True Beauty dan 6 Drama Korea Tentang Bahaya Standar Ganda Kecantikan

Berbagai Sumber
Drama Standar Kecantikan
29/4/2021, 18.45 WIB

ZIGI – Kisah tentang kecantikan fisik bukan hal yang baru di drama Korea, seperti yang pernah ditampilkan dalam Oh My Venus (2015), She Was Pretty (2015), hingga True Beauty (2020). Anak dari keluarga kaya biasanya digambarkan sebagai sosok yang tampan dan cantik. Sementara karakter yang berasal dari status ekonomi yang lebih rendah akan dibuat kurang menarik meskipun tetap menawan. 

Selain itu, alur cerita yang disajikan pun hampir sama. Kebanyakan anak yang kurang menarik diceritakan mengalami kesulitan dalam berteman, dalam meningkatkan karier atau bahkan sulit menemukan hubungan yang tepat karena penampilan mereka. Oleh karenanya, make over dan transformasi sering ada untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Tanpa disengaja, standar kecantikan Korea itu mempengaruhi penontonnya. Meski begitu, masih ada beberapa drama yang lebih banyak menampilkan kemampuan. Mereka lebih menonjolkan pelajaran penting tentang tubuh secara positif. Lantas apa saja drama yang mengajarkan tentang bahaya standar ganda kecantikan Korea Selatan? Scroll artikel berikut yuk untuk  penjelasan selengkapnya. 

Perfume (2019)

Di balik ceritanya yang banyak menampilkan komedi, drama Perfume juga memperlihatkan kekerasan masyarakat dan industri mode. Drama Korea ini menceritakan tentang seorang ibu rumah tangga, Min Jae Hee (Ha Jae Sook/Go Won Hee), yang begitu setia dan mengutamakan keluarganya, sampai-sampai dia lupa merawat dirinya sendiri.

Dia pun dihina suaminya karena tubuhnya yang besar dan suaminya berselingkuh dengan wanita lain. Jae Hee kemudian diceritakan menemukan parfum misterius yang membuatnya menjadi wanita cantik. Min Jae Hee bisa meraih mimpinya berkat parfum itu. Tapi karena itu juga, dia sadar bisa melarikan diri dari kehidupannya yang menyedihkan. Namun, di balik itu ada kisah pertemuan yang membuatnya lebih mencintai dirinya yang asli.

Birth of the Beauty (2014)

Birth of the Beauty menceritakan tentang Geum Ran (Ha Jae Sook), seorang wanita yang ditipu suaminya dan diperlakukan buruk oleh mertuanya karena tubuhnya yang gemuk. Geum Ran sangat hancur setelah ditinggalkan suaminya dan mengalami kecelakaan setelah mobil yang dikendarainya terjun dari tebing ke sungai. Semua orang mengiranya sudah meninggal.

Padahal kenyataannya, dia selamat dari kecelakaan itu dan menjalani operasi di seluruh tubuh dan wajahnya untuk membalas dendam pada orang-orang yang sudah jahat kepadanya. Geum Ran bertransformasi menjadi wanita cantik dengan tubuh langsing bernama Sara (Han Ye Seul) berkat bantuan Dr. Han Tae Hee (Joo Sang Wook).

My ID is Gangnam Beauty (2018)

Kang Mi Rae (Im Soo Hyang) tumbuh dengan rasa tidak nyaman setelah terus diintimidasi oleh teman sekelasnya karena penampilannya yang dianggap buruk. Bully-an itu semakin parah sampai akhirnya yang diinginkan Kang Mi Rae hanyalah menjalani operasi plastik. Dia ingin menyingkirkan semua perasaan kesalnya dan memulai awal kehidupan yang baru dengan wajah baru di kampusnya.

Tapi seiring dengan popularitas yang didapatnya, tersebar rumor yang menyebut Kang Mi Rae sebagai 'Kecantikan Gangnam'. Itu merupakan istilah menghina dalam bahasa Korea yang mengacu pada seseorang dengan pikiran dangkal terobsesi melakukan operasi plastik. Biasanya, klinik kecantikan berpusat di lokasi elit Gangnam.

Di sisi lain, ada sosok Soo Ah (Jo Woo Ri) yang terkenal karena kecantikan alaminya. Tapi di dalam hatinya, dia masih butuh perhatian dan memanipulasi orang lain untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Dia pun sangat ingin menjadikan 'Pangeran Kampus', Do Kyung Suk (Cha Eun Woo) sebagai kekasihnya.

