Dalam hitungan hari, umat Muslim akan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul Awal 1446 H atau Senin, 16 September 2024. Maulid Nabi sendiri merupakan salah satu momen istimewa dalam Islam di mana umat Muslim merayakan kelahiran Rasulullah SAW.

Di Indonesia, Maulid Nabi biasanya diisi dengan beragam kegiatan keagaman, seperti pengajian atau doa bersama di berbagai tempat.

Pada acara ini, biasanya panitia menunjuk seorang MC untuk memandu berjalannya acara beserta menyiapkan teks yang akan menjadi panduan MC nantinya ketika berbicara. 

Berikut di bawah ini sejumlah contoh teks MC Maulid Nabi 2024 yang bisa dijadikan referensi.

Contoh Teks MC Maulid Nabi 2024

Berikut ini tiga contoh teks MC dari berbagai sumber yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk acara peringatan Maulid Nabi 2024.

Contoh Teks MC Maulid Nabi 2024 (freepik)

Contoh Teks MC 1

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kami selaku panitia upacara Maulid Nabi Muhammad di tahun 2024 mengucapkan selamat datang kepada bapak dan ibu sekalian. Pada pagi yang cerah ini, marilah kita mempersiapkan diri untuk mengikuti jalannya acara peringatan Maulid Nabi Muhammad tahun 2024 akan segera dimulai.

Sebelum acara kali ini dimulai, izinkan saya selaku pembawa acara untuk membacakan susunan acara yang akan berlangsung di hari ini:

  • Pembukaan dengan membaca Surat Al-Fatihah
  • Tausiyah singkat
  • Pembacaan kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW
  • Makan bersama
  • Penutupan dengan doa bersama
  • Sholat dzuhur berjamaah

1. Pembukaan

Marilah kita buka acara Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2024 dengan membukanya dengan bacaan basmalah. Bismillahirrahmanirrahim.

2. Tausiyah Singkat

Selanjutnya akan ada tausiyah singkat yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah. Kepada Ustadz Abdullah kami persilakan.

3. Pembacaan kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW

Sebagai cara memaknai Maulid Nabi Muhammad SAW, di kesempatan kali ini akan ada pembacaan kisah kelahiran Rasulullah SAW yang akan disampaikan oleh pemenang da'i cilik tingkat provinsi yaitu Saudara Imam Nur Rasyid. Oleh karena itu, dipersilakan bagi Saudara Imam Nur Rasyid untuk naik ke atas panggung menyampaikan kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW.

4. Makan Bersama

Selanjutnya di depan para hadirin sekalian kini sudah ada menu makanan dan minuman yang dapat dinikmati. Dipersilakan kepada para hadirin untuk menikmati hidangan yang telah dipersiapkan oleh pihak panitia.

5. Penutupan dengan Doa Bersama

Alhamdulillah tibalah kita di akhir acara Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2024. Sebagai cara untuk menutup acara pada hari ini, akan ada doa yang dipimpin oleh Ustadz Abdullah. Kepada para hadirin dimohon untuk tetap tenang dan khidmat dalam mendengarkan doa yang akan dibacakan sebentar lagi. Kepada Ustadz Abdullah kami persilakan.

6. Sholat Dzuhur Berjamaah

Sebelum menutup acara pada hari ini, akan diselenggarakannya sholat dzuhur berjamaah sebentar lagi. Oleh karena itu, dipersilakan bagi para hadirin yang hendak mengikuti sholat jamaah dengan mengambil wudhu terlebih dahulu di tempat yang telah dipersiapkan oleh pihak panitia.

Saya selaku pembawa acara pada hari ini memohon maaf apabila ada salah kata maupun perbuatan yang mungkin kurang berkenan di hati para hadirin sekalian. Sebelum mengikuti sholat dzuhur berjamaah, marilah kita menutup acara ini dengan membaca hamdalah bersama-sama. Alhamdulillahirabil'alamin.

Contoh Teks MC 2

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat bapak Kepala Desa beserta jajarannya

Yang terhormat Takmir Masjid beserta Oengurus

Serta Bapak/Ibu hadirin, kaum Muslimin dan Muslimat yang berbahagia

Alhamdulillah, puji syukur malam ini kita masih diberi kesempatan berkumpul memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dalam keadaan sehat wal afiat.

Selanjutnya, shalawat dan salam semoga tercurah pada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW yang syafaatnya kita nantikan kelak di hari akhir.

Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu sekalian karena telah memenuhi undangan kami malam ini.

Semoga kedatangan kita di majlis taklim ini mendatangkan manfaat dan barokah dari Allah SWT serta dapat menambah keimanan dan ketaqwaan kita semua.

Saya selalu MC akan membacakan susunan acara yang akan berlangsung pada malam ini.

