ZIGI – Hospital Playlist menjadi salah satu drama populer di Korea Selatan dan selalu meraih rating tinggi. Di balik kisah para dokter dan pasien di rumah sakit yang ditampilkan, drama yang sudah berjalan dua musim ini rupanya memberikan dampak positif kepada para penontonnya. 

Pasalnya, kini banyak orang mulai mendaftarkan diri sebagai calon pendonor organ. Bahkan angka donor organ naik mencapai 11 kali lipat berkat salah satu cerita yang diangkat. Seperti apa dampak positif dari drama Korea Hospital Playlist ini? Scroll artikel berikut yuk!

Baca juga: Jadwal Hospital Playlist 2 Episode 11 Ditunda, Kapan Tamat?

Hospital Playlist Beri Dampak Positif

Sejak awal ditayangkan, drama Hospital Playlist berhasil mencuri perhatian publik. Bahkan sekarang drama yang dibintangi Jo Jung Suk, Jung Kyung Ho, Jeon Mi Do, Yoo Yeon Seok dan Kim Dae Myung ini sudah memasuki musim kedua.

Cerita drama Hospital Playlist berkaitan dengan berbagai kisah pasien dan keluarganya termasuk tentang perjuangan antara hidup dan mati. Tidak jarang, jalan cerita drama ini berhasil membuat penontonnya banjir airmata. Terbaru, drama Hospital Playlist 2 menunjukkan dampak positif karena menaikkan angka calon donor organ.

Hal ini tidak lain karena kisah tentang kasih sayang anak kepada ibunya yang diangkat di Hospital Playlist episode 7. Di mana, diceritakan seorang anak rela mendonorkan organnya untuk sang ibu yang sudah tidak ditemuinya selama 30 tahun. Drama itu juga menjelaskan secara detail tentang tata cara donor organ.

Angka Donor Organ Naik 11 Kali Lipat

Ternyata, kisah tersebut berpengaruh ke publik dan banyak dari mereka berbondong-bondong mendaftarkan dirinya sebagai calon pendonor organ. Dikutip Zigi.id dari Naver, Rabu, 25 Agustus 2021, Organisasi Donor Darah dan Organ Nasional di Korea Selatan mengungkapkan ada lebih dari 16 ribu orang sudah mendaftar pada Agustus 2021.

Angka ini tersebut naik tiga kali lipat dari jumlah yang tercatat tahun 2020 lalu dalam periode yang sama. Lebih lanjut, hanya dalam waktu satu minggu setelah episode tujuh disiarkan sudah ada 7.042 orang yang mendaftar sebagai calon donor organ. Angka ini membuktikan kenaikan 11 kali lipat dibandingkan tahun lalu di periode yang sama.

Jumlah pendaftar donor organ diprediksi akan terus mengalami peningkatan. Kejadian ini semakin membuktikan bahwa drama Korea Hospital Playlist memberikan dampak positif karena akan semakin banyak orang yang memiliki harapan kalau nyawa mereka akan terselamatkan.

Sebagai infomasi, Hospital Playlist tayang perdana pada 12 Maret 2020 dan berakhir di episode 12 pada 28 Mei 2021. Drama yang ditayangkan satu minggu sekali ini kemudian menyiarkan musim kedua pada 17 Juni 2021. 

Drama yang tayang di tvN ini diproduksi oleh sutradara Shin Won Ho yang sebelumnya menggarap drama-drama populer seperti Reply 1997, Reply 1994, Reply 1988 hingga Prison Playbook. Kabar terbaru, Hospital Playlist 2 episode 11 yang akan ditunda penayangannya satu minggu karena kualifikasi Piala Dunia 2022.

Baca juga: Drama Hospital Playlist 2 Episode 7 Dikritik Membosankan