Daftar Box Office 9-11 Juli 2021, Film Black Widow Kalahkan F9

Instagram
Black widow dan F9
12/7/2021, 10.48 WIB

ZIGI – Film Black Widow pecahkan rekor box office meski dirilis bersamaan di bioskop dan layanan streaming Disney Plus Hotstar pada Jumat, 9 Juli 2021. Film yang dibintangi oleh Scarlett Johansson ini juga berhasil mengalahkan pendapatan debut film Fast and Furious 9 atau F9.

Film Black Widow menandai kemenangan besar bagi bioskop setelah berjuang untuk pulih karena penutupan sementara dan pembatasan kapasitas di tengah pandemi Covid-19. Penasaran film apalagi yang masuk daftar box office 9-11 Juli 2021? Simak artikelnya ya!

Black Widow Pecahkan Rekor

Film Black Widow meraup pendapatan US$ 80 juta atau sekitar Rp1,1 triliun usai ditayangkan selama tiga hari. Jumlah tersebut menjadi rekor baru box office di tengah pandemi Covid-19. Film yang dibintangi Scarlett Johansson ini adalah yang pertama dari Marvel Cinematic Universe (MCU) yang dibuka secara bersamaan di bioskop dan di Disney Plus Hotstar.

Pengguna bisa berlangganan Disney Plus sebesar Rp39 ribu per bulan. Namun, untuk menonton film Black Widow ada biaya tambahan sebesar US$ 30 atau sekitar Rp434 ribu. Disney melaporkan bahwa film tersebut menghasilkan lebih dari US$ 60 juta atau sekitar Rp868 miliar dalam pembelanjaan konsumen Disney Plus Premier Access secara global.

Disutradarai oleh Cate Shortland, Black Widow mengumpulkan pendapatan box office globalnya sebesar US$ 158 juta atau sekitar Rp2,2 triliun. Dikombinasikan dengan pendapatan di Disney Plus, pendapatan mencapai US$ 215 juta atau sekitar Rp3,1 triliun.

David A Gross, yang menjalankan perusahaan konsultan film Franchise Entertainment Research mengatakan bahwa penghasilan tersebut akan jauh lebih tinggi jika bioskop dibuka. 

“Tentu saja angkanya akan lebih tinggi jika setiap teater dibuka, jika tidak ada kekhawatiran tentang Covid-19 dan jika tidak ada opsi streaming. Untuk saat ini, hambatan itu membuat pembukaan Black Widow semakin mengesankan,” kata David A Gross dikutip Zigi.id dari Variety pada Senin, 12 Juli 2021.

Film Black Widow Kalahkan Fast and Furious 9

Debut Black Widow mengalahkan rekor Fast and Furious 9 yang sebelumnya dinobatkan sebagai film terlaris saat pandemi. Fast and Furious 9 mendapatkan US$ 70 juta atau sekitar Rp1 triliun sejak dirilis pada 25 Juni 2021.

Sementara di daftar box office pekan kemarin, Fast and Furious 9 berada di posisi kedua dengan penghasilan sebesar US$ 10,8 juta atau sekitar Rp156 miliar. Sedangkan untuk pendapatan global, film yang dibintangi Vin Diesel ini meraup US$ 541,8 juta atau sekitar Rp7,8 triliun. 

Di posisi ketiga, film The Boss Baby 2 meraup penghasilan US$ 8,7 juta atau sekitar Rp126 miliar. Sementara film The Forever Purge mendapatkan US$ 6,7 juta atau sekitar Rp97 miliar. Film A Quiet Place Part II dari Paramount Pictures berada di tempat kelima dengan US$ 3 juta atau sekitar Rp43 miliar.

Film Black Widow menceritakan tentang masa lalu Natasha Romanoff (Scarlett Johansson) yang memiliki seorang adik bernama Yelena (Florence Pugh). Keduanya beraksi untuk melindungi satu sama lain saat keduanya diserang oleh musuh.

Di Indonesia, film Black Widow belum tayang di bioskop dan Disney Plus Hotstar. Film ini akan dirilis secara gratis di Disney Plus pada 6 Oktober 2021. Dua film yang sempat merajai box office yakni Fast and Furious 9 atau F9 hingga Black Widow seharusnya tayang pada 2020 namun tertunda karena pandemi Covid-19.