5 Film Omnibus Indonesia Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Istimewa
Perempuan Punya Cerita
Penulis: Hadi Mulyono
20/9/2021, 11.06 WIB

ZIGI – Berbicara soal tontonan menarik, kali ini kita akan membahas film omnibus Indonesia terbaik yang wajib banget kamu tonton. Film omnibus merupakan suatu gabungan dari beberapa film pendek yang sering kali berpasangan satu sama lain namun hanya memiliki sebuah tema tunggal.

Kalau di dunia sastra, penggabungan semacam ini disebut dengan antologi, misalnya antologi cerpen atau puisi. Sederhananya, film omnibus adalah kumpulan film pendek yang dikemas menjadi satu.

Buat kamu yang penasaran dengan contoh-contoh film omnibus dalam negeri, Zigi.id telah merangkumnya buat kamu nih. Film-film di bawah ini, wajib banget kamu tonton. Apa saja? Yuk simak terus sampai akhir.

1. Perempuan Punya Cerita (2008)

Kita masuk ke film omnibus Indonesia dengan judul Perempuan Punya Cerita. Film antologi ini berisi empat film pendek yang memiliki gaya dan cerita yang masing-masing berdiri sendiri.

Meski gaya ceritanya beragam, empat film tersebut memiliki benang merah yakni tentang permasalahan yang menyelimuti kehidupan perempuan di Indonesia. Rata-rata filmnya berdurasi 25 menit.

Film pertama diawali oleh Cerita Pulau, film kedua Cerita Yogyakarta, film ketiga Cerita Cibinong, dan dipamungkasi dengan film Cerita Jakarta.

Dengan menonton film ini, publik akan dibawa untuk melihat lebih jauh realita tentang segala persoalan perempuan. Penasaran? Buruan tonton sekarang juga.

2. Jakarta Maghrib (2011)


Source: twitter.com

Film omnibus yang dirilis tahun 2011 silam ini dibintangi oleh Lukman Sardi, Ringgo Agus Rahman, Reza Rahardian dan Fanny Fabriana. Terdiri dari enam segmen film ini mempertontonkan sisi lain kehidupan ibu kota ketika menjelang maghrib.

Film Jakarta Maghrib terdiri dari segmen Iman Cuma Ingin Nur, segmen Adzan, segmen Menunggu Aki, segmen Cerita Si Ivan, segmen Jalan Pintas dan ditutup dengan segmen Ba’da.

Nah dalam segmen terakhir itulah yang mempersatukan kisah-kisah sebelumnya. Pada segmen ini menampilkan beberapa pemeran yang tampil sudah tampil lebih dahulu di segmen lain.

3. Rectoverso (2013)


Source: tabloidbintang

Diadaptasi dari album musik karya penulis Dewi "Dee" Lestari berjudul Rectoverso, film bernuansa cinta ini sangat menarik untuk ditonton terutama buat kamu pecinta film omnibus.

Film omnibus Indonesia ini terbagi menjadi lima kisah yaitu Malaikat Juga Tahu, Firasat, Curhat Buat Sahabat, Cicak di Dinding dan Hanya Isyarat.

Perpaduan antara kisah dan lagu yang disajikan Dee Lestari dalam Rectoverso memberikan pengalaman baru yang sangat unik dalam menikmati sebuah karya sastra. Secara keseluruhan, tema besar yang diangkat film ini adalah tentang cinta yang tak terucap.

4. Princess, Bajak Laut dan Alien (2014)


Source: twitter.com

Rekomendasi film omnibus Indonesia terbaik selanjutnya adalah Princess, Bajak Laut dan Alien yang terdiri dari empat cerita tentang pertemanan, keluarga, dan keberanian.

Segmennya terdiri dari Misteri Rumah Nenek, Kamu Bully, Aku B-Boy dan  Princess, Bajak Laut & Alien (Upi)

Pada segmen yang terakhir ini bercerita tentang seorang anak yang pandai dan gemar membaca buku, tetapi teman-temannya menganggap dirinya sosok yang aneh.

5.  Belkibolang (2011)


Source: imdb.com

Film Belkibolang (2011) terdiri dari sembilan film pendek yang saling berkaitan dan uniknya disutradarai oleh sembilan orang yang berbeda. 

Film ini bercerita tentang sembilan hubungan dua manusia yang terjadi di hiruk pikuk kota Jakarta pada malam hari. Kira-kira apa saja hubungan itu? Silakan tonton sendiri ya.

Film ini dibintangi oleh Marsha Timothy dan Dwi Sasono sedangkan beberapa sutradaranya antara lain Edwin, Ifa Isfansyah, dan Azhar Kinoi Lubis. 

Sekarang, kamu sudah punya gambaran tentang film omnibus Indonesia? Buruan tonton dan nikmati suguhan menarik dari film-film di atas.