Momen Dian Sastrowardoyo Khatam Al-Quran di Bulan Ramadan

Instagram/@therealdisastr
Dian Sastrowardoyo
Penulis: Hadi Mulyono
20/4/2022, 15.53 WIB

ZIGI – Bulan Ramadan menjadi momentum umat Islam untuk memperbanyak ibadah tak terkecuali bagi Dian Sastrowardoyo. Artis yang sejak tahun 2006 menjadi mualaf tersebut, baru saja membagikan momen ketika khatam Al-Quran di bulan Ramadan 1443 H.

Seperti apa detik-detik Dian Sastrowardoyo menyelesaikan bacaan Al-Quran di pertengahan bulan Ramadan kali ini? Berikut berita selengkapnya.

Baca Juga: 5 Artis Sambut Gembira UU TPKS, Cinta Laura hingga Dian Sastro

Dibagikan Lewat Instagram Stories

Lewat unggahan di feed Instagram, Dian Sastrowardoyo hanya membagikan foto saat ia mengenakan kerudung warna krem. Di keterangan foto tersebut, ia hanya menulis lambang hati warna biru dan emoji tangan sedang berdoa.

Namun di Instagram Stories, artis berusia 40 tahun ini membagikan lebih detail momen haru saat ia mengkhatamkan kitab suci agamanya. Dian memilih menyelesaikan membaca Al-Quran pada Ramadan kali ini di kediamannya.

"Khataman Qur'an 2022," tulis Dian Sastrowardoyo dikutip Zigi.id dari Instagram @therealdisastr, 20 April 2022.

Momen tersebut ia bagikan tepat tanggal 19 April 2022 malam. Itu artinya, Dian Sastro menamatkan bacaan kitab mulia tersebut tepat pada malam Nuzulul Qur'an yang diperingati setiap tanggal 17 Ramadan.

Nuzulul Qur'an adalah hari di mana kitab suci Al-Quran pertama kali diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW lewat perantara malaikat Jibril. Ayat yang pertama kali turun adalah Surah Al-Alaq ayat 1-5.

Dilakukan Secara Berjemaah

Meski dilakukan secara online, tetapi Dian Sastrowardoyo khatam Al-Quran di bulan Ramadan kali ini secara berjemaah. Sambil menahan kantuk, artis kelahiran 16 Maret 1982 ini menunjukkan jemaah yang mengikuti proses khataman Al-Qur'an.

Dilihat dari Insta Stories yang dibagikan, jemaah tersebut berjumlah 18 orang di antaranya Tita Latief Yoa, Metta Triandini, Dian Sastro, Lia Tadii, Pipi Yunal, Reina Latief dan  lain-lain. Adapun tiga orang laki-laki dalam foto tersebut diduga merupakan imam yang membimbing jemaah.

Dian Sastro sendiri merupakan artis yang dibesarkan dari keluarga dengan latar belakang agama berbeda. Ayahnya menganut agama Buddha sedangkan ibunya beragama Katolik.

Ketika berbincang dengan Daniel Mananta di YouTube Daniel Mananta Network pada 2021 silam, Dian Sastro menceritakan awal mula ia menemukan Islam. Dian mengaku bisa memeluk Islam setelah mempelajari berbagai agama termasuk mendalami filsafat.

Hingga suatu hari, Dian Sastro mengikuti pengajian (Islam) setelah diajak oleh tantenya. Di pengajian itulah ia bertemu seorang ustaz yang bisa memberi jawaban tentang pertanyaan mengenai agama yang menurutnya paling logis.

"Cuma ada satu yang enggak gue nyangka banget. Tante gue ngajakin gue ke pengajian dia. Terus di situ ada pak ustaz yang jawabannya logis banget. Gue kan anak filsafat gue perlu jawaban logis," ujar Dian Sastro.

"Dia menjawabnya pakai Al-Quran dan kitab Injil perjanjian baru dan lama, dia mengajari toleransi. Terus gue mau belajar sama bapak ini karena pemikirannya dalem banget," sambungnya.

Sejak saat itulah Dian Sastrowardoyo semakin giat dalam meperdalam agama Islam dan berusaha berubah menjadi lebih baik. Hingga hari ini, khatam Al-Quran telah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan Dian Sastro setiap tahun.

Baca Juga: Profil dan Biodata Dian Sastro: Agama, Suami, Karier, Umur, Mualaf