Biodata dan Agama Yoo Yeon Seok, Dulu Digosipkan Pacar Kim Ji Won

Arena Magazine
Yoo Yeon Seok
Penulis: Yasmin Karnita
22/7/2021, 18.01 WIB

ZIGI – Yoo Yeon Seok tengah membintangi drama Hospital Playlist 2, memerankan karakter dokter bernama Ahn Jeong Won. Perannya itu begitu dicintai publik, yang ternyata tidak berbeda jauh dari kepribadian asli sang aktor di kehidupan nyata,.

Aktor satu ini mengawali karier di industri hiburan dengan ambil peran di film Oldboy pada 2003. Semenjak saat itu, popularitas Yoo Yeon Seok terus melejit dan kemampuan aktinganya telah diakui oleh banyak orang.

Bagi kamu yang belum familiar dengannya, yuk simak fakta, profil, biodata agama hingga pacar Yoo Yeon Seok lewat artikel di bawah ini. 

Karier Akting Yoo Yeon Seok Sejak Tahun 2003

Yoo Yeon Seok melakukan debut akting pada 2003 silam ketika usianya masih 19 tahun. Kemudian, sang aktor memutuskan untuk mendaftar wajib militer lebih awal karena saran dari mantan kekasihnya. Dia pun melakukan hiatus dari industri hiburan.

Saat menjalani wamil, Yoo Yeon Seok bergabung dalam unit Angkatan Udara dan menyelesaikan tugas dinas tahun 2007. Drama televisi pertama yang dibintanginya setelah bebas wamil adalah General Hospital 2 (2008). 

Nama Yoo Yeon Seok mulai dikenal publik saat dirinya didaulat menjadi second lead drama Gu Family Book (2013). Kala itu, dia beradu akting dengan Lee Seung Gi serta Bae Suzy. Di tahun yang sama, sang aktor ambil peran di drama Reply 1994 dan memerankan karakter bernama Chilbong. 

Semenjak saat itu, Yoo Yeon Seok akhirnya dipercaya untuk terus mengambil posisi sebagai peran utama pria. Dia dipasangkan dengan Kang So Ra di drama Warm and Cozy (2015), Dr. Romantic (2016), Mr. Sunshine (2018), Hospital Playlist (2020), Hospital Playlist 2 (2021).

Yoo Yeon Seok kemudian telah dikonfirmasi siap membintangi serial Netflix Suriname bersama Ha Jung Woo dan Hwang Jung Min, yang dijadwalkan tayang tahun 2022 mendatang.

Selain di layar kaca, Yoo Yeon Seok juga menjajal berbagai di film layar lebar yang mana semakin melambungkan kariernya. Penampilan ikonik sang aktor bisa ditonton dalam film A Werewolf Boy (2012), The Whistleblower (2014) The Royal Tailor (2014), Perfect Proposal (2015), Love, Lies (2016), Mood of the Day (2016) dan Steel Rain 2: Summit (2020).

Pada 2015, Yoo Yeon Seok melakukan debut musikal dengan membintangi Le Passe-Muraille. Tahun 2017, Yoo Yeon Seok mencuri perhatian publik dengan transformasinya menjelma menjadi sosok wanita di drama musikal Hedwig.

Kontroversi Karakter di Drama Mr. Sunshine (2018) Diperankan Yoo Yeon Seok

Sepanjang karier, Yoo Yeon Seok sangat jarang terseret kontroversi. Namun tahun 2018, namanya menjadi bahan perbincangan karena peran di drama hits Mr. Sunshine.

Kala itu, Yoo Yeon Seok memerankan karakter ksatria bernama Goo Dong Mae. Karakternya digambarkan sebagai ahli pedang yang memimpin sekelompok gangster Jepang pada jaman 1870-an. Ia jago berbicara bahasa Jepang dan juga Korea. Dalam situs resmi drama Mr. Sunshine, dituliskan jika Goo Dong Mae merupakan bagian dari Black Dragon Society, yang mana dapat diartikan sebagai pro-Jepang. 

Seperti yang diketahui, Jepang dan Korea Selatan memiliki masa lalu yang tidak baik saat jaman penjajahan sehingga publik sensitif dengan isu apa pun yang berbau pro-Jepang. Pada akhirnya, tim produksi drama Mr. Sunshine merubah karakter Goo Dong Mae.

Rumor Pacaran Yoo Yeon Seok dan Kim Ji Won

Yoo Yeon Seok pernah beberapa kali terseret rumor pacaran namun dengan sosok aktris yang sama yaitu Kim Ji Won. Pada 2012, Yoo Yeon Seok digosipkan menjalin asmara dengan Kim Ji Won usai beradu akting dalam film Horror Stories (2012).

Setelah dibantah, rumor serupa kembali muncul di 2015. Kala itu, pihak agensi juga tidak membenarkan Yoo Yeon Seok dan Kim Ji Won pacaran. 

