Sinopsis dan Cara Nonton Film Penyalin Cahaya Full Movie

Instagram/@penyalincahaya
Penyalin Cahaya
Penulis: Yasmin Karnita
11/11/2021, 12.28 WIB

ZIGI – Film Penyalin Cahaya dipastikan akan tayang di platform Netflix pada tahun 2022 mendatang. Tontonan yang mendaulat Shenina Cinnamon sebagai pemeran utama ini kemungkinan besar tidak ditayangkan di bioskop Indonesia.

Sebelumnya, film Penyalin Cahaya diputar perdana di Lotte Cinema Centum City, Korea Selatan pada pada 8, 12, dan 14 Oktober 2021 dalam rangka mengikuti kompetisi Busan International Film Festival (BIFF) 2021. Karya Wregas Bhanuteja ini masuk dalam kategori New Currents dengan judul internasional Photocopier.

Terbaru, film Penyalin Cahaya mendominasi Festival Film Indonesia 2021 dengan meraih total 12 piala. Yuk simak cara nonton film Penyalin Cahaya di bawah ini!

Baca Juga: Daftar Pemenang Festival Film Indonesia 2021, Penyalin Cahaya 12 Piala

Sinopsis Film Penyalin Cahaya

Film Penyalin Cahaya memfokuskan cerita pada sosok Suryani atau akrab dipanggil Sur (Shenina Cinnamon). Dia adalah mahasiswi teladan di kampus yang mendapatkan beasiswa full untuk kuliah.

Lalu Sur tergabung dalam sebuah klub di kampusnya yaitu kelompok teater bernama Teater Mata Hari. Dalam klub itu, Sur bertindak sebagai desainer web untuk teater tersebut. Saat teater mata hari memenangkan suatu perlombaan, Sur menjadi salah satu yang mendapat pujian dan rekan-rekan sesama teman kampusnya. Lalu malapetaka datang ketika mereka merayakan kemenangan itu dengan berpesta. 

Sur bukan tipe orang yang suka mabuk-mabukkan tapi karena suatu permainan di pesta itu, membuatnya harus meneguk minuman bealkohol. Akhirnya Sur tak sadarkan diri. Saat terbangun dari tidurnya, Sur melewatkan penilaian beasiswa. 

Sesampainya di kampus, Sur mendapat kabar bahwa beasiswanya dicabut karena foto saat dia mabuk semalam tersebar luas di internet. Sayangnya, Sur tidak bisa mengingat kejadian di pesta tersebut. Dia pun bergegas mencari tahun kejadian sebenarnya. Akhirnya Sur meminta temannya yang bekerja sebagai tukang fotokopi di kampus untuk membantunya. 

Film Penyalin Cahaya Pilih Tayang di Netflix Ketimbang Bioskop

Film Penyalin Cahaya telah dipastikan tayang di platform Netflix pada 13 Januari 2022 mendatang.

Alasan kuat film Penyalin Cahaya memilih Netflix sebagai platform penayangan karena akan lebih mudah diakses oleh masyarakat seluruh dunia. Terlebih lagi, nantinya akan tersedia fitur subtitle tulisan hingga audio dalam berbagai bahasa. 

Di lain sisi, Penyalin Cahaya kemungkinan tidak akan diputar di bioskop Tanah Air karena isu yang diangkat dalam film tidak hanya terjadi di Indonesia. Pihak Penyalin Cahaya juga meyakini bahwa Netflix adalah platform yang tepat untuk menyampaikan pesan dalam film terutama di era pandemi Covid-19 seperti ini. 

Cara Nonton Film Penyalin Cahaya

Film Penyalin Cahaya akan tersedia di Netflix pada Kamis, 13 Januari 2022 mendatang. Untuk menikmati tayangan di Netflix dengan tampilan HD tanpa jeda iklan, disarankan untuk berlangganan salah satu paket yang tersedia. 

Saat pertama kali mengakses Netflix, pengguna akan diberi layanan percobaan aplikasi selama 30 hari. Jika pengguna tidak berniat untuk berlangganan, mereka dibebaskan untuk membatalkannya kapanpun secara online. 

Netflix menyediakan 4 paket nonton. Pertama ada Paket Dasar khusus ponsel, yang mana pengguna hanya perlu membayar Rp54 ribu per bulan, lalu Paket Dasar (bisa disakses di ponsel dan PC) seharga Rp120 ribu per bulan, Paket Standar Rp 153 ribu per bulan, dan Paket Premium seharga Rp186 ribu per bulan.
 
Berikut cara berlangganan Netflix agar bisa menonton film Penyalin Cahaya.

  1. Kunjungi laman netflix.com/signup bila mengakses melalui mobile browser. Kamu juga bisa download aplikasi Netflix lewat PlayStore dan AppStore.
  2. Buat akun menggunakan e-mail sekaligus menentukan password. 
  3. Pilih paket berlangganan Netflix, lalu atur metode pembayaran (pengguna baru bisa menikmati percobaan akses gratis Netflix selama sebulan pertama).
  4. Jika berhasil, maka akun Netflix sudah bisa digunakan. Film Penyalin Cahaya nantinya bisa dicari melalui search bar.

Hingga artikel ini ditulis, film Penyalin Cahaya baru diumumkan hanya akan tayang secara eksklusif di platform Netflix pada 13 Januari 2022 mendatang. Karya Wregas Bhanuteja dibintangi Shenina Cinnamon tersebut kemungkinan besar tidak naik layar di bioskop Indonesia.

Baca Juga: 5 Fakta dan Sinopsis Film Penyalin Cahaya, Shenina Cinnamon Dilecehkan