Festival Film Cannes Boikot Kehadiran Delegasi dari Rusia

@festivaldecannes/Instagram
Marco Bellochio di Festival Film Cannes Ke-74
2/3/2022, 16.22 WIB

ZIGI – Festival Film Cannes melarang kehadiran delegasi Rusia di edisi ke-75 pada Mei 2022 mendatang.

Sementara Festival Film Cannes rutin diselenggarakan di Perancis dengan mempertunjukkan film berbagai genre dari seluruh dunia.

Kali ini, festival akan diselenggarakan secara online dan offline. Simak yuk artikelnya di bawah ini!

Baca Juga: Pro-kontra Keputusan Miss Supranational Boikot Kontestan Rusia

Festival Film Cannes Larang Delegasi Rusia Hadir

Pada Selasa, 1 Maret 2022, pihak penyelenggara Festival Film Cannes mengumumkan melarang delegasi resmi dari pemerintah Rusia menghadiri festival edisi ke-75 pada Mei 2022. Upaya tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan kepada Ukraina.

“Kecuali perang dapat berakhir dengan kondisi rakyat Ukraina membaik, telah diputuskan bahwa kami tidak akan menyambut delegasi dari Rusia maupun menerima kehadiran siapa pun yang terkait dengan pemerintah Rusia,” ujar pihak penyelanggara seperti dilansir dari Variety pada Rabu, 2 Maret 2022.

Pihak penyelenggara Festival Film Cannes menyatakan telah menentang adanya perang, mengecam sikap Rusia serta pemimpinnya. 

Di sisi lain, penyelenggara juga memberikan pujian terhadap penduduk Rusia yang menentang dan memprotes agresi dan invasi pemerintah mereka ke Ukraina.

Film Individu Rusia Tetap Dapat Ditampilkan Di Festival Film Cannes

Meskipun delegasi Rusia dilarang menghadiri Festival Film Cannes, pihak penyelenggara tetap memperbolehkan film individu untuk ditampilkan dalam festival tersebut.

Namun belum dapat diputuskan apakah film individu Rusia akan terpilih untuk masuk ke kompetisi atau justru ke tempat lain dalam festival itu.

Sebelumnya, European Film Academy (EFA) juga mengambil sikap yang sama dengan mengecualikan film-film Rusia dalam Penghargaan Film Eropa. Mendengar pernyataan tersebut, pembuat film asal Ukraina, Sergei Loznitsa pun mengatakan bahwa dirinya turut prihatin dan memikirkan nasib dari pembuat film asal Rusia yang menentang perang.

“Ketika saya mendengar hari ini (EFA) menyerukan untuk melarang film Rusia, saya pun memikirkan pembuatan film yang dilakukan oleh orang baik. Mereka merupakan korban dari agresi pemerintah Rusia,” ujar Sergei Loritza.

Salah satu pembuat film asal Rusia yang justru dilarang melakukan perjalanan ke kampung halamannya dan bahkan dituduh melakukan penggelapan dana oleh pemerintah adalah Kirill Serebrennikov.

Pembuat film asal Rusia ini dikabarkan juga kembali mengikuti kompetisi di Cannes pada 2022 ini dengan film bertajuk Tchaikovsky’s Wife. Film tersebut diproduksi oleh Hype Film yang merupakan perusahaan berbasis di Moskow.

Baca Juga: Benedict Cumberbatch Dukung Ukraina Saat Dianugerahi Walk of Fame