Fakta Karakter Gong Yoo di Squid Game, Teori Ddakji dari Cerita Horor

Berbagai Sumber
Gong Yoo - Squid Game
4/10/2021, 21.05 WIB

ZIGI – Squid Game, drama original Netflix ini meninggalkan beberapa pertanyaan yang belum terjawab di akhir musim pertama. Salah satu yang banyak dipertanyakan adalah latar belakang dari karakter Gong Yoo, sang salesman yang mengajak Seong Gi Hun (Lee Jung Jae) ke arena permainan.

Terkait hal ini, sutradara Squid Game, Hwang Dong Hyuk akhirnya memberikan jawaban. Rupanya, kenyataan di balik karakter Gong Yoo tidak terlalu rumit seperti banyak teori yang beredar. Tidak hanya itu saja, Hwang Dong Hyuk juga menjawab soal teori ddakji yang dimainkan. Penasaran dengan jawaban sang sutradara? Yuk di-scroll sampai habis!

Baca juga: 4 Teori Squid Game Viral, Keanehan Ddakji dan Warna Rambut Gi Hun

Latar Belakang Gong Yoo Tidak Serumit Teori

Kehadiran Gong Yoo sebagai cameo di Squid Game membuat banyak penonton bertanya-tanya. Pasalnya, pemain Train to Busan hingga Goblin itu tidak muncul lagi sampai episode terakhir. Dia hanya muncul sebentar dan hal ini tentu membuat penonton makin penasaran dengan kisah sang salesman.

Sebagai informasi, Gong Yoo diceritakan sebagai sales yang bertemu dengan Seong Gi Hun di stasiun kereta bawah tanah. Dia kemudian menantang Gi Hun untuk bermain ddakji dan kemudian menawarkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam Squid Game.

Seiring dengan hal ini, banyak teori yang dibicarakan di media sosial. Terlebih tokoh Gong Yoo juga begitu misterius karena tidak memperkenalkan namanya. Tapi sang sutradara akhirnya mengungkap latar belakang sang salesman dalam wawancara dengan Chosun Ilbo.

"Aku tahu ada banyak teori tentang Salesman. Pemirsa jelas lebih kreatif daripada aku. Jika kamu memiliki teori liar tentang keterlibatan Salesman, kamu mungkin terkejut mengetahui bahwa latar belakangnya tidak terlalu rumit," ujar Hwang Dong Hyuk dilansir Zigi.id dari Koreaboo, 4 Oktober 2021.

Saat menulis cerita, Hwang Dong Hyuk memutuskan latar belakang sang salesman adalah mantan anggota staf dari Squid Game yang mendapatkan kepercayaan dari pencipta game, Oh Il Nam (Oh Yeong Su). Setelah naik jabatan, Hwang Dong Hyuk mengatakan karakter Salesman Gong Yoo diberi kesempatan untuk bekerja di luar arena permainan atau ‘di dunia nyata’.

Warna Ddakji Terhubung dengan Cerita Horor

Selain itu, Hwang Dong Hyuk juga membahas tentang teori populer mengenai warna yang dipilih saat memainkan ddakji. Berdasarkan teori yang beredar, Seong Gi Hun menjadi peserta dalam Squid Game karena memilih warna biru. Jika memilih warna merah, kemungkinan Gi Hun akan menjadi sebagai anggota staf.

Pada kenyataannya, warna yang dipilih untuk ddakji tersebut lebih terhubung dengan legenda urban daripada plot itu sendiri. Di mana, cerita hantu dari Jepang dan Korea berbicara tentang roh bertopeng yang muncul di kamar mandi dan menawarkan kepada penghuninya pilihan kertas toilet merah atau biru.

Menurut legenda urban tersebut, apa pun pilihan yang dipilih, maka hantu tetap akan membunuh manusia. "Aku memilih warna-warna itu (biru dan merah) karena cerita seram khas Korea," tandas Hwang Dong Hyuk.

Terlepas dari penuturan Hwang Dong Hyuk, masih ada sejumlah teori yang belum terjawab di Squid Game. Meski begitu, sang sutradara menegaskan kalau dirinya belum memiliki rencana untuk mengembangkan Squid Game season 2.

Baca juga: Jawaban Sutradara Soal Kemungkinan Squid Game Season 2