5 Buku Bacaan Rekomendasi Bill Gates di Musim Panas 2021

Instagram/@thisisbillgates
Bill gates
16/6/2021, 19.04 WIB

ZIGI – Pendiri Microsoft, Bill Gates merilis lima buku yang ia rekomendasikan untuk bacaan musim panas 2021. Daftar bacaan Bill Gates tersebut memiliki tema Hubungan Rumit Antara Manusia dan Alam yang ia posting di blog-nya yakni gatesnotes.com.

Akhir-akhir ini, saya menemukan diri saya membaca buku-buku tentang hubungan rumit antara manusia dan alam. Mungkin karena kehidupan semua orang telah dijungkirbalikkan oleh virus atau mungkin karena saya menghabiskan banyak waktu tahun ini untuk membicarakan apa yang perlu kita lakukan untuk menghindari bencana iklim,” tulis Bill Gates dalam blog yang diunggah Senin, 14 Juni 2021.

Kelima buku tersebut berasal dari penulis dengan latar belakang yang berbeda-beda. Bahkan, ada buku yang ditulis oleh Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama. Penasaran dengan buku rekomendasi dari Bill Gates? Yuk simak artikelnya sampai habis!

1.An Elegant Defense: The Extraordinary New Science of the Immune System: A Tale in Four Lives


Sumber foto: linkedin.com

Buku An Elegant Defense: The Extraordinary New Science of the Immune System: A Tale in Four Lives karya Matt Richtel terbit pada Maret 2019 lalu. Buku ini tentang sistem kekebalan tubuh manusia. Matt Richtel menceritakan sistem kekebalan melalui kisah empat orang.

Richtel menulis bukunya sebelum pandemi, tetapi eksplorasi sistem kekebalan manusia ini tetap merupakan bacaan berharga yang akan membantu Anda memahami apa yang diperlukan untuk menghentikan Covid-19,” tulis Bill Gates yang melakukan review untuk buku Matt Richtel.

2.Under a White Sky: The Nature of the Future


Sumber foto: grist.com

Buku berjudul Under a White Sky: The Nature of the Future merupakan karya Elizabeth Kolbert yang diterbitkan pada Februari 2021. Penulis Elizabeth Kolbert adalah staf penulis pemenang Hadiah Pulitzer di The New Yorker dan ini adalah buku ketiganya setelah Field Notes from a Catastrophe: Man, Nature, and Climate Change dan The Sixth Extinction.

Dalam buku ini, Elizabeth Kolbert melihat apakah inovasi manusia dapat menjadi penyelamat bagi planet yang telah mereka rusak. Dia juga melihat isu-isu seperti menyelamatkan terumbu karang, pengeditan gen dan geoengineering yang melibatkan membuat perubahan sementara pada atmosfer atau lautan untuk mengontrol suhu bumi.

“Saya senang bahwa penulis cerdas seperti Elizabeth mengingatkan kita tentang risiko mencoba campur tangan di alam. Tetapi saya berharap dia juga mengeksplorasi apakah risikonya layak diambil atau apa alternatifnya,” kata Bill Gates dikutip dari CNBC International.

3.Lights Out: Pride, Delusion, and the Fall of General Electric


Sumber foto:fortune.com

Lights Out: Pride, Delusion, and the Fall of General Electric karya Thomas Gryta and Ted Mann terbit pada Juli 2020. Buku ini berkisah tentang perjalanan mekanikal General Electric (GE) yang bagi Bill Gates merupakan sebuah perusahaan penuh misteri.

Bagaimana sebuah perusahaan sebesar dan sesukses GE bisa gagal? Saya telah memikirkan pertanyaan itu selama beberapa tahun dan Lights Out akhirnya memberi saya banyak jawaban yang saya cari. Para penulis memberi Anda pandangan yang teguh tentang kesalahan dan kesalahan langkah yang dibuat oleh kepemimpinan GE,” kata Bill Gates.

4.The Overstory


Sumber foto: squarespace.com

Buku The Overstory ditulis oleh Richard Powers dan diterbitkan pada 2018. Buku ini juga memenangkan Hadiah Pulitzer 2019 dalam kategori fiksi. Buku ini mengisahkan tentang pohon melalui sembilan cerita karakter yang saling mempengaruhi. Bill Gates mengatakan bahwa membaca buku The Overstory membuatnya ingin belajar lebih banyak tentang pohon.

Meskipun buku ini mengambil pandangan yang cukup ekstrim terhadap perlunya melindungi hutan, saya tergerak oleh semangat masing-masing karakter dengan tujuan mereka dan semangat untuk belajar lebih banyak tentang pohon,” tulis salah satu orang terkaya di dunia ini.

5.A Promised Land


Sumber foto: deadline.com

Pada November 2020, Barack Obama menerbitkan sebuah buku berjudul A Promised Land. Buku ini menceritakan perjalanan Obama dari seorang pemuda hingga bisa menjadi Presiden ke-44 Amerika Serikat. Buku ini juga membahas kehidupan Obama melalui operasi 2011 yang menewaskan Osama bin Laden. Volume kedua buku ini akan diterbitkan beberapa waktu mendatang.

Saya hampir selalu tertarik dengan buku-buku tentang presiden Amerika, dan saya sangat menyukai A Promised Land. Memoar itu mencakup awal kariernya melalui misi yang membunuh Osama bin Laden pada tahun 2011. Presiden Obama sangat jujur ??tentang pengalamannya di Gedung Putih. Ini adalah pandangan yang menarik tentang bagaimana rasanya mengarahkan sebuah negara melalui masa-masa yang menantang,” tulis Bill Gates.

Demikian lima buku bacaan Bill Gates yang ia rekomendasikan untuk musim panas 2021. Daftar bacaan ini awalnya akan dirilis pada 10 Mei tetapi ditunda. Bill Gates sendiri menerbitkan buku berjudul How to Avoid a Climate Disaster terbit pada Februari 2021, yang mengeksplorasi solusi untuk risiko terkait iklim dunia.