Justin Bieber Derita Ramsay Hunt Syndrome, Sebagian Wajah Lumpuh

Instagram/@justinbieber
Justin Bieber
Penulis: Hadi Mulyono
11/6/2022, 10.20 WIB

ZIGI – Kabar kurang menyenangkan datang dari megabintang Justin Bieber. Penyanyi asal Kanada ini terpaksa menunda sejumlah konser yang telah dijadwalkan karena mengalami kelumpuhan wajah sebagian atau Ramsay Hunt Syndrome.

Penyakit apa yang sebenarnya tengah menyerang pelantun lagu Peaches tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya dari Justin Bieber.

Baca Juga: 3 Fakta Justin Bieber Tunda Konser karena Sakit, Indonesia Gimana?

Terkena Sindrom Ramsay Hunt

Melalui video di Instagram, Justin Bieber mengatakan pada hari Jumat, 10 Juni 2022 bahwa ia telah didiagnosis mengalami sindrom Ramsay Hunt. Akibatnya, setengah dari wajah suami Hailey Baldwin ini mengalami kelumpuhan.

"Bagi mereka yang frustrasi dengan pembatalan pertunjukan berikutnya, saya secara fisik jelas tidak mampu melakukannya. Ini cukup serius seperti yang Anda lihat," terang Justin Bieber di video Instagram dikutip dari CBS News pada Sabtu, 11 Juni 2022.

Dalam video itu, ia memperlihatkan setengah dari wajahnya tidak bisa digerakkan. Hanya mata sebelah kiri yang bisa berkedip sedangkan bagian kanan tidak bisa tertutup.

"Saya berharap ini tidak terjadi, tetapi jelas tubuh saya memberi tahu saya bahwa saya harus melambat. Dan saya harap kalian mengerti," tambah Justin Bieber.

Meski diakui penyakit tersebut cukup serius, tetapi Justin Bieber optimis bisa segera pulih dengan latihan wajah yang kini rutin dilakukan. Hanya saja, ia belum bisa memastikan kapan kesehatannya kembali dan bisa melanjutkan konser.

"Ini akan baik-baik saja. Dan saya berharap dan saya percaya pada Tuhan dan saya percaya bahwa ini semua karena suatu alasan, dan saya tidak yakin apa itu sekarang tapi sementara itu saya akan beristirahat, dan saya mencintaimu teman-teman," kata Bieber.

Apa Itu Sindrom Ramsay Hunt?

Dikutip dari Mayo Clinic, sindrom Ramsay Hunt terjadi ketika seseorang terserang virus yang mempengaruhi syaraf wajah di dekat telinga. Virus tersebut bisa menyebabkan kelumpuhan wajah hingga gangguan pendengaran. Akan tetapi, risiko jangka panjang penyakit ini bisa diatasi dengan penanganan cepat.

Imbas dari gangguan kesehatan yang dialami, sebagian jadwal tur dunia Justin Bieber bertajuk Justice World Tour terpakasa ditunda. Ia dijadwalkan tampil di Toronto pada 7 dan 8 Juni dan pertunjukan di Washington D.C. pada 10 Juni namun kini telah ditunda.

Penundaan ini menjadi yang kesekian kali dialami Justin setelah sebelumnya pernah ditunda karena pandemi. Tahun 2020 ketika Justice World Tour direncanakan sebagai bagian dari promo album studio kelima Bieber, virus corona merebak yang menyebabkan rencana itu terkendala.

Selanjutnya pada tahun 2021, tur yang berganti nama menjadi The Justin Bieber World Tour lagi-lagi ditunda karena virus terus bermutasi dan memunculkan beragam varian. Awal tahun 2022, tur yang akan dilanjutkan lagi-lagi ditunda karena Justin Bieber positif COVID-19.

Kini masalah datang lagi karena Justin Bieber didiagnosis menderita kelumpuhan wajah sebelah hingga waktu pemulihan belum bisa dipastikan. Cepat sembuh Justin!

Baca Juga: 5 Penyanyi Luar Negeri Bakal Manggung di Indonesia 2022-2023