ARMY Indonesia Adopsi 4000 Penyu Jelang Ultah Jungkook BTS

BigHit Music
Jungkook BTS
Penulis: Yasmin Karnita
27/8/2021, 09.47 WIB

ZIGI – Jungkook BTS akan segera merayakan ulang tahun ke-24 (atau 25 tahun menurut perhitungan umur Korea) pada 1 September 2021 mendatang. Lantas salah satu ARMY, sebutan nama penggemar untuk BTS, asal Indonesia, melakukan suatu aksi mulia untuk menyambut hari bahagia sang idola.

Seorang pemilik akun Twitter dengan username @forhacin diketahui mengadopsi lebih dari 4 ribu anak penyu dalam upaya melestarikan populasinya yang terancam punah. Seperti apa detail dari proyek seorang ARMY Indonesia ini? Yuk simak artikel selengkapnya!

Baca Juga: Jaemin NCT Ulang Tahun, Fans Indonesia Buat Proyek Akbar di 34 Provinsi

ARMY Indonesia Adopsi Lebih dari 4 Ribu Anak Penyu untuk Ultah Jungkook BTS

Melalui akun Twitter @forhacin, dia menjelaskan lebih detail mengenai proyek ulang tahun Jungkook BTS ini. Disebutkan bahwa dia bekerja sama dengan komunitas konservasi penyu bernama Lima Putra Pesisir untuk mengadopsi lebih dari 4 ribu anak penyu untuk dilepaskan secara bebas di alam terbuka. Proses ini akan dilakukan secara bertahap berlokasi di Pantai Lowita, Pinrang, Sulawesi Selatan.

Proses pelepasan anak penyu tersebut diperkirakan akan dilakukan hingga tahun 2023 mendatang, tergantung dari musim bertelur. Selain itu, For Hacin juga memiliki program lain dan segera dibagikan melalui akun Twitter pribadinya. Daebak!

Upaya ARMY Indonesia Melestarikan Penyu yang Terancam Punah

Masih dengan pemilik akun @forhacin, lewat akun Twitter berbeda dengan username @minkyungsa, ia menjelaskan alasan utama memilih mengadopsi anak penyu dalam rangka merayakan ulang tahun Jungkook BTS.

Terungkap bahwa seluruh sarang penangkaran telur yang dihasilkan anak penyu akan diberi nama Jungkook. Selain itu, dia menganalogikan penyu seperti Jungkook, yang diharapkan bisa tumbuh lebih bebas ketika menginjak usia baru kelak.

“Makna project ini bagiku adalah, aku ingin Jungkook bisa memiliki jiwa yang bebas seperti penyu-penyu ini saat dilepaskan, aku ingin Jungkook tumbuh dengan baik seperti penyu-penyu yang dilepaskan ke alam nanti. Penyu menjaga laut, Jungkook menjaga hati kita dan sebaliknya,” tulis akun Twitter @minkyungsa yang juga merupakan pemilik akun @forhacin, dikutip Zigi.id pada Jumat, 27 Agustus 2021.

Diharap Jadi Proyek Bermakna untuk Jungkook BTS

Selain itu, pemilik akun @forhacin juga menyadari bahwa penyu menjadi salah satu hewan yang seringkali diabaikan, terlebih lagi semakin maraknya penjualan telur penyu di pasar gelap.

Tidak hanya mengadopsi, dia secara langsung akan mengunjungi Pantai Lowita untuk melihat langsung proses pelepasan beberapa ekor penyu yang telurnya sudah menetas. Pemilik akun For Hacin juga akan melangsungkan donasi agar konservasi anak penyu tersebut bisa semakin berkembang di wilayah lain. 

“Aku rencana akan datang juga ke lokasi untuk melakukan pelepasan beberapa ekor penyu yang sudah menetas. Aku juga akan kasih tahu caranya untuk kalian yang mau ikut adopsi juga karena saat ini konservasinya hanya ada di satu desa, dan jika kita banyak yang donasi, mungkin ke depannya bisa berkembang ke desa lain,” tulisnya.

Terakhir, pemilik akun For Hacin meminta doa kepada seluruh ARMY Indonesia untuk kelancaran proyek ulang tahun Jungkook BTS yang begitu menghangatkan hati ini. 

“Mohon doanya semoga bisa lancar kegiatan ini, sebuah upaya untuk melestarikan alam atas nama Jungkook. Semoga ini bisa jadi kado ultah buat adek (Jungkook) yang menginspirasi,” tutupnya.

Sementara itu, ARMY Indonesia dikenal sebagai salah satu fandom yang rutin melangsungkan berbagai proyek besar untuk merayakan ulang tahun masing-masing member BTS. Mulai dari galang donasi, amal, mengadopsi hewan, membantu korban bencana alam, ikut serta dalam memerangi pandemi Covid-19, dan masih banyak lagi.

Jelang ulang tahun Jungkook BTS yang jatuh pada 1 September 2021 mendatang, seorang pemilik akun Twitter @forhacin membuat suatu proyek dengan mengadopsi lebih dari 4 ribu anak penyu sebagai bentuk pelestarian hewan yang hampir punah.

Baca Juga: Kang Ye Seo Trainee Girls Planet 999 Disebut Mirip Jungkook BTS