Dalam menjalani kehidupan, manusia tidak akan pernah lepas dari cobaan. Pasalnya, cobaan tersebut merupakan cara Tuhan agar manusia menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

Namun tidak bisa dipungkiri jika terkadang cobaan yang dihadapi membuat diri merasa sedih bahkan terpuruk.  Maka dari itu, ketika sedang merasa kurang semangat, tidak ada salahnya untuk membaca kata-kata yang penuh motivasi agar diri sendiri bisa segera bangkit dari keterpurukan.

Ada banyak kata-kata motivasi yang bisa dijadikan pedoman. Salah satunya bersumber dari Al-Quran, hadis Rasulullah, hingga perkataan sahabat Rasul dan para ulama.

Ada banyak energi positif yang bisa didapatkan dengan membaca kata-kata motivasi tersebut. Dengan demikian, 0rang yang membacanya bisa bersikap lebih bijak dalam menyikapi berbagai permasalahan yang ada. 

Berikut ini dibawah ini kumpulan kata-kata motivasi islami, yang bisa dibaca ketika sedang menghadapi berbagai masalah.

Kata-kata Motivasi Islami

Berikut ini 30 kata-kata motivasi yang bisa dibaca karena dengan penuh dengan pesan Islami yang bisa dijadikan pedoman hidup.

Kata-Kata Motivasi Islami (Pexels)
  1. "Salatlah agar hatimu tenang, istighfarlah agar kecewamu hilang. Dan berdoalah agar bahagiamu segera datang."
  2. "Terkadang yang membuatmu gelisah bukanlah masalah yang menguji, tetapi bahasa rindu Allah yang gagal kamu pahami."
  3. "Titik lelahnya diganti bahagia, fase diamnya diganti senyuman, usahanya diganti keberhasilan, doanya Allah ijabah tepat dengan waktunya."
  4. "Halal adalah suatu keharusan. Tidak hanya tentang apa yang kita makan, tetapi juga apa yang kita kenakan dan apa yang kita sukai."
  5. "Tak apa untuk berhenti sejenank dan istirahat, akan tetapi bangkitlah kembali karena sejatinya Allah tidak menyukai hamba yang mudah menyerah."
  6. "Daripada menekankan tentang hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan, berdoalah kepada yang memegang kendali dan temukan kelegaan."
  7. "Kebanyakan dari kita tidak mensyukuri apa yang sudah kita miliki, tetapi kita menyesali apa yang belum kita capai."
  8. "Kita tidak akan pernah tahu bagimana menyembahNya sebelum kita mulai dengan bagaimana mencintaiNya."
  9. "Kegagalan adalah cara Allah untuk mengatakan bersabarlah karena aku memiliki sesuatu yang lebih baik untukmu saat waktunya tiba."
  10. "Berbahagialah orang yang menghindari kesulitan, tetapi betapa baiknya orang yang menderita dan menunjukkan ketekunan."
  11. "Bersikaplah baik, karena setiap kali kebaikan menjadi bagian dari sesuatu, itu memperindahnya. Setiap kali itu diambil dari sesuatu, itu membuatnya ternoda."
  12. "Hidup sederhana tanpa ada hasrat untuk mencari perhatian di hadapan manusia adalah di antara sebab ketenangan hati dan bahagia."
  13. "Allah SWT masih mencintai dan menunjukkan belas kasihan kepada mereka yang tidak menaati-Nya. Jadi, bayangkan betapa dia mencintai orang-orang yang mematuhi-Nya."
  14. "Kamu tidak akan pernah bisa lari dari kematian, bersembunyi pun kamu, kematian akan tetap menghampiri mu. Banyaklah kamu beribadah kepada Allah SWT."
  15. "Ketika kamu tidak mengerti apa yang terjadi dalam hidupmu, tutup saja matamu, tarik napas dalam-dalam dan katakan, "Ya Allah, aku tahu ini adalah rencana-Mu, bantu aku melewatinya."
  16. "Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang tidak kamu dapatkan setelah berdoa. Pikirkanlah nikmat yang tak terhitung jumlahnya yang Allah berikan kepadamu tanpa kamu memintanya."
  17. "Jangan pernah mendahului apa yang akan terjadi dengan berkata tidak mampu, tidak sanggup, tidak kuat, sebelum ada usaha yang menjadikan dirimu menjadi mampu, sanggup, serta kuat."
  18. “Jangan menunggu kaya untuk bersedekah, justru sebaiknya bersedekahlah untuk bisa membuka pintu rezeki dan juga harta.”
  19. “Waktu untuk hidup semakin berkurang, jadi jangan sekalipun membiarkan imanmu ikut berkurang. Umur boleh semakin tua dan bertambah, tapi tidak dengan dosa.”
  20. "Ingatlah apapun yang terjadi pasti Allah akan selalu bersamamu sehingga jangan sekali pun meninggalkan Sholat."
  21. "Jika kamu melihat bahwa Allah menghiburmu dengan zikirnya, maka ketahuilah bahwa Dia memang mencintaimu."
  22. "Tawakkul adalah memiliki keyakinan penuh bahwa Allah akan menjaga kamu bahkan ketika segala sesuatunya tampak mustahil."
  23. "Kita berasal dari tanah, makan hasil dari tanah, Berpijak di atas tanah, dan janganlah bertingkah seperti langit. Karena di atas langit masih ada langit. Lantas! Apa yang mau kau sombongkan?"
  24. "Kebahagiaanmu tidak ditentukan oleh orang lain, tapi oleh dirimu sendiri. Apa yang kamu lakukan hari ini, tentukan bahagia masa depanmu."
  25. "Kamu tidak akan pernah bisa lari dari kematian, bersembunyi pun kamu, kematian akan tetap menghampiri mu. Banyaklah kamu beribadah kepada Allah SWT."
  26. "Jangan pernah menyerah dalam menghadapi ujian hidup. Ingatlah, Allah tidak akan memberikan ujian yang melebihi kemampuanmu."
  27. "Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang tidak kamu dapatkan setelah berdoa. Pikirkanlah nikmat yang tak terhitung jumlahnya yang Allah berikan kepadamu tanpa kamu memintanya."
  28. "Bersyukurlah atas yang kamu miliki saat ini karena masih banyak orang di sekeliling kamu yang masih kurang beruntung."
  29. "Jangan menyerah, perjuangan belum selesai, masih ada banyak rintangan yang menanti untuk siap kamu hadapi jangan takut dan janganlah kamu bersedih sesungguhnya Allah tidak pernah meninggalkanmu walau hanya sekali."
  30. "Jangan sia-siakan waktu, manfaatkan waktu muda sebelum datangnya tua, waktu sehat sebelum datangnya sakit, waktu kaya sebelum datangnya miskin, waktu luang sebelum datangnya sempit, waktu hidup sebelum datangnya mati."

Itulah 30 kata-kata motivasi islami yang penuh makna  sebagai pedoman untuk hidup.