Puncaknya adalah pada tahun 2016, sebuah outlet media mengklaim telah memergoki Yoo Yeon Seok dan Kim Ji Won berkencan di sebuah restoran. Sayangnya, outlet media itu tidak memiliki bukti gambar. Gosip ini pun kembali ditepis oleh agensi. 

 

Bisnis Yoo Yeon Seok

Selain sukses berkarier di dunia akting, Yoo Yeon Seok juga memiliki beberapa bisnis makanan. Pada 2015, dia membuka sebuah bar di kawasan Itaewon bernama LUA Lounge Bar.

Di sana, Yoo Yeon Seok menghadirkan tempat hangout dengan menyediakan berbagai jenis minuman wine. Bar miliknya itu seringkali dikunjungi artis-artis terkenal. Namun sayang, sang aktor memutuskan untuk menutup LUA Lounge Bar bulan April 2020 lalu akibat pandemi Covid-19. 

Yoo Yeon Seok membuka restoran lain yang terletak di Pulau Jeju yang dinamakan Ebong pada 2019 lalu. Restoran Ebong menyediakan menu ramen dan tempura. Lokasinya juga sangat indah karena berada tepat di pinggir pantai.

Yoo Yeon Seok Sering Disebut Kembaran Sehun EXO

Yoo Yeon Seok seringkali disebut kembaran Sehun EXO karena kemiripan wajah keduanya. Bak kakak beradik, keduanya juga saling kenal dan berteman baik.

Bentuk wajah Yoo Yeon Seok dan Sehun serupa satu sama lain. Mulai dari sama-sama memiliki rahang panjang dan tajam, serta bentuk philtrum dan bibir juga sangat terlihat mirip. Selain itu, tinggi badan Yoo Yeon Seok dan Sehun juga sama yaitu 183 cm.

Dan yang lebih mengejutkan lagi, tanggal lahir kedua pria tampan ini juga sangat berdekatan. Yoo Yeon Seok lahir pada tanggal 11 April dan Sehun pada tanggal 12 April. Uniknya, usia mereka pun tepat berjarak 10 tahun. Karena sang aktor lahir pada tahun 1984 sedangkan member termuda dari grup EXO itu lahir di tahun 1994.

Lantas kebersamaan Yoo Yeon Seok dan Sehun EXO pernah terekam dalam acara variety Netflix Busted! saat sang aktor diundang sebagai bintang tamu. Keduanya juga pernah mengunggah foto hangout di akun Instagram masing-masing. 

Agama Yoo Yeon Seok

Agama Yoo Yeon Seok adalah Katolik. Dia memiliki nama baptis bernama Anselmo yang diambil dari salah satu pemikir Kristen yang paling berpengaruh selama abad ke-11.

Banyak yang menyebutkan bahwa karakter Ahn Jeong Won di drama Hospital Playlist sangat mirip dengan kepribadian asli Yoo Yeon Seok yang juga merupakan sosok religius. Sebagai informasi, Ahn Jeong Won dideskripsikan sebagai dokter bedah anak di Yulje Medical Center. Namun dia sempat kepikiran untuk meninggalkan profesinya demi menjadi pendeta. 

Yoo Yeon Seok Baru Beli Rumah Baru pada Februari 2021

Lalu baru-baru ini dilaporkan bahwa Yoo Yeon Seok baru saja membeli rumah baru seharga 3,8 miliar won atau setara dengan Rp48 miliar di kawasan Itaewon, Seoul pada Februari 2021.

Diketahui kediaman mewah sang aktor memiliki dua lantai dan satu basement. Ternyata, rumah Yoo Yeon Seok ini berdekatan dengan aktor Yoo Ah In dan komedian Park Myung Woo. Rumah Kedutaan asing dari Filipina, Aljazair, dan Kenya juga tinggal di kompleks tersebut. 

Profil dan Biodata Yoo Yeon Seok

Nama lahir: Ahn Yeon Seok
Nama panggung: Yoo Yeon Seok
Tempat, tanggal lahir: Seoul, 11 April 1984 (37 tahun)
Tahun aktif: 2003-sekarang
Agensi: King Kong by Starship
Pendidikan: Sejong University jurusan Film Arts (Sarjana), Sejong University jurusan Akting (Magister)
Keluarga: Ayah (Ahn Ki Won), ibu (Cho Soon Ok), kakak laki-laki
Agama: Katolik
Media sosial: @yoo_yeonseok (Instagram), Yoo Yeon Seok's Weekend Concert (YouTube) 

Sementara itu, penampilan Yoo Yeon Seok di layar kaca dapat ditonton melalui drama Hospital Playlist 2 yang kini tengah tayang setiap hari Kamis pukul 21.00 KST atau 19.00 WIB di tvN.