10 Fakta Grimes, Teman Hangout Jennie Blackpink Musisi Nyentrik

Berbagai Sumber
Grimes - Elon Musk - Jennie Blackpink
26/7/2021, 12.39 WIB

ZIGI – Grimes yang merupakan pacar Elon Musk langsung menjadi sorotan setelah memamerkan fotonya bersama Jennie Blackpink di Instagramnya. Tampak keduanya berpose di depan roket SpaceX.

Seiring dengan hal ini, sosok Grimes langsung membuat publik penasaran. Grimes rupanya bukan nama asli ibu satu orang itu. Berikut ini 10 fakta Grimes yang dirangkum Zigi.id. Scroll yuk buat kenal lebih jauh dengan Grimes!

Baca juga: Foto Jennie Blackpink dan Grimes, Pacar Elon Musk di Depan SpaceX

Nama Asli Grimes

Grimes rupanya hanya lah nama panggung penyanyi kelahiran Kanada, 17 Maret 1988 ini. Dia sebenarnya memiliki nama asli Claire Elise Boucher.

Kuliah Ilmu Saraf

Sebelum aktif berkarier di musik, Grimes sempat dikabarkan kuliah di McGill University dengan mengambil jurusan ilmu saraf di tahun 2006. Ada pula kabar yang mengatakan Grimes juga kuliah jurusan Psikologi dan Filsafat, serta mengambil minor Bahasa Rusia dan electro-acoustics.

Awal Karier Grimes

Selain sebagai penyanyi, Grimes juga terkenal sebagai penulis lagu berbakat. Dia memulai kariernya dengan menulis lagu dan mengunggahnya di Myspace pada 2007 silam. Dia memilih nama Grimes ketika memasukkan daftar tiga genre musik di Myspace, yang terinspirasi dari genre musik grime. 

Sudah Rilis 5 Album

Pada 2010, Grimes merilis album bertajuk Geidi Primes. Setelah itu, dia meluncurkan album keduanya bertajuk Halfaxa. Walaupun tidak setenar musisi mainstream lainnya, sebenarnya lagu-lagu Grime tidak asing di telinga para pecinta musik alternatif, terutama untuk genre elektropop. 

Album Visions yang dirilis di tahun 2012 menjadi karya pertama Grimes yang sukses secara komersil setelah mencuri perhatian dari pengamat dan media musik, baik di Kanada maupun Internasional.  Album Visions bahkan masuk dalam 500 Album Terbaik versi majalah musik NME tahun 2013. 

Kini total Grimes sudah merilis lima album studio dan satu EP sejak debut. Grime memperkenalkan album terbarunya berjudul Miss Anthropocene pada 2020 lalu. 

Musisi Nyentrik

Grimes juga terbilang sebagai musisi nyentrik, selain karena gaya musiknya yang beragam tapi gaya berpakaiannya juga terbilang tidak biasa. Dia kerap tampil topless dan memakai berbagai kostum. Menariknya lagi, kemampuan seni Grimes juga terbilang tinggi.

Selain berkontribusi dalam produksi lagu, Grimes juga piawai dalam bidang ilustrasi dan memilih menggarap sendiri semua sampul untuk albumnya. Padahal biasanya, musisi akan meminta seniman visual lain untuk mengerjakan covernya. Grimes pun terkenal dengan gaya artwork-nya yang khas yakni bernuasa punk dan goth.

Raih Banyak Penghargaan

Sepanjang kariernya, Grimes juga sudah meraih banyak penghargaan diantaranya Artist of the Year pada 2013 di Webby Awards, Socan Annual Awards (2016) hingga Harper’s Bazaar Musician of the Year Award (2016).

Album Art Angels yang dirilis Grimes di tahun 2015, juga menjadi nomor satu di tangga lagu Billboard Amerika dalam kategori Top Alternative Album. Kemudian, album itu ada di posisi dua untuk Top Independent Album.

Angkat Isu Sosial

Grimes cukup vokal menyuarakan isu-isu sosial dalam lagunya seperti fenimisme, seksisme hingga fiksi ilmiah. Di tahun 2013, Grimes bahkan pernah merilis pernyataan tertulis tentang pengalamannya sebagai musisi perempuan di industri yang didominasi laki-laki lewat akun Tumblr-nya. 

Setelahnya, muncul kabar dia memilih keluar dari label lawasnya dan menemukan label baru yang lebih sepaham dengan prinsipnya. Sejak saat itu, Grimes merasa mendapatkan kebebasan lebih untuk membahas isu-isu yang selama ini dia dengungkan. 

Salah satu lagu yang paling mencuri perhatian adalah Oblivion yang membahas minimnya rasa aman untuk perempuan. Selain itu, musik Grimes juga banyak dipengaruhi novel sci-fi dan game. Misalnya, album Geidi Primes yang terinspirasi dari novel sci-fi berseri Dunes yang fenomenal.

Pacar Elon Musk Sejak 2018

Grimes semakin menjadi sorotan publik sejak menjalin hubungan dengan Elon Musk. Mereka pertama kali mengumukan kisah cintanya saat hadir di acara Met Gala 2018. Dikutip dari PageSix, Elon Musk dan Grimes pertama kali memulai hubungan dengan saling bertukar candaan nerdy alias cupu tentang kecerdasaran buatan, artificial intelligent/AI.

Punya Anak dari Elon Musk

Kebahagiaan Elon Musk dan Grimes pun semakin lengkap dengan kehadiran buah hati mereka berjenis kelamin laki-laki yang lahir pada 4 Mei 2020. Kabar bahagia ini diumumkan Elon Musk melalui Twitternya satu hari setelah kelahiran anaknya. 

Kabar bahagia ini semakin mencuri perhatian saat nama sang anak diumumkan. Pasalnya, Elon Musk dan Grimes memberikan nama yang tidak kalah nyeleneh yakni X AE A-XII yang dibaca Ex Ash Ei Twelve. Grimes sempat menjelaskan arti di balik nama sang putra lewat cuitannya.

"X, adalah variabel tak diketahui. Æ, penulisan khususku untuk Ai (cinta dan/atau Artificial Intelligence). A-12 = pendahulu untuk SR-17 (pesawat favorit kami). Bukan senjata, bukan tentang pertahanan, hanya kecepatan, hebat untuk pertempuran, tetapi tanpa kekerasan + (A=Archangel, judul lagu favoritku)," cuit Grimes di Twitter-nya pada 6 Mei 2020.

Foto Bareng sama Jennie Blackpink di SpaceX

Kini, Grimes langsung menjadi sorotan setelah memposting foto kebersamaannya dengan Jennie Blackpink pada Senin, 26 Juli 2021. Terlihat, keduanya berpose di depan sebuah roket yang diketahui berasal dari perusahaan Elon Musk, SpaceX.

Melihat foto kebersamaan Jennie Blackpink dengan Grimes, banyak penggemar yang menduga kalau keduanya sedang mempersiapkan sebuah kolaborasi. Tapi terkait hal ini, YG Entertainment, selaku agensi yang menaungi Jennie Blackpink belum memberikan pernyataan apapun.

Baca juga: 10 Fakta Sofia Richie, Teman Party Rose Blackpink di AS