Doni Salmanan Membiayai Video Wonderland Indonesia - Alffy Rev

Instagram/@donisalmanan
Doni salmanan
Penulis: Hadi Mulyono
21/8/2021, 10.48 WIB

ZIGI – Musik video lagu Wonderland Indonesia karya Alffy Rev yang dirilis di hari Kemerdekaan Indonesia ke-76 berhasil menjadi trending nomor satu di YouTube Indonesia, Sabtu, 21 Agustus 2021.

Menariknya, video yang menampilkan kekayaan budaya Indonesia ini didanai oleh YouTuber dan Trader, Doni Salmanan. Seperti apa cerita di balik keterlibatan Doni dalam karya membanggakan Alffy Rev tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut ini sampai habis.

Baca juga: Pekerjaan Doni Salmanan Trading, Bisa Bagi-bagi Uang Bantuan PPKM

Ucapan Terima Kasih Alffy Rev

Lewat akun Instagramnya @alffy_rev, musisi kelahiran Mojokerto, Jawa Timur ini mengungkapkan perasaan harunya usai Wonderland Indonesia menduduki trending teratas YouTube Indonesia. Ia tak lupa mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Doni Salmanan sebagai eksekutif produser.

“Alhamdulillah, Kami berhasil membuktikan bahwa idealisme masih mampu menembus batas lini trending. Bung @donisalmanan terimakasih untuk tidak ragu sedikitpun menjadi Executive Producer “Wonderland Indonesia” !!! Anda menampar berbagai pihak yang sama sekali tidak peduli ketika kami berjuang mencari support untuk karya ini,” ungkap Alffy Rev dikutip Zigi.id dari akun Instagramnya, Sabtu, 21 Agustus 2021.

Di sisi lain, Doni Salmanan yang baru berumur 23 tahun itu juga menyampaikan rasa bangganya terhadap Wonderland Indonesia yang mendapat apresiasi dari masyarakat.

“Saya bangga telah mengsupport meski dari jauh dan melihat dari jauh proses Maha Karya yang sangat luar biasa. Terima kasih bro @alffy_rev sudah mempercayai saya mensponsori karya ini,” tulis Doni Salmanan di Instagramnya.

Meski begitu, tidak diketahui secara pasti berapa nominal biaya yang digelontorkan Doni Salmanan dalam mendukung proyek Wonderland Indonesia. 

Doni Salmanan Donasi ke Reza Arap Rp1 M

Sebelumnya, nama Doni Salamanan mencuat setelah menyalurkan donasi senilai Rp1 miliar kepada Reza Arap saat streaming game. Alasannya, Doni mengaku mengidolakan sosok Reza Arap sehingga tak tanggung-tanggung memberikan uang senilai Rp1 miliar.

“Dari dulu kan Doni suka sama konten-konten Reza Arap ya. Ini saya ngasih bener-bener ikhlas gitu dari hati saya, gak ada niat apa-apa gimana ya bro. Saya suka lihat ekspresi kamu ketika tadi ya, sangat menghibur kita semua,” ujar Doni ketika video call dengan Arap.

Penjelasan Alffy Rev soal Wonderland Indonesia

Wonderland Indonesia yang dirilis Alffy Rev menjadi perbincangan hangat warganet tidak hanya di dalam negeri namun hingga ke mancanegara. Di YouTube, muncul berbagai video Wonderland Indonesia Reaction yang membahas maha karya musisi 26 tahun itu.

Baru-baru ini, Alffy Rev menjelaskan salah satu bagian dari Wonderland Indonesia yang banyak dipertanyakan oleh warganet yaitu tentang makhluk mitologis naga. Di akhir video, Alffy memilih makhluk naga bukan Garuda yang menjadi lambang negara Indonesia karena diatur undang-undang. Berikut adalah penjelasan dari Alffy Rev:

“Kenapa makhluk di scene akhir bukan “Garuda” ? Kenapa Naga ? Makhluk mitologis dalam scene terakhir “Wonderland indonesia” ini adalah manifestasi dari Antaboga (Ontobugo) dan Garuda. Dalam pewayangan jawa kuno, Antaboga adalah raja ular penjaga perut bumi. Penguasa “dunia bawah”.

Sosok Antaboga atau Naga ini melekat pada budaya jawa dan bali. biasanya ada di ukiran gamelan, gerbang maupun gapura sebagai simbol “penjaga”. Secara fisik Antaboga memang lebih menyerupai ular naga, tapi kita kembangkan dengan perpaduan gagahnya Garuda dengan sayapnya. Sebagai sebuah simbol penjaga dunia atas dan bawah. Dan dikening terdapat simbol “Surya Majapahit” yang bermakna Dewata Nawa Sanga. Sembilan dewa penjaga disetiap penjuru mata angin.

Kenapa tidak Garuda dengan Pancasilanya saja ? Garuda Pancasila adalah lambang negara yang tentunya sensitif jika di fantasikan secara purba. Karena lambang negara tersebut dilindungi undang-undang. Begitulah sedikit dongengnya. Salam #WonderlandIndonesia | Merdeka Berbudaya!” demikian uraian Alffy Rev dikutip dari akun YouTube miliknya.

Baca juga: Profil dan Biodata Doni Salmanan, Umur 23 Beri Reza Arap Rp1 M