Blackpink Diserang, YG Entertainment Ambil Tindakan Hukum ke Haters

@blackpinkofficial/Instagram
Blackpink OT4
Penulis: Maria Margaretha
14/10/2021, 13.19 WIB

ZIGI – Belakangan ini member Blackpink menjadi sasaran empuk pencemaran nama baik yang dilakukan haters di dunia maya. YG Entertainment selaku agensi akhirnya mengumumkan akan mengambil tindakan hukum.

Pernyataan ini dikeluarkan bersamaan dengan trending #BlackpinkDisband di Twitter pada Kamis, 14 Oktober 2021. Berikut kabar selengkapnya.

Baca juga: Pro Kontra Rose Blackpink Dukung YGX di Street Woman Fighter

YG Entertainment Merasa Haters Kelewat Batas

HYBE, SM Entertainment, JYP Entertainment telah lebih dulu mengambil tindakan hukum dalam menyikapi komentar jahat yang diterima artisnya. Ternyata ada alasan mengapa YG Entertainment selama ini selalu menahan diri.

“Karena artis agensi kami menerima banyak cinta dari publik, kami menganggap bahwa sejumlah pencemaran nama baik harus ditanggung, jadi kami menahan diri untuk tidak mengambil tindakan hukum sampai sekarang,” ujar YG dalam keterangan resmi yang dikeluarkan pada Kamis, 14 Oktober 2021.

Namun belakangan ini terjadi peningkatan jumlah rumor, serangan pribadi, penghinaan, pelanggaran privasi, hingga pelecehan seksual yang diterima artis YG Entertainment. Sehingga agensi bentukan Yang Hyun Suk tersebut diam-diam melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap hal-hal yang dianggap berat.

Siap Ambil Tindakan Hukum

Saat ini YG Entertainment telah mengantongi nama-nama pihak yang selalu menyebarkan informasi palsu dan tindakan jahat yang ditujukan bagi artisnya.

“Akibatnya, kami memilah mereka yang melakukan tindakan jahat dan kebiasaan menyebarkan informasi palsu, dan kami mengajukan pengaduan dan laporan pidana atas pelanggaran Undang-Undang tentang Promosi Pemanfaatan Jaringan Informasi dan Komunikasi dan Perlindungan Informasi, dll. (fitnah), penghinaan, dan campur tangan dengan bisnis,” lanjut YG Entertainment.

Jika terus terjadi pencemaran nama baik yang parah terhadap artis atau kerugian besar yang tidak dapat diperbaiki, YG Entertainment berencana mengambil tindakan hukum yang tegas untuk melindungi artis agensi mereka.

“Kami sekali lagi mengucapkan terima kasih karena tips yang dikirimkan oleh penggemar sangat membantu. Kami sedang meninjau semua konten yang dikirim oleh banyak orang, dan kami meminta Anda untuk terus aktif mengirimkan tips jika Anda menemukan tindakan yang merugikan artis kami. YG Entertainment akan bekerja untuk terus berupaya melindungi artis agensi kami,” tutup keterangan resmi.

Member Blackpink Paling Sering Diserang

Semakin tinggi pohon tentu akan semakin besar pula angin yang menerpa. Istilah tersebut cocok menggambarkan situasi Blackpink saat ini.

Sebagai girl group K-pop paling populer sekarang, Jisoo, Jennie, Rose dan Lisa tidak luput dari ujaran kebencian. Setiap anggota memiliki aktivitas individu yang menonjol sehingga muncul solo stan yang membuat fandom terpecah.

Sebagai member asing, Lisa Blackpink menjadi member yang paling banyak mendapat serangan rasial. Walaupun asli Korea, Jisoo Blackpink juga sama nasibnya. Terlihat dari drama Snowdrop yang ramai kontroversi meski belum tayang.

Sama halnya dengan Jennie dan Rose yang selalu mendapat kritik pedas. Ironisnya, komentar jahat yang diterima member Blackpink acap kali dilakukan oleh pendukung individu member lain.

Sudah sepantasnya, YG Entertainment bersikap tegas untuk melindungi nama baik artisnya. Selain Blackpink, baru-baru ini Lee Suhyun AKMU juga menjadi target bullying karena siaran Vlive di hari ulang tahun Jimin BTS.

Baca juga: Jisoo Blackpink Kembali Jadi Sasaran Kebencian, Kali ini Karena iPhone