoh Ceramah Maulid Nabi 2024 Singkat

Berikut ini tiga contoh ceramah singkat yang bisa dijadikan sebagai referensi bila ditunjuk untuk menyampaikan ceramah saat acara peringatan Maulid Nabi 2024 pada 16 September mendatang.

Contoh Ceramah Maulid Nabi 2024 Singkat (Pexels)

Contoh Ceramah 1

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT, sholawat dan salam senantiasa kita haturkan kepada Rasulullah saw. Semoga kita senantiasa termasuk golongan hamba yang pandai bersyukur dan mendapatkan syafaat dari Nabi Agung Muhammad SAW di hari kiamat. Amin.

Saat ini, kita sedang berada di bulan Rabiul Awal yang di Indonesia lebih sering disebut sebagai bulan Maulid. Disebut demikian memang karena dalam bulan ini terjadi sebuah kejadian agung yakni kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Sosok paling mulia di dunia, sosok yang kita diperintahkan untuk senantiasa bersholawat untuk meraih syafaatnya. Bukan hanya kita saja yang bersholawat, Malaikat dan Allah SWT pun bersholawat kepada beliau.

Kehadiran Nabi Muhammad ke dunia ini membawa sebuah misi penting di antaranya adalah memperbaiki akhlak manusia. Misi ini menandakan bahwa akhlak menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia karena itulah yang akan membawa perdamaian dan ketentraman dalam setiap interaksi manusia dengan lingkungan sekitar.

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Bukhari, Baihaqi, dan Hakim:

إِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخَلاقِ

Artinya: "Sungguh aku diutus menjadi Rasul untuk menyempurnakan akhlak yang mulia."

Momentum Maulid Nabi Muhammad saw menjadi saat yang tepat untuk kembali memperkuat penjagaan pada akhlak generasi penerus. Perlu dipantau aktivitas mereka saat memegang handphone agar akhlak bisa benar-benar terjaga.

Selain menjadikan Maulid sebagai momentum menjaga akhlak generasi muda, mari jadikan bulan Maulid ini sebagai kesempatan meningkatkan kuantitas dan kualitas sholawat dan cinta kita kepada Nabi Muhammad. Perbanyak sholawat, insyaallah hidup menjadi nikmat karena mendapat syafaat di hari kiamat.

Semoga kita bisa meneruskan dan mewujudkan misi Nabi kepada para generasi muda yakni menjadikan akhlak mulia sebagai sendi-sendi peradaban kehidupan manusia. Semoga kita senantiasa bisa meneladani akhlak Nabi dan kita akan menjadi umatnya yang mendapatkan syafaatnya dan masuk dalam surganya Allah SWT. Amin.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Ceramah 2

Bismillahirrahmanirrahim, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, hamdan syakirin, hamdan na’imin, hamdan yuwafi ni’amahu wa yukafi mazidah. Washshalatu wassalamu ‘ala sayyidina wa nabiyyina Muhammad wa ‘ala alihi wa ashabihi ajma’in. Amma ba’du.

Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam, yang senantiasa melimpahkan nikmat-Nya kepada kita semua. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada Nabi kita, Muhammad SAW, keluarga, para sahabat, dan seluruh umatnya hingga akhir zaman.

Hadirin rahimakumullah,

Salah satu tujuan utama peringatan Maulid Nabi adalah untuk menumbuhkan dan memperkuat rasa cinta kita kepada Rasulullah SAW. Cinta kepada Nabi Muhammad SAW bukan hanya sekedar kata-kata, tetapi harus diwujudkan dalam bentuk mengikuti ajaran dan sunnah beliau.

Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah beriman seseorang di antara kalian sampai aku lebih ia cintai daripada dirinya sendiri, anaknya, dan seluruh manusia." (HR. Bukhari). Hadis ini mengingatkan kita bahwa cinta kepada Rasulullah SAW adalah salah satu tanda kesempurnaan iman.

Marilah kita memperkuat rasa cinta ini dengan sering membaca shalawat, mempelajari kehidupan beliau, dan mencontoh akhlak mulia yang beliau tunjukkan. Dengan mencintai Rasulullah SAW, insyaAllah kita akan mendapatkan syafaatnya di hari kiamat nanti.

Semoga Allah SWT menanamkan rasa cinta yang mendalam kepada Rasulullah SAW di hati kita semua, dan semoga kita termasuk umat yang mendapatkan syafaat beliau di akhirat kelak.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Ceramah 3

Ma'asyiral muslimin rahimakumullah.

Pada hari yang mulia ini, khatib menyeru kepada jamaah sekalian untuk senantiasa menjaga dan meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah dengan semaksimal mungkin, yakni takwa dalam artian menjauhi segala larangan yang ditetapkan Allah subhanahu wa ta'ala dan menjalankan perintah-Nya. Karena dengan takwa, kita akan diberi solusi oleh Allah di setiap problematika hidup yang kita alami, juga akan ada rezeki melimpah yang datang kepada kita tanpa kita sangka-sangka.

Bulan ini adalah bulan Rabiul Awal, bulan mulia di mana penutup para nabi dan rasul dilahirkan ke dunia ini. Ya, beliaulah Baginda Besar Nabi Muhammad shallallahu 'alahi wa sallam. Nabi akhir zaman, tidak ada lagi nabi-nabi setelahnya.

Jamaah yang dirahmati Allah subhanahu wa ta'ala, Di bulan Maulid ini, seyogianya bagi kita untuk banyak-banyak bersyukur kepada Allah subhanahu wa ta'ala karena telah mengutus seorang nabi yang menjadi suri teladan yang mulia.

Nabi diutus ke muka bumi ini tak lain adalah sebagai rahmat bagi seluruh alam, sebagaimana Allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam surah al-Anbiya ayat 107:

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ

Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.

Imam al-Baidhawi dalam kitab tafsirnya menyebutkan sebab disebutnya pengutusan Nabi Muhammad shallallahu 'alahi wa sallam sebagai rahmat dan kasih sayang bagi seluruh alam ialah karena diutusnya Nabi ke seluruh dunia di muka bumi ini menjadi sumber kebahagiaan dan kebaikan bagi kehidupan mereka di dunia maupun di akhirat kelak.

Kasih sayang yang disebarkan Nabi shallallahu 'alahi wa sallam bukanlah hanya ucapan semata, akan tetapi dalam hidup keseharian beliau praktikkan dan implementasikan dengan nyata. Kasih sayang ini bentuknya universal kepada seluruh makhluk ciptaan Tuhan. Bahkan kepada orang musyrik pun Nabi Saw berlaku santun dan mengasihi.

Semoga di bulan Maulid ini kita dapat meneladani sifat dan akhlak mulia Rasulullah, yang mana dalam mencontoh dan menerapkan akhlaknya terdapat kemaslahatan yang akan kita dapatkan, baik di dunia maupun di akhirat.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Demikian tiga contoh ceramah Maulid Nabi 2024 singkat yang bisa dijadikan sebagai referensi.