My Lovely Sam Soon (2005)

Drama ini mengkisahkan tentang seorang koki pastry berusia 30-an bernama Kim Sam Soon (Kim Sun Ah) yang selalu diejek karena usia dan berat badannya. Karakternya digambarkan tidak memiliki gelar sarjana, tidak punya apartemen atau mobil, dan tidak juga mempunyai pacar. Akan tetapi, hal itu tidak menghentikannya untuk menjalani kehidupan terbaiknya. Dia terus berjuang untuk dirinya sendiri dan bekerja keras.

Kepribadiannya yang terus terang dan biasa itu lah yang akhirnya membuat Hyun Jin Hun (Hyun Bin), seorang pengusaha tampan jatuh hati padanya. Hyun Jin Hyun mencintai Kim Sam Soon karena dia telah memberikan sesuatu yang nyata dalam hidupnya. Kim Sam Soon pun pada akhirnya tidak merasa perlu untuk mengubah apa pun tentang dirinya sendiri. 

She Was Pretty (2015)

Semakin bertambahnya usia, Kim Hye Jin (Hwang Jung Eum) tumbuh dengan wajah kemerahan yang dipenuhi bintik-bintik serta rambut keriting. Di sisi lain, Ji Sung Joon (Park Seo Joon) yang dulunya merupakan anak laki-laki yang gemuk, tumbuh menjadi pria tampan, gagah dan bugar yang menduduki jabatan tinggi di perusahaan majalah.

Kim Hye Jin sebenarnya bukan kandidat ideal untuk perusahaan majalah yang fokus pada bidang fashion. Tapi karena keterampilan dan kecerdasannya yang luar biasa, dia dianggap sebagai salah satu staf yang paling berharga. Penampilannya ini yang membuatnya malu bertemu dengan sahabat masa kecilnya, Ji Sung Joon.

Oh My Venus (2015)

Oh My Venus menceritakan tentang pengacara handal berusia 30-an, Kang Joo Eun (Shin Min Ah) yang diremehkan orang karena berat badannya. Bahkan dia juga dicampakkan pacar yang sudah belasan tahun menjalin hubungan dengannya.

Saat itu lah, dia memutuskan untuk berolahraga dan diet di bawah bimbingan pelatih Kim Yeong Ho (So Ji Sub) untuk mencapai bobot tubuh idealnya. Dia pun begitu rutin menjalani olahraga meski tanpa diawasi oleh pelatihnya. 

Drama ini menunjukkan kerja keras, dedikasi baik tenaga maupun waktu yang dibutuhkan pemeran utama untuk mencapai transformasi fisik yang diinginkan dan bukan hanya perubahan secara instan seperti yang ditunjukkan oleh drama lainnnya. Bahkan dalam perjalanannya itu, dia juga menemukan persahabatan baru, kepercayaan diri dan cinta dalam hidupnya.

True Beauty (2020)

Dalam drama True Beauty, Lim Ju Gyeong (Moon Ga Young) diceritakan sebagai pelajar yang sulit menyesuaikan diri karena penampilannya. Teman-temannya kerap mengejek dan membully-nya. Sampai akhirnya, dia memutuskan untuk belajar makeup melalui YouTube.

Setelah melalui proses kegagalan, dia akhirnya menemukan cara untuk menonjolkan fitur-fitur dalam dirinya dan membuatnya terlihat cantik. Dia kemudian pindah sekolah ke tempat yang tidak ada orang lain yang mengenalinya, kecuali Lee Su Ho (Cha Eun Woo).

Sementara dia berjuang untuk menutupi wajahnya yang sebenarnya, dua pria populer di sekolahnya justru jatuh hati padanya. Bukan karena wajahnya yang sudah dibuat-buat, tapi karena kepribadiannya yang baik hati dan kesiapannya untuk membantu orang lain saat membutuhkan.

Drama Korea ini mengajarkan bahwa jika ada bagian tertentu dalam diri yang tidak disukai bisa kalian mencoba untuk mengubahnya, tapi tetap dengan cara yang sehat, hati-hati dan cermat. Drama True Beauty juga memberi pelajaran bahwa tubuh langsing dan wajah cantik bukanlah segalanya. Tapi kualitas dari kecantikan hati juga diperlukan.