ZIGI – Popularitas Bonge sebagai ikon Citayam Fashion Week membawanya sebagai bintang tamu di salah satu acara televisi lokal yang bertajuk Catatan Demokrasi. Dalam acara tersebut disertai beberapa narasumber lain, salah satunya adalah aktor Neno Warisman.

Ekspresi Bonge ketika Neno Warisman membahas fenomena Citayam Fashion Week rupanya mendapatkan perhatian dari warganet dan ramai diperbincangkan di Twitter. Penasaran seperti apa ekspresi Bonge? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Bonge Tanggapi Video Viral Jeje Linces Ngamuk di Citayam Fashion Week

Ekspresi Bonge Saat Neno Warisman Bahas Citayam Fashion Week

Bonge menjadi salah satu bintang tamu dalam acara yang ditayangkan oleh tvOne, Catatan Demokrasi. Acara ini mengusung tema Fenomena Citayam Fashion Week Dari Cari Sensasi Sampai LGBT

Bonge terlihat duduk sendiri untuk menceritakan Citayam Fashion Week. Salah satu pengguna Twitter justru menyoroti ekspresi Bonge ketika Neno Warisman menyampaikan perihal Citayam Fashion Week.

“Bonge Bete diceramahin Neno Warisman,” tulis pengguna Twitter disertai potret wajah Bonge.

Unggahan pengguna Twitter tersebut langsung memicu berbagai perdebatan netizen. Tidak sedikit netizen yang setuju dengan yang disebutkan pengguna Twitter namun ada pula netizen yang mengungkapkan sebaliknya.

Kasian banget lu Bonge, tongkrongan lu dilabelin Citayam Fashion Week oleh outsider, diserbu macam-macam orang sampai macet, di cap sarang pergaulan bebas dan LGBT, sekarang lu diceramahin pemuka agama, kemarin dikonteni artis eks model, sekarang jadi konten TV Swasta, sabar ya Nge,” komentar salah seorang netizen.

Guys, coba lihat videonya langsung. Ini ga ‘diceramahin’ malah beliau seneng sama fenomena ini,” komentar netizen yang lain.

Neno Warisman menganggap remaja tanggung tengah mencari jati diri dan peran orang tua sangat penting untuk mengisi jiwa anak-anak tersebut.

Bonge Ceritakan Asal Mula Citayam Fashion Week

Sebagai ikon Citayam Fashion Week, Bonge menjadi perhatian banyak orang setelah video viralnya bersama dengan mantan kekasihnya, Kurma. Fenomena di Sudirman ini semakin menarik perhatian karena anak remaja yang nongkrong di kawasan tersebut memiliki penampilan fashion yang unik.

Salah satu narasumber di Catatan Demokrasi, Tsamary Amany merasa penasaran dengan fenomena tersebut dan mempertanyakan awal mula Citayam Fashion Week terbentuk.

“Waktu itu Bonge lihat temen-temen gitu kayaknya seneng banget di Sudirman. Dulu sebelum Bonge dateng, Sudirman sepi banget tuh. Bonge dateng lama-lama terus rame dah tuh sampe luar kota dateng,” ujar Bonge dikutip dari YouTube tvOne News pada Kamis, 28 Juli 2022.

Bonge turut menjawab alasannya lebih memilih bermain di stasiun Dukuh Atas, Sudirman dibandingkan di tempat lain untuk nongkrong. Menurutnya, di kawasan tersebut ia akan bertemu dengan banyak teman dan saling membantu.

“Seneng aja gitu, banyak temennya. Rame gitu,” imbuhnya.

Bonge Dapat Bantuan dari Gubernur Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut dihadirkan secara virtual dan memberikan beberapa pilihan tunjangan kepada Bonge. Ada pun tunjangan yang diberikan oleh Ridwan Kamil adalah pakaian, bedah rumah, beasiswa hingga biaya sekolah.

Tidak ingin melewatkan kesempatan, Bonge memprioritaskan terlebih dahulu keinginan keluarga untuk bedah rumah kemudian dilanjutkan dengan melanjutkan sekolah.

Seperti kabar yang sudah beredar, Bonge diketahui telah putus sekolah karena perekonomian dan memutuskan untuk jadi pengamen. 

“Bonge mau ngelanjutin sekolah dari kelas 3 SD aja,” jelas Bonge.

Ketika ditanya alasannya putus sekolah, Bonge membeberkan bahwa dirinya telah kehilangan sang ayah karena meninggal dunia saat usia 3 bulan.

“Jadi gini, Bonge nggak pernah ketemu keluarga, orang tua lah, ayah soalnya ayah meninggal dari bonge tiga bulan. Akhirnya orang tua Bonge nggak ada biaya jadi akhirnya Bonge maksainlah buat keluar dari sekolah akhirnya Bonge ngamen,”

Sebab Bonge telah menjadi orang terkenal, Bonge mampu membiayai adik-adiknya untuk sekolah. Selain itu, pemilik nama Eka Satria Saputra ini mampu membelikan orang tuanya ponsel hingga sepeda motor berkat Citayam Fashion Week.

Baca Juga: Bonge Sebut Uang Rp500 Juta dari Baim Wong untuk Citayam Fashion Show