ZIGI – Zigi.id bersama Katadata Insight Center (KIC) baru saja meluncurkan survei Potret Aktivitas dan Belanja Penggemar Korea di Indonesia mencakup 10 boyband dan girlband terfavorit di Indonesia tahun 2022. Nama BTS, Blackpink, hingga NCT menjadi yang paling banyak dipilih.
Lantas hal tersebut ternyata memiliki dampak terhadap konsumsi dan belanja para penggemar Kpop di Indonesia. Penasaran dengan daftarnya? Yuk simak 10 boyband dan 10 girlband paling favorit di Indonesia tahun 2022 berdasarkan hasil survei Zigi.id x Katadata Insight Center (KIC).
Baca Juga: Survei KIC-Zigi: Lebih dari 300 Drakor Telah Ditonton Warga Indonesia
Daftar 10 Boyband dengan Fans Terbanyak di Indonesia
Hasil didasari dari jawaban 1.609 responden yang telah mengisi survei Potret Aktivitas dan Belanja Penggemar Korea di Indonesia selama periode 20-29 Juni 2022. Kemudian, survei ini perdana diluncurkan lewat acara Zigi.id Korean Day yang digelar pada Minggu, 24 Juli 2022.
Sebanyak 1.095 responden yang merupakan pecinta hiburan Korea Selatan, memilih BTS sebagai boyband favorit dengan persentase sebesar 46%. Kemudian di peringkat dua dengan persentase 26% dipegang oleh NCT. Dan posisi ketiga adalah EXO sebesar 21%.
Tiga boyband yang paling disukai masyarakat Indonesia ini merupakan idol generasi ketiga. Responden lain pun menyebutkan lebih dari 40 nama boyband dalam hasil survei tersebut.
Kemudian diposisi keempat ditempati oleh Super Junior (14%), peringkat kelima oleh SEVENTEEN (11%), peringkat keenam adalah TREASURE (8%), dan peringkat ketujuh dan kedelapan dengan persentase 7% dipegang oleh BIGBANG dan Stray Kids.
Untuk posisi kesembilan ada boyband ENHYPEN (6%) dan terakhir adalah sub unit NCT, NCT Dream, memperoleh persentase sebesar 5%.
Daftar 10 Girlband dengan Fans Terbanyak di Indonesia
Selanjutnya, survei terbaru Zigi.id dan Katadata Insight Center ini juga mengungkap daftar 10 girlband favorit masyarakat Indonesia dari 1.005 responden.
Blackpink beranggotakan Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa menjadi girlband favorit dan paling memiliki banyak penggemar dengan memimpin persentase sebanyak 46,3%.
Lalu posisi kedua ditempati oleh TWICE dengan perolehan 17,4%. Disusul SNSD (17,3%) di peringkat ketiga, Red Velvet sebesar 16,6% di posisi keempat, dan ITZY menempati peringkat kelima sebesar 11,8%.
Girlband selanjutnya yang masuk daftar ini adalah aespa (11,7%) di peringkat keenam, lalu IVE menempati peringkat ketujuh dengan perolehan 4,4%, Secret Number menduduki posisi kedelapan sebesar 4,1%, peringkat kesembilan ada GFRIEND (3,5%) dan terakhir 2NE1 dengan persentase 3,4%.
Berbanding Lurus dengan Dampak Terhadap Konsumsi dan Belanja
Ternyata hasil survei mengenai boyband dan girlband favorit masyarakat Indonesia di atas berbanding lurus dengan dampak terhadap konsumsi dan belanja.
Di mana brand Scarlett dengan brand ambassador TWICE menjadi yang paling banyak diingat oleh masyarakat Indonesia dalam kategori merek skincare dan kosmetik sebesar 8,4%. Produk Nature Republic yang diiklankan oleh NCT dan EXO juga tak kalah populer.
Beralih ke kategori brand makanan dan minuman, kolaborasi Lemonilo dan NCT Dream juga menjadi yang paling diingat oleh penggemar sebesar 21,3%. Disusul dengan BTS Meal, yang merupakan hasil kerjasama antara BTS dan McDonald's.
Sementara itu, informasi lengkap tentang hasil survei Zigi.id x Katadata Insight Center (KIC) bertajuk Potret Aktivitas dan Belanja Penggemar Korea di Indonesia bisa diakses di databoks.id/tags/zigi-korean-day-2022.
Baca Juga: 4 Momen Keseruan Zigi.id Korean Day, Bagikan Album Proof BTS Gratis