  • Pertama, pembukaan
  • Kedua, pembacaan ayat suci AlQuran
  • Ketiga, pembacaan shalawat Nabi
  • Keempat, sambutan-sambutan
  • Kelima, ceramah
  • Dan yang keenam adalah penutup

Untuk membuka acara, marilah kita membaca ummul Quran dengan harapan semoga acara pada malam hari ini berjalan lancar dan membawa kebaikan bagi kita semua.

Ilaa hadhrotin nabiyyil mushthofaa, Muhammadur rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam wa’alaa aalihii wa ashhaa bihii syai-ul lillaahi lahuu walahumul faatihah....

Menginjak acara kedua, pembacaan ayat suci Al-Quran yang akan disampaikan oleh saudara (….). Kepada beliau kami persilahkan.

Terima Kasih kami sampaikan kepada saudara (...). Semoga dengan pembacaan ayat suci Al-Quran tadi kita mendapat hikmah dan pahala dari Allah SWT.

Selanjutnya, acara ketiga shalawat Nabi, kepada petugas kami persilakan.

Terimakasih. Semoga dengan shalawat Nabi tadi kita semua mendapat syafaat kelak di hari akhir dan dimasukkan ke surga Allah SWT.

Selanjutnya sambutan-sambutan

Sambutan pertama akan disampaikan oleh Ketua Panitia, kepada saudara (...) kami persilahkan.

Terimakasih. Sambutan berikutnya akan disampaikan oleh Takmir Masjid, kepada Bapak (...) kami persilahan.

Kami sampaikan terimakasih atas sambutan dari Bapak (...) selaku Takmir Masjid.

Hadirin yang berbahagia, tiba acara puncak peringatan Maulid Nabi, yakni tausiah yang akan disampaikan oleh Ustaz (...), kepada beliau kami persilakan.

(Tausiah)

Alhamdulillah, demikian tadi tausiah yang disampaikan oleh Ustadz (...), semoga kita bisa mengambil hikmahnya.

Menginjak acara selanjutnya adalah doa penutup yang akan disampaikan oleh Bapak (...), kepada beliau saya persilakan.

(Doa penutup)

Alhamdulillah, seluruh rangkaian acara peringatan Maulid Nabi pada hari ini sudah kita lalui dengan lancar.

Marilah kita akhiri dengan bacaan Hamdalah bersama-sama.

Terimakasih. Kami selaku MC jika memohon maaf bila ada kesalahan dalam berucap, baik yang kami sengaja maupun tidak.

Ucapan terimakasih kami haturkan kepada seluruh hadirin yang sudah mengikuti jalannya acara ini.

Terima kasih juga kami ucapkan kepada seluruh pihak yang membantu terselenggaranya acara Maulid Nabi.

Semoga Allah membalas dengan pahala yang tidak terhingga.

Akhir kata, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Teks MC 3

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Alhamdulillahil ladzii an’amanaa bini’matil iimaan wal islaam. Wanushalli wanusallimu ‘alaa khairil anaam, muhammadin wa’alaa aalihii wasohbihi aj-ma’iin, amma ba’du.

Pada hari ini, kita akan memperingati kelahiran Nabi Muhammad saw. dengan penuh rasa syukur dan kebanggaan. Acara ini tidak hanya merupakan bentuk penghormatan kepada beliau, tetapi juga sebagai momen untuk merefleksikan ajaran-ajaran beliau dalam kehidupan sehari-hari kita.

Untuk memulai acara, marilah kita dengarkan pembacaan ayat suci Al-Qur'an yang akan dibawakan oleh [Nama Pembaca Al-Qur'an]. Silakan [Nama Pembaca Al-Qur'an] untuk naik ke podium.

--------

Setelah itu, kita akan disuguhkan dengan sambutan dari [Nama Pembicara], yang akan memberikan kita wawasan lebih dalam mengenai makna Maulid Nabi dan bagaimana kita dapat meneladani akhlak beliau dalam kehidupan kita.

-------

Berikutnya, mari kita lengkapi acara peringatan maulid Nabi hari ini dengan ceramah singkat yang disampaikan oleh [Nama Penceramah], yang akan memberikan pencerahan tentang pentingnya mengikuti sunnah Nabi Muhammad saw.

-------

Sebagai penutup, marilah kita bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan dan doa penutup yang akan dipimpin oleh [Nama Pimpinan Doa]. Semoga acara ini dapat memberikan manfaat dan memperkuat iman kita.

Terima kasih atas kehadiran dan partisipasi semua. Selamat mengikuti acara Maulid Nabi Muhammad saw.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Itulah tiga contoh teks MC Maulid Nabi 2024 yang menarik untuk dijadikan sebagai referensi.