Potret Gedung Sekolah BTS Sebelum Terkenal Ternyata Sederhana

Bighit Entertainment
BTS OT7
Penulis: Maria Margaretha
27/4/2021, 18.52 WIB

ZIGI – BTS debut di 2013 dan kini menjadi boyband yang mendunia. V, RM, Suga, J-Hope, Jin, Jimin, dan Jungkook mencatat banyak sejarah termasuk menjadi grup Korea pertama yang masuk nominasi Grammy Awards 2021 kategori Pop Duo/Group Performance berkat lagu Dynamite.

Berhasil sukses di usia muda, ketujuh member BTS tetap bersikap rendah hati lho. Hal ini yang membuat penggemar atau ARMY selalu setia mendukung grup asuhan BigHit Entertainment tersebut.

Bahkan kehidupan sederhana para member BTS terlihat sejak mereka masih sekolah. Hanya sang maknae Jungkook yang merasakan pendidikan di sekolah elit, SOPA. Sementara yang lain bersekolah di kampung halaman mereka. Yuk intip gedung sekolah member BTS!

RM


Sumber Foto: Koreaboo

Kim Nam Joon alias RM lahir 12 September 1994 di Yeoi Dong, Seoul. Kemudian saat berumur 4 tahun, keluarganya pindah ke Ilsan yang jaraknya sekitar 20 kilometer dari kota Seoul. Sejak SD, RM sering berpindah sekolah.

RM masuk sekolah dasar Baeksin yang terletak di Gyeonggi-do, Kota Goyang. Tidak lama kemudian, RM pindah ke Oma Elementary School hingga lulus SD. RM melanjutkan sekolah menengah di Sinil Middle School yang masih terletak di Gyeonggi-do, Ilsan, Kota Goyang.

Lulus SMA, RM bersekolah di Ilsan Daejin High School lalu pindah ke Apgujeong High School yang terletak di Gangnam, Kota Seoul. Jaehyun NCT juga tercatat sebagai alumni sekolah Apgujeong. 

Sebelum lulus, RM pindah lagi ke Seoul Performing Arts High School atau akrab dikenal dengan nama SOPA. Pada 2010, saat berusia 16 tahun ia mulai menjadi trainee di BigHit Entertainment bersama Suga dan J-Hope.

Jin


Sumber Foto: Koreaboo

Kim Seok Jin lahir di kota Gwacheon, 4 Desember 1992. Awalnya, member tertua BTS ini bersekolah di Gwanmoon Elementary School di Gyunggi-do, Gwacheon. Kemudian pindah ke Seoul Seryun Elementary School. Jin lanjut SMP ke Bosung Middle School di Songpa dan sekolah SMA sampai lulus di Bosung High School.

Suga


Sumber Foto: Koreaboo

Min Yoongi lahir pada 9 Maret 1993 di Taejeon-dong. Kira-kira waktu yang ditempuh 50 menit menggunakan KTX ke kota Seoul. Suga masuk sekolah dasar Daegu Taejeon dan lanjut SMP di Gwanum Middle School. Kemudian masuk SMA di Kangbuk High School namun pindah ke Apgujeong High School, saat mulai menjadi trainee bersama RM.

J-Hope


Sumber Foto: Koreaboo

J-Hope menempuh pendidikan di kampung halamannya di Gwangju hingga lulus SMA. Idol kelahiran 18 Februari 1994 ini bersekolah di Seoil Elementary School. Kemudian masuk SMP di Ilgok Middle School, masih di area yang sama. Pemilik nama Jung Ho-Seok ini lulus di SMA Gukje.

Jimin


Sumber Foto: Koreaboo

Jimin lahir di Busan pada 13 Oktober 1995 dan menempuh pendidikan hingga SMA di sana. Sayangnya, SD Hwidong tempatnya bersekolah dulu kini sudah tutup. Begitu juga dengan SMP Yunsan. Jimin sempat bersekolah di SMA Busan Arts, di mana banyak guru yang memuji sosoknya. Saat meniti karier sebagai idol, Jimin sempat pindah ke SMA Hankuk Performing Arts yang kini sudah ditutup.

V


Sumber Foto: Koreaboo

Kim Taehyun bersekolah di Daegu Daesung saat SD sebelum keluarganya pindah ke Gangnam dan pindah ke SD Changnam. Kemudian saat SMP pindah ke Geochang. Lalu kembali bersekolah ke Daegu saat SMA di Daegu Jeil. Ketika mulai menjadi trainee di 2011, idol kelahiran 30 desember 1995 ini pindah SMA ke Hankuk Performing Arts seperti Jimin. BTS debut di 2013.

Jungkook


Sumber Foto: Koreaboo

Member termuda BTS, Jeon Jungkook bersekolah SD hingga SMP di Baekyang yang terletak di Busan. Kemudian, idol kelahiran 1 September 1997 ini pindah ke Seoul untuk menjadi trainee. Jungkook lanjut sekolah di SMP Singu yang ada di Gangnam. Lalu lulus dari sekolah bergengsi School of Performing Arts (SOPA).