Bintang Emon Diminta Hati-hati Usai Tanggapi RKUHP Hina Pemerintah

@bintangemon/Instagram
Bintang Emon
19/6/2022, 10.08 WIB

ZIGI – Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) Hina Pemerintah tengah ramai diperbincangkan publik. Salah satunya adalah komika Bintang Emon yang kerap mengkritisi pemerintah melalui materi stand up comedy-nya.

Pasalnya, bagi penghina pemerintah akan dijatuhi hukuman penjara selama tiga tahun sedangkan bagi penyebarnya akan dihukum empat tahun. Yuk simak ulasannya di bawah ini! 

Baca Juga: Sempat Nyindir, Reaksi Bintang Emon Diajak Ngopi sama Iwan Bule

Tanggapan Bintang Emon Soal RKUHP Hina Pemerintah

RKUHP Hina Pemerintah masih menjadi perbincangan hangat masyarakat Indonesia. Tidak sedikit publik meminta pasal hina pemerintah ini diatur secara terbuka. Lantaran sedang ramai diperbincangkan, Bintang Emon juga turut mengungkapkan pendapatnya.

“Gua setuju dengan pasal ini kalo yang dilakukan adalah penghinaan yang semua sepakat pengihinaan. (Misal) Jaksa tuh **, lembaga negara tuh **,” ujar Bintang Emon dikutip dari akun TikToknya pada Minggu, 19 Juni 2022.

Meskipun setuju dengan pasal hina pemerintah, Bintang Emon menggarisbawahi bahwa bentuk rasa tersinggung setiap individu berbeda-beda.

“Tapi kan bentuk tersinggung orang berbeda-beda. Setiap orang bisa tersinggung terhadap apapun berdasarkan perasaannya,” ujar Bintang Emon.

Pria berusia 26 tahun ini juga memperagakan seorang sipil yang sedang melihat pejabat pemerintah yag tengah lewat. Sebab sedang diperhatikan, Bintang Emon yang memperagakan sebagai pejabat pemerintah merasa tersinggung.

“Ngapain kamu ngeliatin saya? Kau menghina saya? Tangkap!” ujar Bintang Emon yang sedang memperagakan pejabat pemerintah.

Fans Khawatir dengan Bintang Emon

Bintang Emon melanjutkan bahwa isi pasal Hina Pemerintah tersebut tidak jelas karena dianggap hanya menguntungkan pejabat pemerintah saja.

“Terus bunyi pasalnya juga nggak jelas, bisa saja buat kita kritik buat mereka itu penghinaan. Setahu gua, undang-undang apapun dibuat berdasarkan kepentingan rakyat. Nah pasal ini tuh untuk kepentingan rakyat atau kepentingan wakil rakyat?” ujar Bintang Emon.

Komika yang pernah bermain di Imperfect The Series ini kembali menyarankan pemerintah agar tidak membuat Undang-Undang demi menjaga nama baik pejabat.

“Kalau emang tujuannya untuk menjaga nama baik, saran saya pak, fokusnya jangan di menjaga tapi di nama baiknya dulu. Yakin banget pak nama baiknya udah baik sampe harus dijaga?” lanjutnya.

Melihat unggahan Bintang Emon yang kembali mengkritik pemerintah, sejumlah warganet justru mengkhawatirkankomika kelahiran 1996 ini.

Dia berani banget sumpah, gua yang deg-degan terus tiap dia udah up,” komentar salah seorang netizen.
Bang ingat bang bentar lagi mau nikah, takut lu ilang doang bang,” timpal netizen yang lain.

Warganet pula ada yang khawatir pada Alca Octaviani, calon istri Bintang Emon. Sementara Kiky Saputri terlihat mendukung Bintang lewat komentar Instagram.

Baca Juga: Bintang Emon Sindir Fans K-pop yang Mau Nuntut Safa Space