Awal Mula Pidato Harry Styles di Grammy Awards 2023 Tuai Kritikan

Instagram @suporterharrystyles
Harry Styles di Grammy Awards 2023
7/2/2023, 11.20 WIB

ZIGI – Harry Styles membawa dua piala kemenangan di Grammy Awards 2023, pertama sebagai Best Pop Vocal Album dan kedua hadiah terbesar yaitu Album of the Year untuk Harry’s House. Namun pidato kemenangan dari mantan Taylor Swift ini menuai kritikan dari netizen luas. 

Banyak yang menuding Harry Styles menyinggung white privilage atau hak istimewa sebagai orang kulit putih saat berpidato. Simak kronologi kritikan untuk Harry Styles di bawah ini.

Baca juga: Daftar Pemenang Grammy Awards 2023, Beyonce Pecahkan Rekor

1. Isi Pidato Harry Styles di Grammy Awards 2023

Harry Styles mengalahkan Beyonce, Adele, Lizzo, dan Bad Bunny dalam perebutan gelar Album of the Year. Ia pun langsung naik podium dan memberikan pidato berisi ucapan terima kasih kepada orang-orang yang telah membantu dan ketidakpercayaannya bisa membawa pulang piala utama. 

“Aku mendapatkan banyak inspirasi dari setiap artis yang ada di kategori (Album of the Year) bersamaku. Aku mendengarkan setiap lagu dari mereka ketika sendiri. Dan pada malam seperti ini, tentu saja, adalah momen yang tepat untuk mengingat bahwa tidak ada yang terbaik dalam musik. Kupikir tidak ada orang yang berada di studio membuat musik dan berharap mereka mendapatkan penghargaan apa pun. Terima kasih. Hal ini tidak sering terjadi pada orang-orang sepertiku, ini benar-benar baik, terima kasih,” tutur Harry seperti dikutip Zigi.id dari Entertainment Tonight. 

2. Harry Styles Tuai Kritikan, Dituding Singgung White Privilege

Kata-kata ‘Hal ini tidak sering terjadi pada orang-orang sepertiku’ menuai pro kontra. Meski tidak jelas apa yang dimaksud Harry dengan ‘orang-orang sepertiku’ banyak yang menuding kalau kalimat tersebut merujuk pada pria kulit putih seperti dirinya yang terus mendominasi industri musik. 

Harry Styles harus mengirim 9000 kata permintaan maaf kepada Kendrick Lamar dan Beyonce, kemudian menatonya semuanya di badan,” begitu komentar netizen di Twitter.

 

”’Tidak sering terjadi pada orang-orang seperti aku?’ Wow kami tak setuju, Harry. Pria kulit putih medioker selalu dibuat glamor, diberi piala dan penghargaan dibanding dengan perempuan kulit hitam luar bisa dengan talenta besar seperti Beyonce, sepanjang hari, setiap hari,” tambah yang lain.
”’Tidak pernah terjadi pada orang sepertiku’ adalah kata-kata yang paling menunjukan kuasa white privilege dalam ajang penghargaan apa pun sepanjang masa,” yang lain ikutan memberikan pendapat.

3. Penonton Minta Harry Styles Turun dari Panggung Grammy Awards 2023

Beyonce memiliki total 32 piala Grammy sepanjang kariernya. Ini menjadikan pemilik album Renaissance sebagai musisi dengan kemenangan Grammy terbanyak sejauh ini. Namun banyak penggemar yang menyoroti keputusan panitia untuk tidak memberikan Album of the Year tahun ini kepada Beyonce. 

Saat Harry Styles memberikan pidato kemenangan, ada sejumlah penonton yang memintanya untuk turun ke panggung sembari menyebutkan nama Beyonce. Momen ini terekam dalam kamera salah satu penonton yang lain. 

”Get off the stage. Beyonce should’ve won. Turun dari panggung, harusnya Beyonce yang menang,” begitu isi teriakan penonton.

Terlihat Taylor Swift berdiri memberikan penghormatan untuk Harry Styles yang sedang berpidato. Dukungan Taylor kepada sang mantan di Grammy Awards 2023 menuai sorotan dan juga pujian dari warganet.

Baca juga: Jadi Mantan, Aksi Taylor Swift ke Harry Styles di Grammy 2023 Disorot