Kisah Sukses dan Sumber Kekayaan Doni Salmanan, Crazy Rich Bandung

Instagram/donisalmanan.official
Doni Salmanan
21/1/2022, 08.00 WIB

ZIGI – Doni Salmanan dikenal sebagai crazy rich Bandung karena kekayaan yang fantastis. Di bulan Juli 2021, namanya semakin dikenal publik karena berdonasi Rp1 miliar ke Reza Arap yang kala itu tengah live streaming game Ragnarok X.

Doni Salmanan mengaku bahwa di masa lalu ia pernah hidup susah. Namun, karena bekerja keras ia pun bisa merasakan kehidupan yang diinginkan. Penasaran seperti apa perjalanan hidupnya? Simak ulasan berikut!

Baca Juga: 5 Fakta Doni Salmanan Donasi Rp1 M ke Reza Arap, Uangnya Buat Ini

Doni Salmanan Ditolak Bekerja di Pabrik hingga Jadi Tukang Parkir

Siapa sangka jika perjalanan hidup Doni Salmanan tidaklah selalu mulus. Rupanya dia sempat mencari pekerjaan ke berbagai pabrik. Doni mengaku hanya bermodalkan ijazah SD untuk bekerja di pabrik. Lantaran, ia tidak mengenyam pendidikan SMP dan SMA.

Awalnya, keberutungan tak berpihak pada Doni karena ia pernah ditolak perusahaan yang mematok karyawannya untuk memiliki ijazah SMA. 

"Minimal ijazahnya SMP, tapi gajinya di bawah UMR, sedangkan SMA gajinya UMR. Gaji Rp2,8 juta saat itu sangat besar, tapi saya nggak diterima," kata Doni dikutip dari YouTube King Salmanan pada Selasa, 18 Januari 2022.

Sebab itu, Doni merasa menyesal karena tidak melanjutkan pendidikannya. Saking sulitnya mencari pekerjaan, ia lalu menjadi juru parkir.

"Saya lalu jadi tukang parkir," ujar Doni.

 

Keinginan Kuat hingga Berhasil menjadi Miliader

Hal itu rupanya tak mematahkan semangat Doni dalam berusaha. Sepulang dari bekerja sebagai juru parkir, Doni pun pergi ke warung internet (warnet). Disana dia mencari berbagai peluang untuk menjadi orang sukses.

Dia pun mencoba memahami trading Bitcoin pada tahun 2018 silam. Hingga suatu ketika Doni pun meminjam uang kepada rentenir untuk modal trading sebesar Rp500 ribu. 

"Awalnya sempat mencoba Bitcoin, dengan modal seadanya, namun kurang berhasil, akhirnya saya tertarik dengan dunia trading, dan di situ saya pelajari seputar instrumen trading seperti Cryptocurrency, Saham, Forex, dan lainnya," ucapnya.

Modal itu digunakan untuk membuka rekening bank. Satu bulan kemudian modal tersebut berhasil berkembang menjadi US$ 2 ribu atau sekitar Rp28,6 juta. Ia pun berpesan pada anak muda yang ingin mencoba trading agar mempelajari dan mencobanya sendiri.  

"Jangan menitipkan modal kepada perorangan ataupun lembaga yang tidak terpercaya karena hal tersebut merugikan dan juga tidak menjadikan kita semakin pintar dalam dunia trading," kata dia.

Tak sampai disitu, namanya kian melejit usai menjadi pendukung dana dalam proses produksi video 'Wonderland Indonesia' besutan Alffy Rev. Kala itu, Doni menjadi satu-satunya pihak yang rela merogoh kocek pribadi untuk pembuatan video berisi keindahan alam dan budaya Indonesia tersebut. 

Di akhir cerita Doni meninggalkan pesan untuk anak muda agar jangan pernah menyerah untuk mencoba, teruslah belajar selama itu baik dan jangan pernah bosan, karena belajar adalah investasi terbesar dalam hidup. 

 

Sumber Kekayaan Doni Salmanan, Grazy Rich Asal Bandung

Berhasil membuka jalan kesuksesan, Doni pun memanfaatkannya untuk merintis beberap bisnis yang menjadi sumber kekayaannya saat ini. Adapun sumber Doni sebagai berikut:

  • Trading

Sumber kekayaan Doni Salmanan yang pertama adalah dari hasil trading, ia bercerita bahwa pada sebuah kesempatan ia berhasil meraup keuntungan sebesar Rp28 juta dengan modal awal Rp500 ribu.

Seiring dengan berjalannya waktu, trading yang ditekuni oleh Doni berhasil memberikan hasil yang cukup memuaskan. Namun kenyataannya selama ia menjalani trading ia tidak selalu meraup keuntungan dan beberapa kali merugi.

  • Channel YouTube

Sumber kekayaan Doni Salmanan yang kedua adalah melalui channel YouTube yang ia kelola. Melansir dari Social Blade, channel YouTube King Salmanan yang berisi konten finansial seperti cara, strategi, hingga tips trading, sudah punya 1,2 juta subscribers telah mengunggah 269 video.

Sementara untuk channel Salmanan Vlog yang punya 762 ribu subscribers, Doni Salmanan menyajikan konten seputar review otomotif hingga kegiatannya sehari-hari mulai dari main golf, touring, hingga challenge.

Adapun pendapatan yang diraup Doni Salmanan dari YouTube mencapai US$ 467 – US$ 7,5 ribu atau Rp6,6 juta – Rp107 juta per bulan.

  • CEO Salmanan Group

Semua hasil kekayaan yang berhasil Doni kumpulkan kemudian ia gunakan untuk melebarkan sayapnya untuk berbisnis. Salmanan Group memiliki bisnis dalam bidang production dan coffee shop.

Itulah kisah dibalik kesuksesan YouTuber sekaligus pengusaha Doni Salmanan serta sumber kekayaan yang membuatnya kini dikenal sebagai miliader atau crazy rich Bandung di usia 23 tahun.

Baca Juga: Profil dan Biodata Doni Salmanan, Umur 23 Beri Reza Arap Rp1 M