ZIGI – Meskipun NFT telah lahir dari tahun 2014, namun masa kejayaanya bersinar saat sebuah NFT bernama BYAC muncul ke permukaan. Bored Ape diluncurkan pada 2021, dan langsung melejit di kalangan para kolektor NFT.

Lalu apa yang membuat NFT Bored Ape begitu spesial? Berikut fakta-faktanya.

Baca Juga : The Infinite Machine, Film Tentang Pendiri ETH Didanai Lewat NFT 

Pencetus Bored Ape

Siapakah yang menciptakan karya NFT monumental ini? The Bored Ape Yacht Club (BYAC) diciptakan oleh tahun 2021 kolektif seniman, Yuga Labs, yang beranggotakan empat orang. Namun keempat orang tersebut menutupi identitas asli mereka sampai Februari 2022.

Pencipta NFT Bored Ape menggunakan nama samaran, keempatnya adalah, Theres Gordon Goner, Gargamel, No Sass, dan Emperor Tomato Ketchup

Thers Gordon Goner dan Gargamel adalah dua pendiri utama, sedangkan dua lainnya, adalah orang-orang yang ikut membantu dalam proses pengembangan NFT.

Namun kedua pendiri akhirnya mengungkapkan identitas asli mereka. Theres Gordon Goner bernama asli Wylie Aronow, Gargamel bernama asli Greg Solano. 

Bored Ape Termahal Senilai Rp49 Milliar

Bored Ape menjadi salah satu koleksi NFT termahal yang dimiliki Yuga Labs. Perlu diketahui, tinggi rendahnya harga sebuah Bored Ape NFT ditentukan oleh fitur unik dan rahasia yang ada di karya tersebut. 

Contohnya saja, Bored Ape YC #7495, yang menjadi salah satu BAYC paling langka dengan skor kelangakaan 364.42. Ada beberapa keunikan yang terdapat di NFT ini, yang tidak terdapat di NFT BAYC lainnya seperti latar belakang aquamarine, pisau di mulut, anting salib, mata robot, turtleneck bulu, dan topi bergaya Irlandia. 

Meskipun begitu, BAYC termahal masih dipegang oleh #8817 yang terjual seharga US$3,4 juta atau setara dengan Rp49 miliar rupiah (kurs Rp 14,687) pada tahun 2021.

Kenaikan harga BAYC juga terjadi karena banyaknya selebriti yang membeli NFT ini, sebut saja Jimmy Fallon, Eminem, Justin Bieber hingga Paris Hilton. Beberapa dari mereka bahkan sempat menggunakan NFT koleksinya sebagai profil picture di akun sosial media mereka. 

Ada Sekitar 10.000 NFT Bored Ape

 

Hanya ada sekitar 10.000 NFT di dalam blockchain Ethereum. Harga dasar yang ditawarkan saat pertama kali dilepas adalah 113 Ethers atau sekitar US$349 ribu atau setara dengan Rp5 Milliar (kurs Rp 14,702).

Jimmy Falon sempat membeli BAYC seharga US$ 200.000 atau setara dengan Rp2,9 Milliar (kurs Rp 14,702).

Sebagai tambahan, membeli NFT BAYC, juga akan memberikan para pemegang hak dan benefit khusus. Contohnya, para anggota akan mendapatkan akses ke dalam komunitas BAYC dan The Bathroom, tempat para holder berkumpul.  

Bored Apes Dapat Bermutasi

Setelah 10.000 NFT Bored Apes diluncurkan, pada 28 Agustus 2021, para pemegang NFT ini diberikan satu dari tiga “serum mutan”. Para pemilik NFT dapat menyuntikkan serum ini kepada Bored Apes miliknya, dan nantinya akan bermutasi menjadi Mutant Apes. 

Pihak BAYC menyebut akan ada 10.000 mutan baru yang akan dilepas ke public dalam waktu ke depan. 

Segera Rilis Film “The Degen Trilogy”

Perusahaan penjualan kripto, Coinbase mengumumkan bahwa pihaknya akan membuat film bertema NFT. Secara khusus, NFT yang digunakan adalah NFT keluaran Bored Ape Yacht Club (BYAC) yang akan menampilkan Bored Apes, Mutant Apes, ApeCoin. 

Film ini akan disebut sebagai The Degen Trilogy. Coinbase akan bertanggung jawab dalam produksi film sementara BAYC akan diserahi tugas penggalangan dana. 

Meskipun belum mengumumkan jadwal rilis resmi, Coinbase mengajak setiap para pemegang NFT Bored Ape untuk ikut casting dengan menggunakan NFT nya masing-masing. 

Itu tadi fakta menarik mengenai salah satu NFT termahal di blockchain Ethereum, Bored Ape Yacht Club. Apakah tertarik mengkoleksinya?

Baca Juga : 3 Tips Jitu Jualan NFT, Maksimalkan Pemasaran Digital